Oknum Guru Cabul Divonis 7 Tahun Penjara


Oknum Guru Cabul Divonis 7 Tahun Penjara

TOBOALI – Oknum guru WP (30) divonis 7 tahun penjara, denda Rp1miliar lantaran melakukan perbuatan asusika terhadap anak dibawah umur RN (15) berdasarkan dari Pengadilan Negeri Sungailiat melalui putusan nomor: 380/Pid.Sus/2017/PN.Slg tanggal 23 Oktober 2017. Hal tersebut disampaikan Kasi Pidum Kejari Basel Dwi Nanda Saputra,SH, MH.

Dalam putusan terdakwa dianggap bersalah melanggar pidana dalam Pasal 82 ayat (1) UU RI No 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Sesuai tuntutan Jaksa dan putusan terdakwa dijerat dengan pidana penjara selama 7 tahun denda sebesar Rp 1 miliar.

“Hal ini tnetu kita sangat sayangkan karna tenaga pendidik sampai melakukan hal demikian dan harusnya menjadi panutan.Kedepan saya sarankan agar diadakan psikotes kejiwaan secara rutin kepada pendidik, baik yang lama maupun yang akan direkrut untuk melihat kejiwaan guru agar hal serupa tidak terjadi lagi dan lebih termonitor,” ujar Kasi Pidum Kejari Basel Dwi Nanda Saputra kepada wartawan, Rabu (4/4).

Terpisah, Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Basel Sumadi dikonfirmasi Radar Bangka menegaskan pihaknya memberikan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Yang pasti ada saksinya setelah menerima putusan ikrah putusan tersebut secara tertulis karna sejak Januari 2018 sampai sekarang kami belum ada menerimnya.Saksinya berlaku termasuk sanksi pemecatan kalau memang sudah sesuai dengan aturan yang ada,” tegas Sumadi.

Seperti diketahui, jajaran Polres Basel membekuk seorang oknum guru berinisial WP karena diduga telah melakukan persetubuhan dan pencabulan kepada korban Rn (15), siswi SMP di Toboali. Oknum guru cabul tersebut ditangkap setelah korban bersama keluarganya melaporkan kasus yang dialami Rn ke kantor polisi, Rabu (1/3/2016) lalu.

Setelah mendapat laporan tersebut, tim Polres Basel menyelidiki keberadaan pelaku. Tersangka pencabulan dan persetubuhan Wp ketika dilakukan pemeriksaan oleh penyidik Polres Basel.Setelah informasi lengkap, petugas berhasil membekuk tersangka tanpa perlawanan saat sedang berada di rumah orangtuanya di Kelurahan Teladan, Toboali.

Selanjutnya pelaku beserta 2 unit handphone milik pelaku 1 unit HP merk Advan tab warna putih dan 1 unit HP merk Nokia warna hitam dibawa ke Mapolres Basel guna dilakukan Penyidikan lebih lanjut, dikarenakan Pelaku sempat mengancam korban akan menyebarkan foto vulgar milik korban menggunakan jasa media sosial.

Setelah melakukan pencabulan Wp juga sempat memberikan uang sebesar Rp 100 ribu, sambil mengatakan itu untuk belanja. Kemudian diambil korban lalu pulang ke rumahnya menggunakan sepeda motor.Dari hasilan laporan korban RN (15) terungkap bahwa tersangka sudah melakukan dua kali pencabulan dan satu kali persetubuhan terhadap korban yang masih di bawah umur ini. (bim)





Berikan Komentar

Kamtibmas Lainnya
Pelaku Penikaman Serahkan Diri ke Polsek Sungaiselan
Pelaku Penikaman Serahkan Diri ke Polsek Sungaiselan
Rabu, 16 Oktober 2019 20:00 WIB
SUNGAISELAN - Buntut dari cekcok mulut berujung penikaman dengan sebilah sajam oleh pelaku Arsyad alias Bujang kepada korbannya Gusti Randa
Polsek Koba Amankan Truk Bermuatan Scrap PT Koba Tin
Polsek Koba Amankan Truk Bermuatan Scrap PT Koba Tin
Rabu, 16 Oktober 2019 12:15 WIB
KOBA - Polsek Koba lakukan pengamanan truk berplat BN 8700 TR bermuatan kisaran enam ton besi scrap dari eks komplek
Brakk...!Laka Lantas Didepan Tugu Burung Kelapa, Avanza Putih Ringsek Dihajar Carry Pik Up
Brakk...!Laka Lantas Didepan Tugu Burung Kelapa, Avanza Putih Ringsek Dihajar Carry Pik Up
Senin, 14 Oktober 2019 09:44 WIB
MUNTOK - Kejadian laka lantas di depan tugu burung Kelurahan Kelapa Kecamatam Kelapa Kabupaten Bangka Barat, pada Minggu (13/10) kemarin
Bandar Sabu Diringkus, 1,8 Kg Sabu Turut Disita
Bandar Sabu Diringkus, 1,8 Kg Sabu Turut Disita
Minggu, 13 Oktober 2019 15:02 WIB
PANGKALPINANG - Zainudin Abidin alias Nanda alias Bebek, warga Jalan Ratna RT 001, RW 001 Kelurahan Pasir Putih Kecamatan