Ada 7 Kasus Homo di Belitung


Ada 7 Kasus Homo di Belitung

    TANJUNGPANDAN - Fenomena kelainan seks yaitu penyuka sesama lelaki yang sedang menjadi viral belakangan ternyata tidak hanya terjadi di kota-kota besar saja. Kasus penyuka sesama jenis yang lebih familiar disebut gay ini ditemukan di Belitung.

    Setidaknya ditemukan sebanyak 7 kasus homo sepanjang 2016. Demikian diungkapkan Kepala Dinas (Kadinkes) Kabupaten Belitung Dr Suhandri pada Belitong Ekspres, Selasa (30/5) kemarin. Ia mengatakan, untuk mendeteksi keberadaan homo ini cukup sulit. Pasalnya, mereka sangat tertutup dan secara fisik seperti pria normal pada umumnya.

     Kata Suhendri, untuk mencegah dan mengatasi hal tersebut, Dinkes terus berupaya memberikan tindakan pencegahan dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat akan bahaya dan resiko terhadap perilaku  abnormal tersebut.

    "Perlu kerjasama antar lintas sektor untuk menaggulangi masalah ini terutama dalam melakukan pendekatan agar mereka bisa kembali kepada kehidupan yang normal," katanya.

    Sementara itu Kasi Data dan Informasi Dinas Kesehatan Yulia menambahkan, homo ini sangat sulit terdeteksi karena mereka sangat tertutup. Berbeda halnya dengan waria yang bisa dilihat secara mata baik secara fisik maupun tingkah lakunya. 

    "Data yang tercatat sampai bulan April pada tahun ini tidak ditemukan adanya kasus LSL (Lelaki Suka Lekaki,red), lantas pada tahun sebelumnya secara akumulasi ditemukan sebanyak 7 kasus LSL," ucapnya.

    Menurut Yulia, gay merupakan efek dari tindakan yang tidak wajar yang mereka rasakan sewaktu masih kecil dulu. Sehingga, perilaku yang menyimpang tersebut berdampak saat mereka dewasa. Yulia mengungkapkan, dirinya merasa miris dengan adanya Grup homo dan LGBT di media sosial facebook belitung yang menawarkan jasa yang tak lazim. Tentunya, hal tersebut harus didalami lebih jauh sehingga tidak merusak para generasi muda kedepanya. 

     Ditambahkan Yulia, untuk kasus HIV positif sendiri sampai April berjumlah 4 kasus. Sedangkan, pada tahun 2016 total keseluruhan terdapat 23 kasus HIV positif. "Saya lihat ada tren penurunan untuk kasus HIV/AIDS. Semoga dengan adanya perda penanggulangan HIV/AIDS nantinya dapat menuju zerro HIV/AIDS," pungkasnya. (rez)





Berikan Komentar

Kamtibmas Lainnya
Saat Pesta Sabu Dikamar Penginapan Febrizal dan Kekasihnya Dicekok Polisi
Saat Pesta Sabu Dikamar Penginapan Febrizal dan Kekasihnya Dicekok Polisi
Rabu, 18 September 2019 18:46 WIB
MUNTOK -- Satuan Reskrim Narkoba Polres Bangka Barat menggerebek dua orang laki-laki satu perempuan saat berpesta sabu di salah satu
Penambang TI Ilegal Terus Membandel, Masyarakat Nelayan Desa Bebura Lapor Ke DPRD Babel
Penambang TI Ilegal Terus Membandel, Masyarakat Nelayan Desa Bebura Lapor Ke DPRD Babel
Rabu, 18 September 2019 17:59 WIB
PANGKALPINANG - Masyarakat Desa Bebura, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka mendatangi Gedung DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terkait penolakan aktivitas
Polres Babar Amankan Pengedar Ganja
Polres Babar Amankan Pengedar Ganja
Jum'at, 13 September 2019 11:55 WIB
MUNTOK - Satuan Narkoba Polres Bangka Barat mengamankan Bayu (26) tahun warga Kampung Jawa Baru RT/RW 001/002 Kelurahan Sungai Baru
Polsek Airgegas Ringkus 2 Pelaku Curat
Polsek Airgegas Ringkus 2 Pelaku Curat
Minggu, 08 September 2019 21:03 WIB
TOBOALI - Jajaran Polsek Airgegas meringkus 2 warga pendatang asal Desa Selapan, Ogan Kemering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel), Cha