KPU: Syarat Mencoblos Harus e-KTP


KPU: Syarat Mencoblos Harus e-KTP

    KOBA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menyatakan di antara syarat yang harus dipenuhi untuk mencoblos pada Pilgub 2017 adalah harus mengantongi KTP elektronik (e-KTP).

    "Kendati warga terdaftar dalam DP4 namun belum melakukan perekaman dan tidak mengantongi e-KTP, maka tidak bisa menggunakan hak pilih," kata anggota KPU Bateng Marhaendra, Jumat (28/10).

    Ia menjelaskan, sesuai PKPU Nomor 08 Tahun 2016 dan Undang-undang Pilkada Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah, bagi warga yang tidak terdaftar di DPS namun terdaftar di DP4, maka bisa memilih dengan menunjukkan e-KTP atau surat rekaman.

    "Kendati warga terdaftar dalam DP4 namun masih menggunakan KTP manual hingga ditetapkan DPT maka yang bersangkutan tidak bisa menggunakan hak suara dalam Pilgub 2017," ujarnya.

    Justru itu pihaknya mengimbau kepada warga untuk segera melakukan perekaman e-KTP untuk bisa menggunakan hak suara dalam pilgub nanti. "Kalau sudah melakukan perekaman, maka cukup menunjukkan bukti rekaman dari Disdukcapil maka warga sudah bisa menggunakan hak suaranya," ujarnya.

    Ia menjelaskan, saat ini sedang dilakukan penetapan DPS secara serentak di enam kecamatan dan penetapan DPS tingkat kabupaten akan dilakukan pada 1 November 2016. "Kemudian dalam waktu 21 hari kami memberi kesempatan kepada warga untuk menanggapi DPS tersebut sebelum ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap," ujarnya.

    Ia mengatakan, setelah diumumkan DPS maka masyarakat diberi kesempatan melaporkan jika ada data yang kurang lengkap misalnya warga yang meninggal dunia namun dimasukkan, warga yang belum terdaftar, nama ganda, alamat yang tidak jelas atau lainnya. "Sifatnya kami menghimbau dan menerima tanggapan masyarakat untuk ditindak lanjuti jika terjadi kesalahan dalam DPS tersebut," ujarnya.(ant/rb)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Disperindagkop UKM Bateng Raih Penghargaan Pasar Tertib Ukur
Disperindagkop UKM Bateng Raih Penghargaan Pasar Tertib Ukur
Jum'at, 20 Desember 2019 19:15 WIB
KOBA - Di penghujung tahun 2019 ini, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) kembali meraih penghargaan melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi,
Dinas Perikanan Bateng Sampaikan Program Unggulan ke Kementerian Kelautan Perikanan
Dinas Perikanan Bateng Sampaikan Program Unggulan ke Kementerian Kelautan Perikanan
Rabu, 18 Desember 2019 15:05 WIB
KOBA - Guna menyampaikan beberapa program unggulan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), maka Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bateng, Taufik bersama beberapa
Kontraktor Siap Bertanggungjawab Perbaiki Pasar Rakyat Koba
Kontraktor Siap Bertanggungjawab Perbaiki Pasar Rakyat Koba
Rabu, 18 Desember 2019 17:30 WIB
KOBA - Pihak Kontraktor Pembangunan Pasar Rakyat Koba tahun 2017, melalui pengawas lapangan yakni Iwang mengaku pihaknya siap bertanggungjawab memperbaiki
Hj Iriani Ibnu Hadiri Lomba Masak di Desa Tanjungpura
Hj Iriani Ibnu Hadiri Lomba Masak di Desa Tanjungpura
Rabu, 18 Desember 2019 17:00 WIB
SUNGAISELAN - Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Hj Iriani Melita Ibnu Saleh, menghadiri acara lomba memasak nasi goreng