7 Pekerja TI Rujuk Diamankan


7 Pekerja TI Rujuk Diamankan

PANGKALANBARU - Kepolisian Sektor Pangkalanbaru kembali melakukan penertiban terhadap aktivitas Tambang Inkonvensional (TI) Rajuk di dekat Bandara Depati Amir kecamatan Pangkalanbaru. Selasa (11/7), sekitar pukul 10.00 WIB.

Berawal dari laporan masyarakat tentang adanya aktivitas tambang, Tim Gabungan Polsek Pangkalanbaru yang dipimpin langsung oleh AKP M. Salahudin Manurung langsung bergerak menuju lokasi.

"Penertiban Aktivitas kali ini kami lakukan di kecamatan Pangkalanbaru tepatnya di dekat Bandara Depati Amir Pangkalpinang."ujar  Kapolsek Pangkalanbaru AKP M. Salahudin Manurung.

Ia mengatakan, dalam penertiban tersebut pihaknya berhasil mengamankan  2 mesin TI dan 7 orang pekerja Tambang. Ketujuh orang tersebut sudah dibawa ke Polres Pangkalpinang untuk dimintai keterangan guna penyelidikan lebih lanjut.

Menurutnya, penertiban tersebut dikarenakan pangkalpinang memang tidak mempunyai wilayah pertambangan sesuai dengan peraturan daerah nomor 1 tahun 2012, yang menyebutkan kota Pangkalpinang tidak ada wilayah pertambangan.

"Wilayah Pangkalpinang tidak ada areal tambang, sesuai dengan peraturan daerah pangkalpinang. Kecuali ada kebijakan tertentu seperti inklap atau pembebasan lahan yang memperbolehkan areal tersebut dijadikan wilayah pertambangan." Ungkapnya.

Salah satu pekerja tambang yang diamankan mengatakan keberadaannya ditambang hanya untuk mengambil sisa - sisa mineral biji timah dari tambang tersebut.

"Tidak tahu siapa yang punya, tadi saya hanya ngelimbang dan juga saya baru disini. Belum ada sebulan." Ucap salah satu pekerja yang enggan disebut namanya tersebut.

Penertiban TI akan terus dilakukan apabila pihak Kepolisian masih menemukan aktivitasnya di wilayah kota Pangkalpinang. Untuk para pelanggar pasti akan ditindak tegas agar tidak ada lagi yang beroperasi secara ilegal.(cr5)





Berikan Komentar

Kamtibmas Lainnya
Polres Bateng Gelar Konferensi Pers Kasus Pembunuhan Mantan Menantu
Polres Bateng Gelar Konferensi Pers Kasus Pembunuhan Mantan Menantu
Jum'at, 05 Maret 2021 19:20 WIB
KOBA - Polres Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melaksanakan Konferensi Pers sehubungan dengan tindak pidana pembunuhan yang terjadi di Desa Sungaiselan
 Mantap, Kasat lantas Basel Antarkan SIM Sampai ke Pulau
Mantap, Kasat lantas Basel Antarkan SIM Sampai ke Pulau
Rabu, 03 Maret 2021 20:04 WIB
TOBOALI – Dipimpin langsung Kasat Lantas Polres Bangka Selatan (Basel), IPTU Jean Alvin Sinulingga, S.IK, M.SI mengerahkan personel untuk mengantarkan
Memahami Bahaya Covid-19 Bhabinkamtibmas Desa Bakit Bagikan Masker Kepada Masyarakat
Memahami Bahaya Covid-19 Bhabinkamtibmas Desa Bakit Bagikan Masker Kepada Masyarakat
Selasa, 23 Februari 2021 13:46 WIB
MUNTOK -Bhabinkamtibmas Desa Bakit Kecamatan Parittiga memberikan himbauan kepada warga agar warga selalu menggunakan masker
 Ditertibkan, TI Illegal Kenari, Marbuk dan Punguk “MEMBANGKANG”
Ditertibkan, TI Illegal Kenari, Marbuk dan Punguk “MEMBANGKANG”
Kamis, 18 Februari 2021 19:16 WIB
KOBA – Polres Bangka Tengah (Bateng) menertibkan tambang illegal yang beroperasi di diwilayah Kenari, Marbuk dan Pungguk Kecamatan Koba, Kamis