Aneh, TI Ilegal Kolong Kenari Tidak Diketahui Aparat Penegak Hukum


Aneh, TI Ilegal Kolong Kenari Tidak Diketahui Aparat Penegak Hukum

 

KOBA – Tambang Inkonvensional [TI] illegal yang beroperasi diwilayah Kolong Pungguk Kenari eks PT Koba Tin, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) pasti diketahui Aparat Penegak Hukum setempat.  

Aneh rasanya kalau tambang di wilayahnya tidak diketahui APH setempat. Pasalnya, aktivitas tambang Ilegal tersebut sudah pernah dirazia berulang kali oleh Polisi, namun aktivitas tambang ilegal tersebut masih beroperasi secara kucing-kucingan.

Akibatnya sejumlah warga Kelurahan Simpang Perlang yang dibuat gerah akan aktivitas TI ilegal tersebut mendatangi lokasi tambang dengan menuntut para penambang untuk menghentikan aktivitas TI mereka.

Menurut salah satu warga inisial SA, dia bersama beberapa warga pada Kamis (28/1/2021) malam datang ke lokasi dan aktivitas sempat terhenti sesaat, namun ketika meninggalkan lokasi TI tersebut, para penambang mulai beroperasi lagi hingga pukul 05.00 wib.

“Dini hari tadi sekitar jam 12 malam kampung kami ricuh dan bersepakat untuk mendatangi lokasi TI ilegal di Kenari eks PT Koba Tin, ketika berada di lokasi kami meminta para penambang dan pemilik TI untuk menghentikan aktivitas mereka,”ujar SA kepada Radar Bangka. 

Masih menurut dia, aktivitas tambang liar tersebut mengganggu ketentraman dan kondisi kamtibmas masyarakat yang berada di wilayah Kecamatan Koba, untuk itu pihaknya memohon kepada pemerintah dan aparat penegak hukum segera menindak tegas Tambang Ilegal Tersebut.

“Kami minta kepada pemerintah dan kepolisian untuk menindak tegas TI yang ada di Pungguk Kenari, ini sudah sangat meresahkan karena operasi tengah malam. Kami minta untuk di fasilitasi bertemu dengan Camat, Lurah dan pihak Kepolisian duduk bersama menyelesaikan masalah ini,,”harapnya.

Camat Koba, Muslimin saat di hubungi wartawan terkait adanya laporan masyarakat Kelurahan Simpang Perlang yang ingin bertemu dengan dirinya terkait TI illegal yang beroperasi diwilayah Kolong Pungguk Kenari berjanji akan segera menindaklanjuti laporan tersebut.

“Saya sedang tidak ada di Koba, ini kami lagi koordinasi dengan Satpol PP Kabupaten, Koordinasikan segera dengan Kasi Trantib,”ujarnya singkat.

Sementara dikonfrimasi Kasi Trantib Kecamatan Koba, Primadoni menyebutkan dengan tegas bahwa TI illegal Kolong Pungguk Kenari tersebut sudah masuk ke ranah penindakan hukum.
 
“Maaf kasus tersebut sudah masuk ranahnya penindakan hukum oleh aparat kepolisian, semoga dapat dipahami,”ucapnya.(cr01)





Berikan Komentar

Kamtibmas Lainnya
Memahami Bahaya Covid-19 Bhabinkamtibmas Desa Bakit Bagikan Masker Kepada Masyarakat
Memahami Bahaya Covid-19 Bhabinkamtibmas Desa Bakit Bagikan Masker Kepada Masyarakat
Selasa, 23 Februari 2021 13:46 WIB
MUNTOK -Bhabinkamtibmas Desa Bakit Kecamatan Parittiga memberikan himbauan kepada warga agar warga selalu menggunakan masker
 Ditertibkan, TI Illegal Kenari, Marbuk dan Punguk “MEMBANGKANG”
Ditertibkan, TI Illegal Kenari, Marbuk dan Punguk “MEMBANGKANG”
Kamis, 18 Februari 2021 19:16 WIB
KOBA – Polres Bangka Tengah (Bateng) menertibkan tambang illegal yang beroperasi di diwilayah Kenari, Marbuk dan Pungguk Kecamatan Koba, Kamis
Polisi Masih Telusuri Motif Kakak Bacok Adik Kandung di Desa Cambai
Polisi Masih Telusuri Motif Kakak Bacok Adik Kandung di Desa Cambai
Senin, 15 Februari 2021 22:59 WIB
KOBA - Peristiwa kakak bacok adik kandung di Desa Cambai, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah kini tengah diselidiki. Polisi sudah
Kelabui Polisi, Sensi Simpan Sabu di Karpet Motor
Kelabui Polisi, Sensi Simpan Sabu di Karpet Motor
Jum'at, 12 Februari 2021 19:33 WIB
TOBOALI - Satuan Resnarkoba Polres Bangka Selatan (Basel) kembali berhasil mengungkap kasus tindak pidana narkotika di wilayah Kecamatan Toboali, Kabupaten