Polda Babel Ungkap 37 Kasus Kejahatan Selama Operasi Tertib Menumbing 2018


Polda Babel Ungkap 37 Kasus Kejahatan Selama Operasi Tertib Menumbing 2018

PANGKALPINANG - Polda Kepulauan Bangka Belitung dan jajarannya berhasil mengungkap sebanyak 37 kasus kejahatan selama Operasi Tertib Menumbing Tahun 2018 yang dimulai tanggal 30 November - 11 Desember 2018.

Kapolda Babel, Brigjend Pol Istiono mengatakan, Operasi Tertib Menumbing 2018 berlangsung selama 12 hari dengan melibatkan 353 personil dari Satuan Tugas (Satgas) Jajaran Polda Babel.

"Operasi Tertib Menumbing Tahun 2018 ini selama 12 hari yang dimulai tanggal 30 sampai 11 Desember dan Operasi Tertib Menumbing ini melibatkan lebih kurang sebanyak 353 personil terdiri dari Satgas Jajaran," kata Kapolda saat menggelar konferensi pers di Gedung Gazebo Polda Babel, Selasa (18/12).

Kapolda menambahkan, TO yang berhasil diungkap sebanyak 15 kasus dan Non TO sebanyak 22 kasus, Jadi dari total TO dan Non TO diungkap sebanyak 37 kasus.

"Target Operasi (TO) yang berhasil kita ungkap adalah sebanyak 15 kasus dengan jumlah jumlah tersangka sebanyak 17 orang, kemudian Non TO berhasil diungkap sebanyak 22 kasus dengan jumlah tersangka sebanyak 26 orang. Dari TO dan Non TO, yang diungkap sebanyak 37 kasus," ungkapnya.

Dari 37 kasus kejahatan yang berhasil diungkap, dijelaskan Kapolda, terdiri dari 26 kasus  pencurian dengan pemberatan (curat), 10 kasus curanmor, dan 1 kasus pencurian dengan kekerasan (curas) dengan beberapa barang bukti yang berhasil diamankan.

"Terdiri dari 26 kasus curat, 10 kasus curanmor, dan 1 kasus curas, kemudian barang bukti yang berhasil diamankan selama operasi antara lain 1 unit kendaraan roda empat, 18 unit kendaraan roda dua, 22 unit handphone, 3 unit tv, 2 unit laptop, 2 buah tabung gas 3 kg," paparnya.

"Kemudian 1 buah gardan mobil truk, 1 buah monitor komputer LG 14 inchi, 1 buah CPU merk Simbadda, 1 buah keyboard komputer, 1 unit mesin tempel Yamaha 40 PK, 1 buah mesin cuci, 1 buah kipas angin, 1 buah mesin diesel Wujin, 1 buah setrika, 1 unit pompa air, 2 buah selang, 2 pasang sepatu, dua buah tas, 125 voucher pulsa, obeng, 1 jam tangan, linggis, pisau dengan uang tunai sebanyak Rp. 2.080.000,-," sambungnya.

Lebih lanjut, Kapolda mengungkapkan, selama Operasi Tertib Menumbing 2018, yang paling menonjol adalah kasus curat dan curanmor, serta daerah yang paling rawan adalah Kota Pangkalpinang dengan 11 tersangka. 

"Ini yang paling menonjol adalah kasus curat 26 kasus dan 10 kasus curanmor, kita sudah ungkap di beberapa Polres, yang paling bahaya di Pangkalpinang dan tersangkanya yang paling banyak di Polres Pangkalpinang dengan 11 tersangka," jelasnya.

Dengan menetapkan para TO ini, dijelaskan Kapolda, dapat menekan angka kejahatan dan tidak hanya itu, pihaknya juga akan mengungkap dan mengejar para penadah barang-barang curian.

"Dengan Target Operasi yang sudah kita tetapkan, agar bisa kita tekan dan juga akan kita ungkap jaringannya termasuk penadahnya, jadi tidak pelaku-pelakunya saja, jadi akan kita kembangkan adalah para penadahnya," tegasnya. 

Dengan demikian, Kapolda berharap, dengan tertangkapnya para pelaku ini membuat suasana menjelang hari besar Natal dan Tahun Baru aman dari tindak kriminal. "Harapannya para pelaku-pelaku ini insyaf, dan Untuk Natal dan Tahun Baru ini aman setelah pelaku-pelaku TO ini ketangkap semua," pungkasnya. (mon)





Berikan Komentar

Kamtibmas Lainnya
Oknum Polisi Berpangkat Brigpol Dipecat, Tersandung Kasus Narkoba dan Perselingkuhan
Oknum Polisi Berpangkat Brigpol Dipecat, Tersandung Kasus Narkoba dan Perselingkuhan
Senin, 21 Januari 2019 20:54 WIB
MUNTOK - Oknum anggota Polres Bangka Barat (Babar), berpangkat Brigadir Polisi (Brigpol), berinisial AF, di Berhentikan Dengan Tidak Hormat, terkait
Tim Opsnal II Jatantras Polda Babel Ringkus Dua Residivis Curat, Modus Congkel Jendela Rumah
Tim Opsnal II Jatantras Polda Babel Ringkus Dua Residivis Curat, Modus Congkel Jendela Rumah
Minggu, 13 Januari 2019 18:35 WIB
PANGKALPINANG - Dua residivis NV (20) dan SB (25) yang merupakan pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) berhasil diringkus Tim Opsnal
Bikin Resah, Empat Nelayan Basel Diancam Dua Pria Bersebo Dengan Senjata Api
Bikin Resah, Empat Nelayan Basel Diancam Dua Pria Bersebo Dengan Senjata Api
Minggu, 13 Januari 2019 17:45 WIB
TOBOALI - Pengancaman kepada 4 nelayan Toboali yang tergabung dalam nelayan Batu Perahu yang sedang mencari ikan terjadi pada Sabtu(12/1),
Masyarakat Apresiasi Manfaat Program JBB Polsek Sungaiselan
Masyarakat Apresiasi Manfaat Program JBB Polsek Sungaiselan
Jum'at, 11 Januari 2019 20:17 WIB
SUNGAISELAN - Polsek Sungaiselan Kembali menjalankan program unggulannya pada setiap hari Jumat, yaitu program JBB (Jumat Berkah Berbagi) kepada warga