Tuan Rumah Hanya Raih Runner Up


Tuan Rumah Hanya Raih Runner Up

    KOBA - Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) sebagai tuan rumah harus puas di posisi kedua pada Lomba Karya Cipta Nasional (LKCN), Rabu (7/12). Juara pertama diraih SMKN 1 Bawang, Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah. Menyusul juara ketiga ditoreh SMKN Bontang, kemudian harapan 1 diraih SMKN 2 Wonogiri, harapan II disabet SMKN 1 Yogyakarta, dan harapan III diraih SMK Muhammadiyah 2 Tempel Yogyakarta. 

    Selepas diadakan penilaian selama dua hari, pemenang LKCN mendapat bonus uang dan trophy. Untuk juara 1 sebesar Rp7 juta, juara II sebesar Rp6 juta, juara III sebesar Rp5 juta, peringkat harapan 1 senilai Rp4 juta, harapan II sebesar Rp3 juta, dan harapan III senilai Rp2 juta. Penghargaan beserta bonus telah diserahkan pada moment penutupan LKCN, kemarin pagi di Gedung Serbaguna Pemkab Bangka Tengah. 

    Dalam sambutan penutupan LKCN 2016, Bupati diwakili Staf Ahli bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Setda Bateng, Yufendi mengatakan kegiatan LKCN tersebut bukan hanya sekedar seremonial saja untuk mendapatkan penghargaan, namun yang utama adalah bagaimana meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) anak-anak Indonesia umumnya, dan anak-anak Bangka Tengah khususnya. "Selain mendapatkan penghargaan, diharapkan juga bagaimana cara kita meningkatkan SDM buat anak-anak didik kita. Kemudian kedepan, kita harapkan menjadi lebih baik lagi," ujarnya dalam sambutan penutupan LKCN tersebut.

    Dikatakannya, kegiatan LKCN ini merupakan agenda tahunan yang digelar di Bangka Tengah bekerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). "Dalam kondisi ini, kita juga mempromosikan pariwisata Bangka Tengah. Bahkan selama kegiatan itu juga ada pameran produk UMKM Bangka Tengah. Ini menjadi agenda tahunan,  dan akan digelar di Bangka Tengah," tukas Yufendi didampingi Kabid Bina Program Dinas Pendidikan, Erwin David. 

    Erwin menambahkan, juara pertama dengan ketua regu Zidni Ridwan Nulmuarif dari SMK Negeri 1 Bawang Banjarnegara berjudul Aplikasi Indisipliner Sebagai Pendisiplin Siswa dengan sub tema teknologi aplikatif pendidikan; juara kedua diraih tuan rumah SMK 2 Koba dengan ketua regu Imron berjudul Pellets Small Shot sebuah inovasi teknologi penabur pelet di areal pertambakan berkonsep semi robotik yang sederhana dan tepat guna untuk produktifitas perikanan bangka tengah bertema Teknologi aplikatif penunjang produktifitas perikanan.

    Selanjutnya, juara ketiga SMK Negeri 1 Bontang, Kalimantan Timur dengan ketua Alfiatul Rafiah berjudul pemanfaatan Limbah Kulit Lada sebagai Absorben Alternatif Logam Berat Pb dalam Air Limbah penambangan timah di lepas pantai perairan pesisir Desa Batu Belubang, Bangka Tengah. Berikutnya, harapan 1 dengan ketua regu Wahyu Sidiq Saputro, dari SMK Negeri 2 Wonogiri Jawa Tengah berjudul pengusir burung pemakan padi di sawah dengan SMS dengan sub tema teknologi aplikatif penunjang efisiensi pertanian dan perkebunan atau Agrokompleks; harapan II dengan ketua regu Fadya Meiga Arifiana, ketua regu dari SMK Negeri 1 Yogyakarta berjudul Rumah Tempe Thermokimia, Alat Pemercepat pembuatan tempe dengan pemanfaatan Thermokimia dengan sub tema teknologi aplikatif penunjang efisiensi pertanian dan perkebunan atau Agrokompleks.

    Terakhir, harapan III, dengan Hasbulloh ketua regu dari SMK Muhammadiyah 2 Tempel Yogyakarta berjudul Umbrella Power Bank dengan sub tema pada LKCN teknologi Aplikatif dalam bidang pariwisata. (cr3)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Disperindagkop UKM Bateng Raih Penghargaan Pasar Tertib Ukur
Disperindagkop UKM Bateng Raih Penghargaan Pasar Tertib Ukur
Jum'at, 20 Desember 2019 19:15 WIB
KOBA - Di penghujung tahun 2019 ini, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) kembali meraih penghargaan melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi,
Dinas Perikanan Bateng Sampaikan Program Unggulan ke Kementerian Kelautan Perikanan
Dinas Perikanan Bateng Sampaikan Program Unggulan ke Kementerian Kelautan Perikanan
Rabu, 18 Desember 2019 15:05 WIB
KOBA - Guna menyampaikan beberapa program unggulan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), maka Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bateng, Taufik bersama beberapa
Kontraktor Siap Bertanggungjawab Perbaiki Pasar Rakyat Koba
Kontraktor Siap Bertanggungjawab Perbaiki Pasar Rakyat Koba
Rabu, 18 Desember 2019 17:30 WIB
KOBA - Pihak Kontraktor Pembangunan Pasar Rakyat Koba tahun 2017, melalui pengawas lapangan yakni Iwang mengaku pihaknya siap bertanggungjawab memperbaiki
Hj Iriani Ibnu Hadiri Lomba Masak di Desa Tanjungpura
Hj Iriani Ibnu Hadiri Lomba Masak di Desa Tanjungpura
Rabu, 18 Desember 2019 17:00 WIB
SUNGAISELAN - Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Hj Iriani Melita Ibnu Saleh, menghadiri acara lomba memasak nasi goreng