Kapolda Terjunkan Tim Krimsus Tindak Penambang Batu Atap, Penambang Kabur, PC Disembuyikan


 Kapolda Terjunkan Tim Krimsus Tindak Penambang Batu Atap, Penambang Kabur, PC Disembuyikan

BELINYU - Salut buat Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Bangka Belitung Brigjen Pol Syaiful Zachri memperintahkan langsung  anggota Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Babel untuk melakulan penindakan secara langsung penambangan Hutan Lindung (HL) Pantai Batu Atap Desa Pelaben kecamatan Belinyu kabupaten Bangka, Senin (09/10) pukul 16.00 WIB.

Penindakan itu dipimpin langsung Kanit II Subdit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Polda Babel Kompol Candra Kurnia Setiawan SIk dan belasan personilnya langsung mendatangi lokasi dengan membawa senjata laras lanjang P2 dan laras pendek.

Namun sayangnya, dalam penindakan itu tidak ditemukan alat berat atau ekscavator yang sebelumnya marak di lokasi penambangan tersebut. Diduga ekscavator tersebut sudah lebih dahulu disembuyikan sebelum polisi datang. Bukan hanya penambang Batu Atap, dua alat berat merk Hitachi juga ikut tidak beroperasi.

Kapolda Babel Brigjen Pol Syaiful Zachri mengatakan pihaknya sudah turun ke lapangan untuk menindaklanjuti penambang hutan lindung seperti yang diberitakan media Radar Bangka. 

"Kita sudah ke lapangan dan menindaklanjuti informasi dari rekan wartawan. Namun saat ke lapangan tidak ditemukan adanya kegiatan penambangan," kata Kapolda.

Selain itu, kata Kapolda, dari laporan anggota di lapangan bahwa tidak ada kegiatan penambangan dengan alat berat di kawasan hutan lindung (HL) Batu Atap, penambangan hanya dilakukan oleh masyarakat.

"Tidak ada penambangan di lokasi dan hanya ada masyarakat saja. Anggota kita juga melaporkan ke saya sudah melakukan secara persuasif membubarkan dan memberikan arahan kepada masyarakat agar tidak lagi menambang di kawasan HL batu atap," ucapnya.

Ditambakan Kapolda, bila dikemudian hari ditemukan penambangan di lokasi tersebut maka pihaknya akan bertindak secara tegas dan menyelidiki siapa aktor dalang dari penambangan tersebut.

"Kalau masih kerja di wilayah Hutan Lindung (HL) lagi akan kita tangkap pelakunya. Bukan hanya Batu Atap, di lokasi lain pun tidak boleh ada kegiatan penambangan Hutan Lindung," tegasnya. 

Nah bagi para penambang atau pemilik modal yang masih berani membabat hutan lindung silahkan dicoba tantangan Kapolda. (Cr8)





Berikan Komentar

Kamtibmas Lainnya
Beli Ikan Patin Di Warung Makan, Eh Malah Curi Handphone
Beli Ikan Patin Di Warung Makan, Eh Malah Curi Handphone
Selasa, 25 Februari 2020 16:25 WIB
TOBOALI – Jajaran Polsek Toboali berhasil membekuk seorang tersangka pencurian handphone di warung makan Pecel Lele di Jalan Sudirman Kecamatan
Cegah Radikalisme, Wakapolres Lakukan Giatkan Subuh BerJamaah
Cegah Radikalisme, Wakapolres Lakukan Giatkan Subuh BerJamaah
Rabu, 19 Februari 2020 16:34 WIB
TOBOALI - Wakapolres Bangka Selatan (Basel), Kompol Sarwo Edi Wibobo bersama anggota melaksanakan silahturahmi sholat subuh berjamaah dari Mesjid ke
DPO Pelaku Pengeroyokan Nasi Goreng Cukim Ditangkap
DPO Pelaku Pengeroyokan Nasi Goreng Cukim Ditangkap
Senin, 17 Februari 2020 07:02 WIB
TOBOALI - Tim Opsnal Polsek Toboali berhasil mengamankan ZK alias Acit (35), seorang DPO kasus penganiyaan pedagang nasi goreng, Ahmad
Gauli Anak Tirinya, Ed Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara
Gauli Anak Tirinya, Ed Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara
Sabtu, 15 Februari 2020 09:33 WIB
TOBOALI - Ed (39) warga Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) akhirnya harus mempertanggungjawabkan perbuatan bejatnya terhadap anak dibawah umur berinisial