Dua Pelaku Pembobol Kantor Kejari Babar Diringkus, Ini Barang Bukti yang Disita Polisi


Dua Pelaku Pembobol Kantor Kejari Babar Diringkus,  Ini Barang Bukti yang Disita Polisi

MUNTOK - Dua pelaku pembobol kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka Barat (Babar), yakni Suryanto (29) warga Rambat Kecamatan Simpang Teritip yang tinggal di Daya Baru, Desa Belo Laut dan Nurwahid (40) warga Air Belo, Kecamatan Muntok, berhasil diringkus jajaran anggota Polres Babar, Minggu (1/12), saat keduanya sedang nyantai dirumah.

Kapolres Babar, AKBP Firman Andreanto SIk melalui Kabag Ops Andi Haloho dalam konfrensi Pers, hasil Operasi Tertib Menumbing 2018 Kamis (13/12), menjelaskan kronologis kejadian hingga tertangkapnya kedua pelaku. Dari keterangan Andi, sebelumnya polisi mendapatkan laporan dari pihak Kejari Babar jika telah terjadi tindak pencurian dikantor Kejari Babar pada Sabtu (1/12), sekitar pukul 16.00 WIB.

Dari informasi pelapor, sebelum kejadian pelapor sempat melihat ada seorang laki laki masuk ke dalam halaman kantor Kejari tepatnya di halaman barang bukti. Merasa heran, pelapor kemudian menayakan ada keperluan apa dan di jawab orang tersebut mau mengambil kayu kemudian datanglah satpam, ketika satpam tadi datang pria tersebut langsung kabur. Setelah di lakukan pengecekan oleh satpam diketahuilah bahwa mesin mobil truk Dyna warna merah sebelumnya ada di mobil tersebut sudah hilang.

Tim Operasi Tatib Menumbing 2018, yang mendapatkan laporan tersebut langsung melakukan Olah TKP, setelah mendapatkan ciri-ciri pelaku, polisi langsung melakukan pegejaran. 

"Setelah mendapat informasi tersebut dan melakukan penyelidikan, Tim Operasi Tertib Menumbing langsung melakukan penangkapan terhadap seseorang yang di curigai tersebut atas nama Suryanto. Suryanto diamankan saat berada dirumahnya Dusun Daya Baru, Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok." ujar Andi.

Setelah dilakukan pemeriksaan, dari tangan pelaku, tim berhasil mendapatkan barang bukti dan pelaku mengakui jika dirinya melakukan pencurian bersama rekannya atas nama Wahid. Tak menunggu waktu lama, polisi langsung melakukan pengejaran terhadap Wahid di Desa Air Belo, Muntok, sekitar pukul 00.30 WIB akhirnya tim berhasil membekuk Wahid.

" Dari hasil penangkapan, tim berhasil mengamankan barang berupa  1 unit Mobil Avanza warna silver Nopol  BN 2557 LD, 1 unti Sepeda Motor merk Vega R warna Silver, 1 buah mesin Gardan mobil Truck, 1 set alat las belander, 1 buah tabung gas oxygen, 1 buah tabung gas 20Kg, 1 set kunci shock, 1 buah kunci ring ukuran 12,13,19,24, 1 buah gergaji besi, 1 buah gergaji kayu, 1 buah penyandang kabin mobil, 3 buah pengunci kabin mobil, 2 buah as payung mobil, 1 buah tuas gigi mobil, 1 buah as panjang mobil, 1 buah as kepala kabin mobil, 1 buah pipa filter mobil, 1 buah saringan udara mobil, 1 buah dongkrak mobil, dan 1 buah tang,"tegas Andi.


Sementara itu, Kasi Barang Bukti Kejaksaan Negeri Bangka Barat, M Arif membenarkan kejadian tersebut.  "Memang benar ada pencurian terhadap barang bukti di Kejaksaan. Pelakunya sudah ditangkap, karena ada barang bukti berupa handphone milik tersangka, alat potong dan lain - lain ketinggalan, jadi dalam waktu masih hari itu juga, Polisi sudah berhasil menangkap pelaku. Sementara, tersangka ada dua orang, diduga pelakunya ada tiga cuman yang satunya belum tertangkap" ungkap Arif ketika ditemui awak media, Kamis (13/12) siang di kantor Kejari Babar.

Ketika ditanya adakah keterlibatan orang dalam, M Arif mengatakan pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan dari kepolisian dan kalau memang ada, ia mengungkapkan akan diberikan hukuman berat.

"Untuk keterlibatan orang dalam untuk saat ini masih kita telusuri. Nanti kita akan tahu dari hasil pemeriksaan dari Polisi. Nanti kan ada tahap dua. Kalau memang ada keterlibatan orang dalam, itu nggak ada ampun," tegasnya.

"Kita pokoknya masih menyerahkan proses tersebut di Polisi secara profesional. Saya yakin Polisi bisa menyelesaikan," tambahnya.(cr14)




 




Banner

Berikan Komentar

Kamtibmas Lainnya
4 Fakta Baru Kasus John Kei, yang Terakhir Bikin Merinding
4 Fakta Baru Kasus John Kei, yang Terakhir Bikin Merinding
Selasa, 07 Juli 2020 11:35 WIB
JAKARTA - Tercatat ada 69 adegan dalam rekonstruksi kasus penyerangan oleh kelompok John Kei terhadap Nus Kei, yang digelar penyidik
Bejat! 3 Kali Anak Tuna Wicara Dinodai AC Hingga Hamil
Bejat! 3 Kali Anak Tuna Wicara Dinodai AC Hingga Hamil
Rabu, 24 Juni 2020 14:29 WIB
TOBOALI - Insial AC (37), warga Jalan Damai Kelurahan Tanjung Ketapang, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) dibekuk Unit Perlindungan
"Coba Setubuhi" Istri Tetangga, AK Dicekok Polsek Airgegas
"Coba Setubuhi" Istri Tetangga, AK Dicekok Polsek Airgegas
Senin, 22 Juni 2020 21:29 WIB
AIRGEGAS - Nafsu melihat istri tetangga sendiri membuat pemuda inisial AK (25), warga Desa Airgegas, Kecamatan Airgegas, Kabupaten Bangka Selatan
Polisi Ungkap Pemicu Perusakan di Green Lake City Oleh Kelompok John Kei
Polisi Ungkap Pemicu Perusakan di Green Lake City Oleh Kelompok John Kei
Senin, 22 Juni 2020 13:36 WIB
JAKARTA - Wakapolres Metro Tangerang AKBP Yudhistura Midyahwan membeberkan apa yang menjadi pemicu perusakan rumah Nus Kei di Green Lake