KPU: Syarat Mencoblos Harus e-KTP


KPU: Syarat Mencoblos Harus e-KTP

    KOBA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menyatakan di antara syarat yang harus dipenuhi untuk mencoblos pada Pilgub 2017 adalah harus mengantongi KTP elektronik (e-KTP).

    "Kendati warga terdaftar dalam DP4 namun belum melakukan perekaman dan tidak mengantongi e-KTP, maka tidak bisa menggunakan hak pilih," kata anggota KPU Bateng Marhaendra, Jumat (28/10).

    Ia menjelaskan, sesuai PKPU Nomor 08 Tahun 2016 dan Undang-undang Pilkada Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah, bagi warga yang tidak terdaftar di DPS namun terdaftar di DP4, maka bisa memilih dengan menunjukkan e-KTP atau surat rekaman.

    "Kendati warga terdaftar dalam DP4 namun masih menggunakan KTP manual hingga ditetapkan DPT maka yang bersangkutan tidak bisa menggunakan hak suara dalam Pilgub 2017," ujarnya.

    Justru itu pihaknya mengimbau kepada warga untuk segera melakukan perekaman e-KTP untuk bisa menggunakan hak suara dalam pilgub nanti. "Kalau sudah melakukan perekaman, maka cukup menunjukkan bukti rekaman dari Disdukcapil maka warga sudah bisa menggunakan hak suaranya," ujarnya.

    Ia menjelaskan, saat ini sedang dilakukan penetapan DPS secara serentak di enam kecamatan dan penetapan DPS tingkat kabupaten akan dilakukan pada 1 November 2016. "Kemudian dalam waktu 21 hari kami memberi kesempatan kepada warga untuk menanggapi DPS tersebut sebelum ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap," ujarnya.

    Ia mengatakan, setelah diumumkan DPS maka masyarakat diberi kesempatan melaporkan jika ada data yang kurang lengkap misalnya warga yang meninggal dunia namun dimasukkan, warga yang belum terdaftar, nama ganda, alamat yang tidak jelas atau lainnya. "Sifatnya kami menghimbau dan menerima tanggapan masyarakat untuk ditindak lanjuti jika terjadi kesalahan dalam DPS tersebut," ujarnya.(ant/rb)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Penolakan Tambang Timah Laut Desa Batuberiga, Pemda Bateng Support Aspirasi Masyarakat
Penolakan Tambang Timah Laut Desa Batuberiga, Pemda Bateng Support Aspirasi Masyarakat
Selasa, 19 November 2019 13:00 WIB
KOBA - Pemkab Bangka Tengah (Bateng) mendukung hasil musyawarah masyarakat Desa Batuberiga, Kecamatan Lubukbesar yang disampaikan ke DPRD Bateng, Senin
Hj Iriani Ibnu: Workshop STEAM Tingkatkan Kreativitas Guru Paud
Hj Iriani Ibnu: Workshop STEAM Tingkatkan Kreativitas Guru Paud
Senin, 18 November 2019 15:13 WIB
KOBA - Guna meningkatkan kreativitas para guru PAUD di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), maka Himpaudi Bateng bekerjasama dengan Himpaudi Babel
Bawaslu dan KPU Bateng Terima Pinjam Pakai Kendaraan Operasional
Bawaslu dan KPU Bateng Terima Pinjam Pakai Kendaraan Operasional
Senin, 18 November 2019 13:20 WIB
KOBA - Bupati Bangka Tengah (Bateng) Dr Ir H Ibnu Saleh MM menyerahkan kendaraan dua unit mobil operasional pinjam pakai
Enam Fraksi DPRD Setujui Raperda APBD Bateng 2020 Jadi Perda
Enam Fraksi DPRD Setujui Raperda APBD Bateng 2020 Jadi Perda
Senin, 18 November 2019 15:00 WIB
KOBA - Keenam fraksi DPRD Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) dalam gelaran paripurna, Senin (18/11) pagi, menyatakan setujui terhadap rancangan peraturan