Satu Dari Empat Pelaku C3 Ditembak Polisi


Satu Dari Empat Pelaku C3 Ditembak Polisi

PANGKALPINANG - Tim 1 Opsnal Subdit III Jatanras Polda Kepulauan Bangka Belitung berhasil meringkus empat orang tersangka kasus pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian dengan pemberatan (curat) dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Berikut keempat tersangka yang sudah berhasil diamankan, yakni Tio Agustiansyah (24) warga asal Belinyu, Suradilaga alias Dodi (40) warga Pangkalpinang, Andrianto alias Yanto (45) warga Pangkalpinang, dan Musyawarah alias Musa (39) warga Pangkalpinang.

Kabid Humas Polda Babel, AKBP. A. Maladi mengatakan, dua orang tersangka, Tio dan Dodi merupakan pelaku kasus curat, dengan modus masuk ke rumah korban dan mengambil barang curian.

"Penangkapan ini dilakukan pada hari Minggu (31/3) sekitar pukul 03.00 WIB di Desa Neknan, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka oleh Tim Subdit III Jatanras," kata Kabid kepada sejumlah awak media di Mapolda Babel, Jumat (3/5).

Pada kesempatan yang sama, Kasubdit Jatanras Ditkrimum Polda Babel, AKBP Wahyudi menambahkan, timnya berhasil mengungkap dua kasus sekaligus, yakni curat dan curanmor dengan dua orang tersangka.

"Tanggal 29 kemarin, yang pertama kasus pencurian dengan pemberatan (curat), jadi masuk rumah mengambil handphone, Setelah itu berlanjut mencuri sepeda motor (curanmor), ini dua orang tersangkanya," terangnya.

Kemudian, dijelaskan Wahyudi, pada 12 Mei yang lalu, timnya bekerjasama dengan Tim Opsnal Polsek Puding juga berhasil membekuk dua orang tersangka lainnya, yakni Yanto dan Musa.

"Jadi LP nya Polsek Puding, kemudian mengingat tempat kejadiannya berada di Pangkalpinang, kita bekerjasama untuk mengungkap," jelasnya. 

Saat akan dilakukan penangkapan, tersangka Musa mencoba memberikan perlawanan untuk melarikan diri, sehingga Tim Opsnal Polda Babel akhirnya mengambil tindakan tegas dengan menyarangkan timah panas ke betis sebelah kiri tersangka.

Lebih jauh dijelaskan Wahyudi, modus yang dilakukan oleh para tersangka yakni dengan masuk kedalam rumah korban dan mengambil barang berharga dan sepeda motor.

"Mengambil barang kecil, laptop dan handphone, kemudian juga mengincar motor yang kuncinya masih nyangkut di sepeda motor, itu yang dibawa," ungkapnya.

Dari keempat orang tersangka, ia mengungkapkan, ada seorang tersangka yakni Yanto merupakan residivis kasus pembunuhan di Pasir Padi beberapa tahun yang lalu.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan dari para tersangka yakni, 5 unit kendaraan roda dua, 1 unit laptop, dan tiga unit handphone merek Oppo A37, Vivo Y91, dan Oppo A39.

"Motornya ada lima, tiga motor barang bukti, dan dua motor yang digunakan untuk masing-masing pelaku mencuri," jelasnya.

Penutup, Kabid Humas Polda, Maladi mengimbau kepada masyarakat Babel agar melangkapi kendaraannya dengan kunci pengaman tambahan dan apabila meninggalkan rumah, hendaknya pintu dipastikan telah terkunci.

"Kita menambah kunci pengaman atau menggunakan tombol rahasia di kendaraannya,  sehingga tidak mudah dicuri oleh pelakunya dan untuk rumah, apalagi di Bulan Ramadhan ini hendaknya dikunci, kalaupun rumah ditinggal mungkin bisa dititip dengan tetangga," imbaunya (mon)





Berikan Komentar

Kamtibmas Lainnya
Polres Babar Amankan Pengedar Ganja
Polres Babar Amankan Pengedar Ganja
Jum'at, 13 September 2019 11:55 WIB
MUNTOK - Satuan Narkoba Polres Bangka Barat mengamankan Bayu (26) tahun warga Kampung Jawa Baru RT/RW 001/002 Kelurahan Sungai Baru
Polsek Airgegas Ringkus 2 Pelaku Curat
Polsek Airgegas Ringkus 2 Pelaku Curat
Minggu, 08 September 2019 21:03 WIB
TOBOALI - Jajaran Polsek Airgegas meringkus 2 warga pendatang asal Desa Selapan, Ogan Kemering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel), Cha
Polisi Selidiki Penyebab Mobil  Xenia Terbakar
Polisi Selidiki Penyebab Mobil Xenia Terbakar
Sabtu, 07 September 2019 09:51 WIB
MUNTOK - Bermaksud memperbaiki mobilnya yang rusak, Gunawan (42) tahun warga Benteng Kota Kecamatan Tempilang, malah ketimban sial. Pasalnya, mobil
Diduga Selingkuhi Istri Teman, SLM Dilaporkan ke Sipropam Polres Pangkalpinang
Diduga Selingkuhi Istri Teman, SLM Dilaporkan ke Sipropam Polres Pangkalpinang
Kamis, 05 September 2019 22:34 WIB
PANGKALPINANG - SLM (37) oknum anggota berinsal SLM yang bertugas di Mapolres Pangkalpinang, saat ini dilaporkan ke Sipropam Polres Pangkalpinang