KPU: Syarat Mencoblos Harus e-KTP


KPU: Syarat Mencoblos Harus e-KTP

    KOBA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menyatakan di antara syarat yang harus dipenuhi untuk mencoblos pada Pilgub 2017 adalah harus mengantongi KTP elektronik (e-KTP).

    "Kendati warga terdaftar dalam DP4 namun belum melakukan perekaman dan tidak mengantongi e-KTP, maka tidak bisa menggunakan hak pilih," kata anggota KPU Bateng Marhaendra, Jumat (28/10).

    Ia menjelaskan, sesuai PKPU Nomor 08 Tahun 2016 dan Undang-undang Pilkada Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah, bagi warga yang tidak terdaftar di DPS namun terdaftar di DP4, maka bisa memilih dengan menunjukkan e-KTP atau surat rekaman.

    "Kendati warga terdaftar dalam DP4 namun masih menggunakan KTP manual hingga ditetapkan DPT maka yang bersangkutan tidak bisa menggunakan hak suara dalam Pilgub 2017," ujarnya.

    Justru itu pihaknya mengimbau kepada warga untuk segera melakukan perekaman e-KTP untuk bisa menggunakan hak suara dalam pilgub nanti. "Kalau sudah melakukan perekaman, maka cukup menunjukkan bukti rekaman dari Disdukcapil maka warga sudah bisa menggunakan hak suaranya," ujarnya.

    Ia menjelaskan, saat ini sedang dilakukan penetapan DPS secara serentak di enam kecamatan dan penetapan DPS tingkat kabupaten akan dilakukan pada 1 November 2016. "Kemudian dalam waktu 21 hari kami memberi kesempatan kepada warga untuk menanggapi DPS tersebut sebelum ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap," ujarnya.

    Ia mengatakan, setelah diumumkan DPS maka masyarakat diberi kesempatan melaporkan jika ada data yang kurang lengkap misalnya warga yang meninggal dunia namun dimasukkan, warga yang belum terdaftar, nama ganda, alamat yang tidak jelas atau lainnya. "Sifatnya kami menghimbau dan menerima tanggapan masyarakat untuk ditindak lanjuti jika terjadi kesalahan dalam DPS tersebut," ujarnya.(ant/rb)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Bupati Ibnu Hadiri Malam Resepsi HUT RI di Kecamatan Sungaiselan
Bupati Ibnu Hadiri Malam Resepsi HUT RI di Kecamatan Sungaiselan
Minggu, 25 Agustus 2019 20:35 WIB
SUNGAISELAN - Bupati Bangka Tengah (Bateng) Dr Ir H Ibnu Saleh MM menghadiri malam resepsi HUT RI ke 74 di
Bupati Ibnu Ucapkan Selamat Ulang Tahun Hj Iriani
Bupati Ibnu Ucapkan Selamat Ulang Tahun Hj Iriani
Sabtu, 24 Agustus 2019 20:47 WIB
KOBA - Tepat pada usia yang ke 57 tahun, Ketua TP PKK Bangka Tengah (Bateng), Hj Iriani Melita Ibnu Saleh
Bateng Masuk Penilaian Verifikasi Kabupaten Sehat Tingkat Nasional
Bateng Masuk Penilaian Verifikasi Kabupaten Sehat Tingkat Nasional
Sabtu, 24 Agustus 2019 20:45 WIB
KOBA - Tim verifikasi Kementerian kesehatan dan Kemendagri melakukan penilaian Kabupaten Sehat 2019 Tingkat Nasional di Bangka Tengah.
Bupati Ibnu Saleh Sambut Kedatangan Jemaah Haji
Bupati Ibnu Saleh Sambut Kedatangan Jemaah Haji
Sabtu, 24 Agustus 2019 20:44 WIB
PALEMBANG - Bupati Bangka Tengah (Bateng), DR Ir H Ibnu Saleh MM menyambut langsung kedatangan 158 jemaah haji asal Bateng