DLH Bateng Segera Kroscek CV MAL


DLH Bateng Segera Kroscek CV MAL

    KOBA - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) akan segera membentuk tim dan turun ke lapangan untuk mengkroscek kebenaran dugaan pencemaran lingkungan bau limbah yang menyengat oleh pabrik pengolahan sawit CV Mutiara Alam Lestari (CV MAL) yang berlokasi di Kelurahan Arung Dalam Kecamatan Koba, Bateng.

    Kepala DLH Bangka Tengah, Ali Imron mengungkapkan laporan pengolahan limbah sawit oleh CV Mutiara Alam Lestari (CV MAL) menjadi pupuk selalu diterima oleh pihaknya setiap bulan yang telah disepakati bersama guna memberikan dampak baik bagi perusahaan agar benar-benar memproses limbah pembuangan untuk tidak mencemari dan merusak lingkungan.

    "Laporan ke DLH masuk terus ke kita yang mana hasil dari proses menguraikan limbah menjadi pupuk. Namun tidak ada jaminan kalau bisa steril sisa pupuk yang paling akhir lagi dari pengolahan menjadi pupuk tersebut," katanya ketika dikonfirmasi RB terkait limbah CV MAL yang meresahkan warga, Senin (5/6) kemarin.

    Ia mengatakan, sungai yang ada di Bateng juga setahun 2 kali dilakukan tes uji sampel yang mana ada 23 titik di beberapa sungai Bateng seperti sungai yang ada di Kecamatan Sungaiselan dan yang lainnya. Dan pada air yang berada di sungai Desa Guntung Kecamatan Koba yang mana berdampingan dengan CV MAL belum pernah sama sekali dicek kadar PH-nya.

    "Pengambilan sampel cuma di line aplikasi lahan saja pada kolam penempatan limbah untuk sisa pembuangan produksi tidak melebihi Permen LH sesuai dengan baku mutu air limbah untuk kegiatan sawit No 28/29 tahun 2003 tentang air limbah. Kesimpulannya tidak melebihi baku mutu namun hasil pengujian tidak menimbulkan bau, hanya sebatas baku mutu dan sudah ada ambient airnya," terangnya.

    Kebanyakan, kata Ali Imron sampel yang diambil pada tiap-tiap sungai titik hulu, tengah dan hilir 8 parameter yang diambil meliputi PH-nya, BOD, COD, Logam CO, CN, PB dan CD dan Minyak dam Lemak. Baru-baru ini, DLH Bateng mengambil sampel pada 27 maret 2017 kemarin untuk tahap pertama.

    "Kita lakukan pengambilan sampel guna mengecek  parameternya. Tergantung sungainya, untuk yang 8 parameter seperti saya sebutkan tadi spesifikasinya dan untuk yang 4 parameternya meliputi PH, BOD COD dan TSS. Kesimpulannya sejauh ini dapat disampaikan bahwa air sungai di kabupaten bateng masuk kategori III dan IV," ungkapnya.

    Pada air sendiri di sungai Desa Guntung, apabila efek airnya dapat menyebabkan penyakit gatal-gatal itu artinya kandungan COD dan BOD melebihi dari titik yang sesuai sehingga dampak alamnya kandungan lumpur bisa berkapastitas tinggi. Sementara kalau dari sisi pemantauan kualitas udara ambient bau udara dari olah limbah CV MAL berdasarkan hasil proper 2016 tidak begitu mengganggu pernafasan yang mana dihadiri oleh pihak Kementrian LH.

    "Tiga kali CV MAL mendapat raport merah dari kementrian yakni pada 2014, 2015, 2016 karena pelaksaan RKL dan RPL buruk. Untuk 2017 ini hasil final penilaian baru-baru ini hasilnya mendapatkan raport biru dan mungkin pihak perusahaan melakukan titik perbaikan dari yang mana proper memang dilakukan sekali setiap tahunnya," jelas Kepala DLH.

    Terkait adanya aktifitas pembakaran tandan sawit di areal perkebunan, menurutnya itu secara aturan memang tidak boleh dan seharusnya melakukan pembakaran dipanaskan saja. Jika benar ada, pihaknya akan memberitahukan ke provinsi guna diberikan sanksi administratif, izin paksaan, kalau memang masih terjadi akan diberikan sanksi hukum tegas.

    "Tindaklanjutnya sendiri akan kroscek kelapangan dalam waktu dekat untuk mencari tau yang sebanarnya.Kalau ada, akan diberikan teguran dahulu ke perusahaan mengingat efek pembakaran sebagian besar menimbulkan polusi udara," tandas Ali Imron. (cr3/and)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Disperindagkop UKM Bateng Raih Penghargaan Pasar Tertib Ukur
Disperindagkop UKM Bateng Raih Penghargaan Pasar Tertib Ukur
Jum'at, 20 Desember 2019 19:15 WIB
KOBA - Di penghujung tahun 2019 ini, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) kembali meraih penghargaan melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi,
Dinas Perikanan Bateng Sampaikan Program Unggulan ke Kementerian Kelautan Perikanan
Dinas Perikanan Bateng Sampaikan Program Unggulan ke Kementerian Kelautan Perikanan
Rabu, 18 Desember 2019 15:05 WIB
KOBA - Guna menyampaikan beberapa program unggulan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), maka Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bateng, Taufik bersama beberapa
Kontraktor Siap Bertanggungjawab Perbaiki Pasar Rakyat Koba
Kontraktor Siap Bertanggungjawab Perbaiki Pasar Rakyat Koba
Rabu, 18 Desember 2019 17:30 WIB
KOBA - Pihak Kontraktor Pembangunan Pasar Rakyat Koba tahun 2017, melalui pengawas lapangan yakni Iwang mengaku pihaknya siap bertanggungjawab memperbaiki
Hj Iriani Ibnu Hadiri Lomba Masak di Desa Tanjungpura
Hj Iriani Ibnu Hadiri Lomba Masak di Desa Tanjungpura
Rabu, 18 Desember 2019 17:00 WIB
SUNGAISELAN - Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Hj Iriani Melita Ibnu Saleh, menghadiri acara lomba memasak nasi goreng