Kasihan Najwa Shihab, Rizaldi Kurang Ajar!


Kasihan Najwa Shihab, Rizaldi Kurang Ajar!

   JAKARTA - Menyebar kabar miring soal Najwa Shihab di media sosial, beberapa hari terakhir. Sumbernya sebuah akun Facebook bernama Rizaldi Agung yang membagikan sebuah tautan berisi berita tersebarnya foto presenter 39 tahun itu “berbusana tak lengkap”.

Tak banyak kata yang diumbar Rizaldi ketika membagikan tautan tersebut. Dia hanya menuliskan ’’Wkwk gak nyangka bgt’’.

Ironisnya, banyak yang menganggap tautan itu benar. Sampai-sampai tautan itu disebar lagi hingga 219 kali. Disukai 766 orang. Juga, dikomentari 227 facebooker.

Kebanyakan komentar menyudutkan Najwa. Mereka yang berkomentar miring mungkin tak sadar bahwa mereka sedang ditipu.

Wajar memang jika mereka tak sadar. Sebab, tautan itu dibuat seolah-olah berasal dari berita di okezone.com (MNC Group).

Ketika tautan tersebut diklik, Anda tidak akan menemukan halaman portal berita Okezone. Sebab, tautan itu mengarah pada laman http://facebook-redirect-info.blogspot.com/2017/06/navigator_28.html.

Alamat tersebut sebenarnya merupakan sebuah halaman blog. Tapi, oleh pelaku disamarkan seolah-olah portal berita teknologi, inet-detik.com. Di kalangan bloger, teknik itu biasa disebut iframe.

Laman portal inet-detik.com palsu itu tak akan tampil lama. Beberapa detik kemudian akan muncul pop-up berisi pemberitahuan pemenang hadiah.
Isinya, ’’Pemberitahuan Khusus! Wow, anda pengunjung HOKI ke-48 hari ini. Selamat anda mendapatkan Rp 300.000,- Voucher Pulsa GRATIS dari DETIK.com. Untuk menerima KODE Voucher GRATIS nya, WAJIB instal aplikasi Cashtree, cuma 3 mb!’’.

Setelah membuka aplikasi, otomatis Anda akan menerima SMS berisi ’’KODE Voucher Rp 300.000,- Bisa isi Pulsa ALL Operator. SEGERA INSTAL ! Hangus dalam 15 mnt. Tekan OKE/TEMUKAN, Buka Play Store >> Ada pertanyaan ? Kontak Kami melalui email tanya@detik.com, Tidak ke pihak Cashtree. Presented by DETIK.com TRANS Media, inc. 2017 Indonesia’’.

Dalam beberapa detik, pop-up pemberitahuan pemenang hadiah itu akan hilang. Anda akan dibawa ke halaman instalasi aplikasi Cashtree di Google PlayStore.

Bagaimana? Kurang ajar bukan si pembuat pesan dan si penyebar seperti Rizaldi? Mereka tak hanya menyebarkan hoax tentang Najwa Shibab, tapi juga mencatut nama dua portal berita.

Selain itu, pelaku menipu Anda agar menginstal aplikasi Cashtree. Anda tertipu dan pelaku untung karena dapat uang dari program afiliasi penjualan aplikasi.

Sosok Rizaldi pun tidak jelas. Dalam akun Facebook-nya tidak termuat informasi pribadi. Yang pasti, Rizaldi membagikan tautan soal Najwa Shibab itu di Facebook page berjudul ’’Bukan Beranda JKW-Ahok’’.

Jadi, yang mungkin bisa ditebak hanya motif menyebarkan informasi hoax itu. Mungkin Rizaldi merupakan bagian dari makhluk yang belum bisa move on dari sengkarut perhelatan pilkada DKI beberapa bulan lalu. (gun/eko/c19/fat)




Banner

Berikan Komentar

Kamtibmas Lainnya
4 Fakta Baru Kasus John Kei, yang Terakhir Bikin Merinding
4 Fakta Baru Kasus John Kei, yang Terakhir Bikin Merinding
Selasa, 07 Juli 2020 11:35 WIB
JAKARTA - Tercatat ada 69 adegan dalam rekonstruksi kasus penyerangan oleh kelompok John Kei terhadap Nus Kei, yang digelar penyidik
Bejat! 3 Kali Anak Tuna Wicara Dinodai AC Hingga Hamil
Bejat! 3 Kali Anak Tuna Wicara Dinodai AC Hingga Hamil
Rabu, 24 Juni 2020 14:29 WIB
TOBOALI - Insial AC (37), warga Jalan Damai Kelurahan Tanjung Ketapang, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) dibekuk Unit Perlindungan
"Coba Setubuhi" Istri Tetangga, AK Dicekok Polsek Airgegas
"Coba Setubuhi" Istri Tetangga, AK Dicekok Polsek Airgegas
Senin, 22 Juni 2020 21:29 WIB
AIRGEGAS - Nafsu melihat istri tetangga sendiri membuat pemuda inisial AK (25), warga Desa Airgegas, Kecamatan Airgegas, Kabupaten Bangka Selatan
Polisi Ungkap Pemicu Perusakan di Green Lake City Oleh Kelompok John Kei
Polisi Ungkap Pemicu Perusakan di Green Lake City Oleh Kelompok John Kei
Senin, 22 Juni 2020 13:36 WIB
JAKARTA - Wakapolres Metro Tangerang AKBP Yudhistura Midyahwan membeberkan apa yang menjadi pemicu perusakan rumah Nus Kei di Green Lake