Polda Babel Ungkap 37 Kasus Kejahatan Selama Operasi Tertib Menumbing 2018


Polda Babel Ungkap 37 Kasus Kejahatan Selama Operasi Tertib Menumbing 2018

PANGKALPINANG - Polda Kepulauan Bangka Belitung dan jajarannya berhasil mengungkap sebanyak 37 kasus kejahatan selama Operasi Tertib Menumbing Tahun 2018 yang dimulai tanggal 30 November - 11 Desember 2018.

Kapolda Babel, Brigjend Pol Istiono mengatakan, Operasi Tertib Menumbing 2018 berlangsung selama 12 hari dengan melibatkan 353 personil dari Satuan Tugas (Satgas) Jajaran Polda Babel.

"Operasi Tertib Menumbing Tahun 2018 ini selama 12 hari yang dimulai tanggal 30 sampai 11 Desember dan Operasi Tertib Menumbing ini melibatkan lebih kurang sebanyak 353 personil terdiri dari Satgas Jajaran," kata Kapolda saat menggelar konferensi pers di Gedung Gazebo Polda Babel, Selasa (18/12).

Kapolda menambahkan, TO yang berhasil diungkap sebanyak 15 kasus dan Non TO sebanyak 22 kasus, Jadi dari total TO dan Non TO diungkap sebanyak 37 kasus.

"Target Operasi (TO) yang berhasil kita ungkap adalah sebanyak 15 kasus dengan jumlah jumlah tersangka sebanyak 17 orang, kemudian Non TO berhasil diungkap sebanyak 22 kasus dengan jumlah tersangka sebanyak 26 orang. Dari TO dan Non TO, yang diungkap sebanyak 37 kasus," ungkapnya.

Dari 37 kasus kejahatan yang berhasil diungkap, dijelaskan Kapolda, terdiri dari 26 kasus  pencurian dengan pemberatan (curat), 10 kasus curanmor, dan 1 kasus pencurian dengan kekerasan (curas) dengan beberapa barang bukti yang berhasil diamankan.

"Terdiri dari 26 kasus curat, 10 kasus curanmor, dan 1 kasus curas, kemudian barang bukti yang berhasil diamankan selama operasi antara lain 1 unit kendaraan roda empat, 18 unit kendaraan roda dua, 22 unit handphone, 3 unit tv, 2 unit laptop, 2 buah tabung gas 3 kg," paparnya.

"Kemudian 1 buah gardan mobil truk, 1 buah monitor komputer LG 14 inchi, 1 buah CPU merk Simbadda, 1 buah keyboard komputer, 1 unit mesin tempel Yamaha 40 PK, 1 buah mesin cuci, 1 buah kipas angin, 1 buah mesin diesel Wujin, 1 buah setrika, 1 unit pompa air, 2 buah selang, 2 pasang sepatu, dua buah tas, 125 voucher pulsa, obeng, 1 jam tangan, linggis, pisau dengan uang tunai sebanyak Rp. 2.080.000,-," sambungnya.

Lebih lanjut, Kapolda mengungkapkan, selama Operasi Tertib Menumbing 2018, yang paling menonjol adalah kasus curat dan curanmor, serta daerah yang paling rawan adalah Kota Pangkalpinang dengan 11 tersangka. 

"Ini yang paling menonjol adalah kasus curat 26 kasus dan 10 kasus curanmor, kita sudah ungkap di beberapa Polres, yang paling bahaya di Pangkalpinang dan tersangkanya yang paling banyak di Polres Pangkalpinang dengan 11 tersangka," jelasnya.

Dengan menetapkan para TO ini, dijelaskan Kapolda, dapat menekan angka kejahatan dan tidak hanya itu, pihaknya juga akan mengungkap dan mengejar para penadah barang-barang curian.

"Dengan Target Operasi yang sudah kita tetapkan, agar bisa kita tekan dan juga akan kita ungkap jaringannya termasuk penadahnya, jadi tidak pelaku-pelakunya saja, jadi akan kita kembangkan adalah para penadahnya," tegasnya. 

Dengan demikian, Kapolda berharap, dengan tertangkapnya para pelaku ini membuat suasana menjelang hari besar Natal dan Tahun Baru aman dari tindak kriminal. "Harapannya para pelaku-pelaku ini insyaf, dan Untuk Natal dan Tahun Baru ini aman setelah pelaku-pelaku TO ini ketangkap semua," pungkasnya. (mon)





Berikan Komentar

Kamtibmas Lainnya
Kejari Basel Blender Sabu Seharga Rp 1,5 Miliar
Kejari Basel Blender Sabu Seharga Rp 1,5 Miliar
Selasa, 16 April 2019 19:42 WIB
TOBOALI – Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka Selatan (Basel) didampingi Badan Narkotika Nasional (BNN), Dinas Kesehatan dan Polsek Toboali hari Jumat
KIP Krakatau Terbakar, Polisi Datangi TKP
KIP Krakatau Terbakar, Polisi Datangi TKP
Kamis, 11 April 2019 16:08 WIB
SUNGAILIAT - Kasubdit Pol Air Polda Babel, Kombes Pol M Zainul didampinggi Kapolres Bangka AKBP M Budi dan Kasat
Kapolda Tindak Tegas Pelaku Penista Agama, Tersangka Diancam Hukuman 6 Tahun Penjara
Kapolda Tindak Tegas Pelaku Penista Agama, Tersangka Diancam Hukuman 6 Tahun Penjara
Selasa, 09 April 2019 19:40 WIB
PANGKALPINANG - Kapolda Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Brigjen (Pol) Istiono menindak tegas pelaku penista agama yang saat ini menjadi
Tiga Terpidana Mamin Basel Setor Muka
Tiga Terpidana Mamin Basel Setor Muka
Senin, 08 April 2019 15:40 WIB
PANGKALPINANG - Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka Selatan (Basel), Rudi Apriansyah membacakan berkas dakwaan terhadap