Residivis Curat di Dor Jatanras Polda Babel


Residivis Curat di Dor Jatanras Polda Babel

PANGKALPINANG - Sepak terjang Iman Sobirin seorang residivis pencurian dengan pemberatan (curat) akhirnya berhasil dihentikan dengan timah panas oleh Tim Opsnal Jatanras Ditkrimum Polda Kepulauan Bangka Belitung pada (25/7/2019) sekitar pukul 14.30 WIB

"Saat akan dilakukan penangkapan tersangka ini melakukan perlawanan dan berusaha melarikan diri, jadi kita ambil tindakan tegas terukur," kata Kasubdit Jatanras, AKBP Wahyudi didampingi Kabid Humas Polda Babel, AKBP A. Maladi di Mapolda Babel, Jumat (26/7/2019).

Wahyudi mengungkapkan, selama kurun waktu tiga bulan, pelaku telah menjalankan aksinya sebanyak 12 kali, dengan modus mencongkel jendela rumah dengan menggunakan obeng.

"Biasanya pada malam hari sendirian, dia melakukan congkel dengan menggunakan obeng, mencongkel jendela," ungkapnya.

Dijelaskan Wahyudi, salah satu dari 12 Tempat Kejadian Perkara (TKP), pelaku berhasil menggondol uang sebesar Rp23.000.000, di warung samping Hotel Serata, Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang. 

"Ada handphone, uang, jadi uang ini sudah digunakan untuk membeli kendaraan sepeda motor, ini adalah hasil kejahatan, waktu itu di TKP Pasir Padi di sebelah Cafe Hotel Serata, Pasir Padi, dari 12 TKP, tersangka sudah mendapatkan ratusan juta rupiah," terangnya.

Berdasarkan pengakuan dari tersangka, uang atau barang-barang hasil curian ini digunakan untuk membeli sepeda motor berfoya-foya. "Saat ini tersangka dan barang bukti telah diamankan guna dilakukan pemeriksaan dan pengembangan lebih lanjut," tukasnya.

Namun, dari hasil pemeriksaan, ada hal unik yang dilakukan oleh tersangka sebelum melancarkan aksinya, yakni, sebelum melancarkan aksinya, tersangka harus makan dan buang air besar di TKP.

"Tersangka ini sepertinya menganut aliran tertentu atau semacam ritual. Jadi sebelum melakukan pencurian, tersangka ini harus makan dan buang air dulu di rumah korban atau TKP," tandasnya. (mon)





Berikan Komentar

Kamtibmas Lainnya
Polisi Masih Mendalami Motif Percobaan Penculikan Siswi SMP di Payung
Polisi Masih Mendalami Motif Percobaan Penculikan Siswi SMP di Payung
Kamis, 05 Desember 2019 19:05 WIB
TOBOALI – Peristiwa percobaan penculikan anak di Desa Malik pada Selasa (3/12/2019) masih menjadi perbincangan hangat di berbagai kalangan.
Kapolda Anang Kunker Perdana ke Polres Bateng
Kapolda Anang Kunker Perdana ke Polres Bateng
Kamis, 28 November 2019 16:15 WIB
KOBA - Kapolda Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Brigjen Pol Drs Anang Syarif Hidayat melakukan kunjungan kerja perdana ke Mapolres Bangka
Barbuk Dimusnahkan Kejari Bateng Didominasi dari Kasus Narkoba
Barbuk Dimusnahkan Kejari Bateng Didominasi dari Kasus Narkoba
Kamis, 28 November 2019 12:30 WIB
KOBA - Kejaksaan Negeri Bangka Tengah (Bateng) melakukan pemusnahan barang bukti (Barbuk) tindak pidana umum, bertempat di halaman kantor Kejari
Dishub Bateng dan Satlantas Gelar Razia Gabungan
Dishub Bateng dan Satlantas Gelar Razia Gabungan
Selasa, 26 November 2019 13:03 WIB
KOBA - Guna menekan angka kecelakaan saat berlalu lintas di jalan raya, maka Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) beserta