Dua Pelaku Pencurian Di Belinyu Mendekam Di Polres Bangka


Dua Pelaku Pencurian Di Belinyu Mendekam Di Polres Bangka

SUNGAILIAT - Kepolisian Sektor (Polsek) Belinyu, Kabupaten Bangka berhasil meringkus dua orang tersangka tindak pidana pencurian, yakni kasus pencurian biasa atau penggelapan dalam jabatan dan kasus pencurian dengan kekerasan (curas).

Hal tersebut seperti yang disampaikan Kapolres Bangka AKBP M.Budi Ariyanto melalui Kabag Ops AKP Faisal Fatsey yang didampingi Kapolsek Belinyu dan kasat Reskrim polres bangka saat menggelar konferensi oers di Polres Bangka, Senin (17/06/2019).

" Untuk kasus pencurian atau pengelapan dalam jabatan yang dialami oleh Fukardi Hendra alias Ko Afuk (korban pencurian-red) atas pencurian uang tunai sebesar Rp 12.024.000, didalam dasboard mobil miliknya," kata Kabag Ops.

Ia menjelaskan, pada saat itu mobil ekspedisi mitsubishi type colt diesel warna kuning dengan Nopol BN 8548 QR milik Fukardi Hendra ini berparkir di pinggir jalan raya tepatnya didepan Toko Segitiga, Jln Sriwijaya Kelurahan Kuto Panji Kecamatan Belinyu.

Ia juga menambahkan, setelah laporan Fukardi tersebut diteruskan ke unit Reskrim Polsek Belinyu dan kemudian melakukan olah TKP dan mengintrogasi dari saksi- saksi. 

"Setelah proses penyelidikan akhirnya pelaku tertangkap dan pelaku adalah si sopir itu sendiri bernama Biwi Mulyadi (39) alias Bulek ,di Desa Riau kecamatan Riau Silip pada 12 Juni lalu," ungkapnya.

Atas pencurian tersebut, dijelaskannya, pelaku dikenakan pasal 362 KUHP Pidana dengan ancaman diatas 5 tahun pidana. "Dan jumlah uang sebesar Rp 12.024.000 tersebut dalam keadaan utuh dan belum digunakan pelaku" terangnya.

Sementara itu, lanjut dia, untuk tersangka kasus curas yakni Iswandi Romli (34) alias Wawan merupakan warga Kampung Air Asem, Kecamatan Belinyu.

Adapun modus yang dilakukan tersangka yakni merampas telepon seluler milik Prayogo (21) alias Yoga dan memaksa korbannya untuk membuka sandi (pola) dari telepon seluler yang terkunci. Peristiwa tersebut terjadi sekira pukul 17.00 WIB pada 6 Juni lalu.

"Hal tersebut bermula saat korban bersama pacarnya sedang mengobrol diatas sepeda motornya yang diparkir dilapangan bola dekat perkuburan china jalan kenanga kelurahan kuto panji, kecamatan belinyu," ungkap Kabag Ops.

Lebih lanjut ia menjelaskan, saat telepon seluler korban tidak bisa dibuka pelaku karena mengunakan pola, maka pelaku marah dan mengancam korbannya.

"Kamu Mau Berkelahi Dengan Saya", nanti saya kasih tau sama orang tua pacarmu, kalau kamu (Prayoga) tidak kasih tau polanya dan saya sebarkan kemana-mana kejadian ini," tiru Kabag Ops 

Karena korban takut dengan ancaman pelaku, maka akhirnya korban pun dengan terpaksa membuka pola telepon selulernya yang dipegang oleh si pelaku. 

Akibat perbuatannya, pelaku kini diamankan di Polres Bangka dengan dikenakan Pasal 365 ayat (1) dengan ancaman pidana 9 tahun penjara. (Cr15)





Berikan Komentar

Kamtibmas Lainnya
Cegah Radikalisme, Wakapolres Lakukan Giatkan Subuh BerJamaah
Cegah Radikalisme, Wakapolres Lakukan Giatkan Subuh BerJamaah
Rabu, 19 Februari 2020 16:34 WIB
TOBOALI - Wakapolres Bangka Selatan (Basel), Kompol Sarwo Edi Wibobo bersama anggota melaksanakan silahturahmi sholat subuh berjamaah dari Mesjid ke
DPO Pelaku Pengeroyokan Nasi Goreng Cukim Ditangkap
DPO Pelaku Pengeroyokan Nasi Goreng Cukim Ditangkap
Senin, 17 Februari 2020 07:02 WIB
TOBOALI - Tim Opsnal Polsek Toboali berhasil mengamankan ZK alias Acit (35), seorang DPO kasus penganiyaan pedagang nasi goreng, Ahmad
Gauli Anak Tirinya, Ed Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara
Gauli Anak Tirinya, Ed Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara
Sabtu, 15 Februari 2020 09:33 WIB
TOBOALI - Ed (39) warga Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) akhirnya harus mempertanggungjawabkan perbuatan bejatnya terhadap anak dibawah umur berinisial
Beraksi di Basel, Residivis Curat di Dor Polisi
Beraksi di Basel, Residivis Curat di Dor Polisi
Selasa, 04 Februari 2020 12:05 WIB
TOBOALI - Tim gabungan Opsnal Polsek Toboali, Polres Basel dan Reskrim Polresta Pangkalpinang berhasil meringkus residivis pencurian, Dika (30)