Polsek Riau Silip Maksimalkan Poskamling


Polsek Riau Silip Maksimalkan Poskamling

RIAUSILIP -  Kepolisian Sektor (polsek) Riau Silip, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendorong masyarakat di wilayah hukum dalam memaksimalkan kegiatan pos keamanan lingkungan (Poskamling), guna menciptakan lingkungan yang aman dan tertib,jumat (15/3).

Kapolsek Riau Silip, Ipda Irwan mengatakan, kegiatan Poskamling yang melibatkan partisipasi masyarakat mempunyai peran penting dalam rangka pencegahan atau antisipasi tahap awal dari ancaman tindak pelanggaran hukum sehingga terwujud suatu daerah yang aman dan tertib.

"Peran kesadaran masyarakat untuk kegiatan ini diperlukan sesekali, karena teknis pelaksanaanya melibatkan secara langsung masyarakat desa setempat,"ujarnya.

Dikatakannya, dari sembilan desa di wilayah Kecamatan Riau Silip sudah tersedia di sejumlah poskampling yang dibangun oleh pemerintah desa, namun ada beberapa kendala sehingga belum dapat dimaksimalkan pemanfaatnya.

"Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan moral dan disiplin warga dan terbangunnya kebersamaan dalam memberikan perlindungan dan pengamanan bagi masyarakat lainnya,"ungkapnya.

Kesadaran masyarakat dalam berpartisipasi bidang keamanan dan ketertiban, merupakan potensi pengamanan swakarsa yang perlu dilestarikan dan ditingkatkan.

Guna menumbuh dan mengembangkan sikap mental, kepekaan dan daya tanggap setiap warga masyarakat dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban disetiap lingkungannya masing-masing.

Poskamling merupakan salah satu model  polisi masyarakat (Polmas) dalam memberikan risribusi komunikasi serta informasi secara eksternal bagi masyarakat.

Dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban disetiap waktu dan merupakan potensi pengamanan swakarsa yang berazaskan gotong royong, kerjasama, budaya paguyuban yang menjiwai dalam setiap kehidupan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan rasa aman.

"Kegiatan poskamling memiliki manfaat yang jauh lebih besar daripada sekedar menciptakan lingkungan yang aman, karena hubungan antar warga akan menjadi semakin erat, sehingga tidak lagi kita jumpai warga yang saling tidak kenal dengan tetangganya sendiri,"ungkap Kapolsek.

Untuk itu jika hubungan antar warga berjalan dengan baik, maka persoalan-persoalan di lingkungan pun akan dengan mudah teratasi, sehingga terciptanya kehidupan yang sehat, aman, dan nyaman di lingkungan Riau Silip ini.

"Kapolsek berharap secara bertahap poskamling ini dapat berjalan maksimal disemua desa sehingga dapat menjadi syarat dasar untuk menuju program bebas 3 C yakni, pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian dengan pemberatan (curat) dan pencurian kendaraan motor (curanmor),"Pungkasnya. (cr15).





Berikan Komentar

Kamtibmas Lainnya
 Ungkap 10 Kasus Narkoba, 15 Orang Tersangka Diamankan
Ungkap 10 Kasus Narkoba, 15 Orang Tersangka Diamankan
Kamis, 21 Maret 2019 15:21 WIB
MUNTOK - Satuan Reserse Narkoba Polisi Resort Bangka Barat (Babar), berhasil mengungkap 10 kasus narkoba penyelahgunaan narkoba dalam Operasi Antik
Kontak Tembak di Mugi, 1 Anggota Brimob Tewas, 2 Terluka
Kontak Tembak di Mugi, 1 Anggota Brimob Tewas, 2 Terluka
Rabu, 20 Maret 2019 12:23 WIB
JAYAPURA - Brarada Aldi anggota Brimob tergabung dalam Satgas Nemangkiwi di Mugi, Kabupaten Nguda, Jayapura, tewas setelah terjadinya
Speed Boat Nabrak Pohon, 16 Orang Dikabarkan Tewas
Speed Boat Nabrak Pohon, 16 Orang Dikabarkan Tewas
Senin, 18 Maret 2019 14:09 WIB
BANYUASIN - 16 Orang dikabarkan tewas di Tempat Kejadian Perkara (TKP), setelah Speed Boat dengan nama lambung Awet Muda menabrak
Polres Bangka Barat  Amankan 80 Ton Solar Ilegal Asal Muba, 10 Pelaku Turut Diamankan
Polres Bangka Barat Amankan 80 Ton Solar Ilegal Asal Muba, 10 Pelaku Turut Diamankan
Minggu, 17 Maret 2019 21:39 WIB
MUNTOK - Jajaran Polres Bangka Barat (Babar), pimpinan AKBP Firman Andreanto SIK, berhasil mengamankan 80 ton Bahan Bakar Minyak (BBM)