80 Persen Koperasi di Basel Masih Aktif


80 Persen Koperasi di Basel Masih Aktif

    TOBOALI - Sedikitnya 80 persen koperasi di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) tergolong aktif dan sehat.  "Kalau berdasarkan data dari tahun ke tahun koperasi meningkat, seperti data kita ada sebanyak 83 koperasi dengan 14 KUD. Sedangkan dari segi anggota koperasi 2 tahun lalu ada 7.994 anggota kemudian terus berkembnag menjadi 8.751 anggota pada tahun 2015,"ujar Kepala Disperindagkop Basel, Muhammad kepada Radar Bangka, Kamis (13/10).

    Menurut Muhammad, sebagian besar koperasi di Basel bergerak di sektor produksi, hal ini sesuai dengan bidang usaha masyarakat sebagai anggotanya, ada perkebunan, pertanian, peternakan, nelayan, perikanan darat, kita akan terus mendorong membangun perekonomian masyarakat melalui koperasi agar menjadi kokoh maju dan berkeadilan. “Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang atau badan hukum koperasi dengan landasan kegiatan berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi yang berdasarkan azaz kekeluargaan. Peranan koperasi bagi masyarakat Kabupaten Basel cukup besar terutama sebagai lembaga penyediaan keuangan atau simpan pinjam,” jelasnya.

    Disatu sisi, Pemkab Basel saat ini terus mendorong kelompok masyarakat untuk membentuk koperasi berbadan hukum guna mempercepat usaha dan kesejahteraan anggota koperasi itu melalui pemberian pembinaan dan memfasilitasi kelompok usaha masyarakat untuk membentuk koperasi yang berbadan hukum berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemberian Bantuan Usaha Kepada Kelompok Masyarakat.

    “Disperindagkop Basel bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan, Badan Penyuluhan dan Dinas Pariwisata dalam rangka memberikan pendampingan terhadap kelompok masyarakat yang hendak membentuk koperasi. Nantinya koperasi – koperasi itu akan diberi semacam penyuluhan dan pendampingan kepada kelompok usaha masyarakat. Harapan besarnya dengan adanya koperasi ini bisa dikembangkan dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” pungkasnya.(bim)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Resmi, Ibnu Saleh Daftarkan Diri Jadi Calon Bupati Bateng
Resmi, Ibnu Saleh Daftarkan Diri Jadi Calon Bupati Bateng
Senin, 14 Oktober 2019 15:07 WIB
KOBA - Bupati Bangka Tengah (Bateng) DR Ir H Ibnu Saleh MM, mendatangi Sekretariat Dewan Perwakilan Cabang Nasdem Bateng untuk
Prajurit TNI Babel dan Persit di Imbau Bijak Mengunakan Medsos
Prajurit TNI Babel dan Persit di Imbau Bijak Mengunakan Medsos
Senin, 14 Oktober 2019 12:19 WIB
NAMANG - Komandan Korem 045/ Garuda Jaya (Gaya) Kolonel Inf Dadang Arif Abdurrahman menegaskan seluruh prajurit dan Persatuan Istri Tentara
Letjen Doni Ingatkan Kematian Tertinggi Akibat Lakalantas
Letjen Doni Ingatkan Kematian Tertinggi Akibat Lakalantas
Sabtu, 12 Oktober 2019 12:04 WIB
KOBA - Kepala BNPB, Letjen Doni Munardo mengatakan angka kematian tertinggi disebabkan kecelakaan lalulintas (Lakalantas).
Gratis, Nasdem Bateng Buka Pendaftaran Pencalonan Kepala Daerah
Gratis, Nasdem Bateng Buka Pendaftaran Pencalonan Kepala Daerah
Minggu, 13 Oktober 2019 12:00 WIB
KOBA - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) saat ini telah membuka pendaftaran Calon Kepala Daerah periode 2021-2026.