Pelaku Bom Ikan Di Perairan Beltim Diringkus Dit Polairud Polda Babel


Pelaku Bom Ikan Di Perairan Beltim Diringkus Dit Polairud Polda Babel

PANGKALPINANG - Dit Polairud Polda Kepulauan Bangka Belitung meringkus pelaku penangkapan ikan dengan bahan peledak (bom ikan-red) di Perairan Belitung Timur, Jumat (12/7/2019) lalu.

"Pada saat patroli rutin oleh Direktorat Polair Polda Bangka Belitung, ditemukanlah tersangka Rusli (51) ini melakukan penangkapan ikan secara tidak sah," kata Kabid Humas Polda Babel. AKBP A. Maladi didampingi Kasubdit Gakum Polairud Polda Babel, Kompol Nuryono di Mako Polairud Babel, Kamis (18/7/2019).

Sementara itu Kasubdit Gakum Polairud Polda Babel, Nuryono menjelaskan, tersangka Rusli (51) merupakan warga asal Buton dan berdomisili di Dusun Baru, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur.

"Tersangka telah melakukan perbuatan yang sangat dilarang, dengan merakit beberapa peralatan pembuatan bom ikan sebelum dilakukan penangkapan," ujarnya.

Adapun modus operandi yang dilakukan oleh tersangka, dijelaskannya, yakni, membawa dan merakit bahan-bahan pembuatan bom ikan di tengah laut untuk mengelabui aparat penegak hukum.

"Kalau dirakit di darat ini relatif berbahaya, jadi dirakit di tengah laut supaya tidak terdeteksi, kemudian ditengah laut tersangka merakit barang-barang ini, ada botol, ada sumbunya, kemudian ada bubuk,  kemudian ada juga korek api," ulasnya.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan diantaranya, 1 unit Kapal Motor (KM) Tanpa Nama, 8 botol ukuran kecil, 4 botol ukuran besar, 1 gulung amplas, 10 buah tutup botol sumbu, 4 Kg bubuk diduga bahan baku bom, 29 korek api, dan 1 jerigen BBM jenis solar.

Atas perbuatannya, tersangka akan dituntut dengan pasal berlapis, yakni Pasal 84 ayat (2) UU No.31 tahun 2004 tentang perikanan Jo. Pasal 53 ayat (1) KUHP atau Pasal 1 ayat (1), (3) Undang-Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951.

"Tersangka kita kenakan dua Undang-Undang , yakni Undang-Undang Perikanan dan Undang-Undang Darurat dengan ancaman 10 tahun penjara dan denda Rp.1.200.000.000," pungkasnya. (mon)





Berikan Komentar

Kamtibmas Lainnya
Polisi Masih Mendalami Motif Percobaan Penculikan Siswi SMP di Payung
Polisi Masih Mendalami Motif Percobaan Penculikan Siswi SMP di Payung
Kamis, 05 Desember 2019 19:05 WIB
TOBOALI – Peristiwa percobaan penculikan anak di Desa Malik pada Selasa (3/12/2019) masih menjadi perbincangan hangat di berbagai kalangan.
Kapolda Anang Kunker Perdana ke Polres Bateng
Kapolda Anang Kunker Perdana ke Polres Bateng
Kamis, 28 November 2019 16:15 WIB
KOBA - Kapolda Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Brigjen Pol Drs Anang Syarif Hidayat melakukan kunjungan kerja perdana ke Mapolres Bangka
Barbuk Dimusnahkan Kejari Bateng Didominasi dari Kasus Narkoba
Barbuk Dimusnahkan Kejari Bateng Didominasi dari Kasus Narkoba
Kamis, 28 November 2019 12:30 WIB
KOBA - Kejaksaan Negeri Bangka Tengah (Bateng) melakukan pemusnahan barang bukti (Barbuk) tindak pidana umum, bertempat di halaman kantor Kejari
Dishub Bateng dan Satlantas Gelar Razia Gabungan
Dishub Bateng dan Satlantas Gelar Razia Gabungan
Selasa, 26 November 2019 13:03 WIB
KOBA - Guna menekan angka kecelakaan saat berlalu lintas di jalan raya, maka Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) beserta