Oknum Sat Pol PP Tertangkap Narkoba, Bupati Bangka Segera Adakan Tes Urine ASN


Oknum Sat Pol PP Tertangkap Narkoba, Bupati Bangka Segera Adakan Tes Urine  ASN

SUNGAILIAT -  RM, staf Bidang Penegakan Perda Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) kabupaten Bangka, diamankan oleh Polsek Koba, Bangka Tengah (Bateng), Jumat (8/3/2019).

Kasat Pol PP Bangka, M Daylian Amrie membenarkan adanya pristiwa tersebut. Menurutnya, tertangkapnya RM telah dilaporkan kepada pembina Kepegawaian dlam hal ini Bupati Bangka.

" ASN tersebut ditangkap diluar jam dinas tanggal 8 Meret 2019 di Bangka Tengah oleh satuan Polsek Koba dengan inisial RM sebagai staf dibidang penegakan Perda," ujarnya. 

RM sendiri ditahan di Polres Bangka Tengah. Sesuai aturan dalam undang-undang no 5 tahun 2014 termasuk BP No 11 tahun 2017 tentang manajemen ASN, apabila ASN tersebut ditangkap atau ditahan kemudian menjadi tersangka maka harus diberhentikan sementara. Kemudian nantinya uang gaji pokok dibayar hanya 50 %,dan sementara itu yang menentukanya Bupati bangka.

" Sementara itu masih menunggu surat resminya, apakah masih dalam proses ataupun dalam BAP, yang diharapkan pihak Polres Bangka Tengah dapat menyampaikan ke pemerintah Kabupaten Bangka,"ujarnya.

Sementara itu Bupati Bangka, Mulkan telah memerintahkan Kasat Pol PP untuk mendatangi Polres Bangka Tengah. Jika  benar tersangka ASN tersebut positif mengunakan narkoba maka dirinya selaku Bupati harus melakukan pemberhentian sementara. " Ini disebabkan oleh faktor lingkungan, teman yang salah langkah,"sesal Mulkan.

Dengan kejadian ini, Bupati Bangka sendiri berjanji akan selektif melakukan tes urine kepada ASN dilingkungan Setda Bangka guna mengantisipasi pengunaan narkoba dilingkungan ASN itu sendiri.

Terpisah Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel),  Ebon Meternik SE  saat dikonfirmasi RB, menyambut baik langkah yang dilakukan Bupati Bangka tersebut.

" Ya kami menyambut baik langkah yang akan dilakukan pak Bupati. Dan inilah yang diharapkan. Sesuai intruksi Presiden yakni melakukan pencegahan dini terhadap ASN dalam penyalahgunaan Narkoba,"ungkapnya. (cr15)





Berikan Komentar

Kamtibmas Lainnya
 Ungkap 10 Kasus Narkoba, 15 Orang Tersangka Diamankan
Ungkap 10 Kasus Narkoba, 15 Orang Tersangka Diamankan
Kamis, 21 Maret 2019 15:21 WIB
MUNTOK - Satuan Reserse Narkoba Polisi Resort Bangka Barat (Babar), berhasil mengungkap 10 kasus narkoba penyelahgunaan narkoba dalam Operasi Antik
Kontak Tembak di Mugi, 1 Anggota Brimob Tewas, 2 Terluka
Kontak Tembak di Mugi, 1 Anggota Brimob Tewas, 2 Terluka
Rabu, 20 Maret 2019 12:23 WIB
JAYAPURA - Brarada Aldi anggota Brimob tergabung dalam Satgas Nemangkiwi di Mugi, Kabupaten Nguda, Jayapura, tewas setelah terjadinya
Speed Boat Nabrak Pohon, 16 Orang Dikabarkan Tewas
Speed Boat Nabrak Pohon, 16 Orang Dikabarkan Tewas
Senin, 18 Maret 2019 14:09 WIB
BANYUASIN - 16 Orang dikabarkan tewas di Tempat Kejadian Perkara (TKP), setelah Speed Boat dengan nama lambung Awet Muda menabrak
Polres Bangka Barat  Amankan 80 Ton Solar Ilegal Asal Muba, 10 Pelaku Turut Diamankan
Polres Bangka Barat Amankan 80 Ton Solar Ilegal Asal Muba, 10 Pelaku Turut Diamankan
Minggu, 17 Maret 2019 21:39 WIB
MUNTOK - Jajaran Polres Bangka Barat (Babar), pimpinan AKBP Firman Andreanto SIK, berhasil mengamankan 80 ton Bahan Bakar Minyak (BBM)