2012, Dua PLTU Beroperasi


2012, Dua PLTU Beroperasi

BELITUNG (radarbangka.co.id) - PT PLN pada 2012 mendatang sudah tidak lagi menggunakan bahan bakar minyak untuk menggerakkan pembangkit yang memasok kebutuhan listrik di wilayah Bangka Belitung. Sebab, PLN akan segera mengoperasikan dua unit pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Bangka berkapasitas 2x30 Megawatt dan PLTU Belitung 16,5 MW yang merupakan bagian dari proyek pembangkit 10.000 MW tahap I.

"Tahun depan untuk memenuhi kebutuhan listrik pelanggan, PLN wilayah Babel tak lagi mengandalkan pembangkit berbahan bakar minyak. Dua unit PLTU dengan total 76,5 MW yang dibangun di Bangka dan Belitung akan beroperasi," kata Direktur Operasi Indonesia Barat PT PLN, Harry Jaya Pahlawan, Jumat (17/6).

Dengan beroperasinya pembangkit berbahan bakar batubara, kata Harry, maka PLN bakal melakukan penghematan yang cukup besar. Sebab, biaya operasi pembangkit menjadi lebih murah dibandingkan bahan bakar minyak.

"Saat ini total kebutuhan pasokan listrik wilayah Babel mencapai 29 MW, seluruhnya menggunakan minyak. Bayangkan saja jika ini diganti dengan batubara yang jauh lebih murah operasionalnya," ungkap Harry.

Menurutnya, pembangkit berbahan bakar batubara itu tak hanya untuk mencukupi listrik di pulau utama di Babel, tetapi juga akan dialirkan melalui kabel bawah laut ke pulau-pulau kecil yang berada di wilayah Provinsi Babel. "Pokoknya seluruh pembangkit yang masih menggunakan BBM akan kita ganti dengan batubara. Pada saat PLTU beroperasi, tidak hanya di Bangka dan Belitung, tapi juga di pulau-pulau kecil," terang  Harry.(yud/jpnn)



Berikan Komentar

Belitong Lainnya
Mega Proyek Prasarana Air Baku Gunung Mentas Menuai Sorotan
Mega Proyek Prasarana Air Baku Gunung Mentas Menuai Sorotan
Jum'at, 19 Juli 2019 18:58 WIB
BELITUNG – Mega proyek prasarana Air Baku Gunung Mentas (Embung), di Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Provinsi  Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ambruk.
Kejari Dalami Proyek Tipikor di Lingkungan Pemkab Belitong
Kejari Dalami Proyek Tipikor di Lingkungan Pemkab Belitong
Selasa, 09 Juli 2019 01:22 WIB
BELITONG - Kejari Belitung sedang mendalami dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) di lingkungan Pemkab Belitung.
Forwaka Diharapkan Menjadi Penyeimbang Berita Kejaksaan
Forwaka Diharapkan Menjadi Penyeimbang Berita Kejaksaan
Senin, 08 Juli 2019 14:08 WIB
BELITUNG - Forum Komunikasi Wartawan Kejaksaan (Forwaka) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali melanjutkan kunjungan silahturahmi ke Kejaksaan Negeri Belitong, Senin
Tandatangani Komitmen Akselerasi SP4N, Pemda se Babel Siap Berikan Layanan Prima
Tandatangani Komitmen Akselerasi SP4N, Pemda se Babel Siap Berikan Layanan Prima
Jum'at, 24 Mei 2019 15:41 WIB
BELITUNG - Ombudsman RI bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota se Bangka Belitung melakukan Penandatanganan Komitmen Bersama dan Sosialisasi Akselerasi Pengelolaan