Jual Mihol Tanpa Izin, Kodok Diringkus Ditreskrimsus Polda Babel


Jual Mihol Tanpa Izin, Kodok Diringkus  Ditreskrimsus Polda Babel

PANGKALPINANG - Ditreskrimsus Polda Kepulauan Bangka Belitung berhasil meringkus Ferdyan alias Kodok (35), pelaku penjual minuman beralkohol (mihol) tanpa izin.

Dir Reskrimsus Polda Babel, Kombes (Pol) Indra Krismayadi mengatakan, kasus penjualan mihol tersebut berhasil diungkap melalui patroli siber dan pelaku langsung diamankan pada 5 Maret 2019 lalu .

"Dari patroli siber kita, kita menemukan adanya tersangka yang menjual miras golongan B dan C, tanpa memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan Minuman Beralkohol (SIUP MB) yang dikeluarkan oleh Disperindag," katanya kepada sejumlah wartawan, Jumat (26/7/2019).

Ia menjelaskan, mihol ini sangat rawan jika dijual bebas, oleh karena itu setiap badan usaha yang menjual mihol harus memiliki SIUP MB. "Apalagi kalau golongannya diatas golongan B dan C, yang memiliki kadar alkohol 5 sampai 40 persen, itu tentunya sangat membahayakan," terangnya.

Atas perbuatnnya, pelaku akan dikenakan pasal berlapis, yakni Undang-Undang Perdagangan, kemudian Undang-undang Perlindungan Konsumen, Undang-Undang Pangan.

"Terhadap tersangka, kita tidak kita lakukan penahanan, karena kami anggap kooperatif terhadap pemeriksaan yang kita lakukan, dan Alhamdulillah kasusnya sudah P21, rencana akan kita laksanakan tahap dua, berupa penyerahan tersangka dan barang bukti ke Jaksa Penuntut Umum," tandasnya.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan yakni mihol golongan B (5% s/d 20%) sebanyak 27 botol, dan mihol golongan C (20% s/d 55%) 45 botol dengan berbagai merek. 

Sementara itu, menurut pengakuan  tersangka, mihol tersebut di dapat dari luar kota. "Pengiriman ada yang dari Surabaya, Jogja, Jakarta, melalui jalur darat dan laut," ujarnya saat diwawancarai.

Selain itu, pelaku juga mengungkapkan, harga mihol yang dijual bervariasi, dan dari hasil penjualan, pelaku meraup keuntungan sekitar Rp50.000, per botol. "Nggak tentu harganya, kadang sehari laku dua botol, kadang juga tiga botol," ungkapnya. (mon)




Banner

Berikan Komentar

Kamtibmas Lainnya
Bejat! 3 Kali Anak Tuna Wicara Dinodai AC Hingga Hamil
Bejat! 3 Kali Anak Tuna Wicara Dinodai AC Hingga Hamil
Rabu, 24 Juni 2020 14:29 WIB
TOBOALI - Insial AC (37), warga Jalan Damai Kelurahan Tanjung Ketapang, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) dibekuk Unit Perlindungan
"Coba Setubuhi" Istri Tetangga, AK Dicekok Polsek Airgegas
"Coba Setubuhi" Istri Tetangga, AK Dicekok Polsek Airgegas
Senin, 22 Juni 2020 21:29 WIB
AIRGEGAS - Nafsu melihat istri tetangga sendiri membuat pemuda inisial AK (25), warga Desa Airgegas, Kecamatan Airgegas, Kabupaten Bangka Selatan
Polisi Ungkap Pemicu Perusakan di Green Lake City Oleh Kelompok John Kei
Polisi Ungkap Pemicu Perusakan di Green Lake City Oleh Kelompok John Kei
Senin, 22 Juni 2020 13:36 WIB
JAKARTA - Wakapolres Metro Tangerang AKBP Yudhistura Midyahwan membeberkan apa yang menjadi pemicu perusakan rumah Nus Kei di Green Lake
3 Wanita, 1 Pria di Dalam Vila, Tak Bisa Mengelak
3 Wanita, 1 Pria di Dalam Vila, Tak Bisa Mengelak
Senin, 22 Juni 2020 13:35 WIB
CIANJUR - Polres Cianjur mengamankan tiga PSK dan seorang muncikari yang kerap melayani tamu lokal dan warga negara asing di