Satgas Gugus Covid-19 Belitung Rilis Hasil SWAB PCR 14 Pasien Dengan Hasil Negatif


Satgas Gugus Covid-19 Belitung Rilis Hasil SWAB PCR 14 Pasien Dengan Hasil Negatif

BELITUNG -- Hasil Swab PCR 14 orang pasien yang di kirim Rumah Sakit rujukan Covid-19 di Pulau Belitung ke Puslitbangkes Biomedis dan Tekhnologi Dasar Kesehatan Kemenkes, pada 20 April 2020 lalu, menunjukan 14 pasien tersebut Negatif.

14 pasien tersebut, saat ini sedang menjalani perawatan di ruang isolasi pasien 034, 440, dan 138. Dengan keluarnya hasil 20 spesimen milik 14 pasien tersebut, sampai hari ini Kamis (23/4) jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Belitung tetap berjumlah 4 pasien, 1 pasien sudah dinyatakan sembuh oleh pihak RSUD dr H Marsidi Judono Kabupaten Belitung.

Informasi yang berhasil diterima Radar Bangka Online melalui rilis pihak RSUD dr H Marsidi Judono Kabupaten Belitung, saat ini RSUD dr H Marsidi Judono sedang mengisolasi 15 pasien terkait Covid-19. 3 pasien positif, 6 pasien PDP, 5 pasien ODP, 1 pasien OTG dengan hasil rapid test reactive.

Selain itu, rumah sakit rujukan Covid-19 Kabupaten Belitung dalam waktu dekat akan memulangkan sebanyak 4 pasien yang sedang di isolasi. Yakni pasien 465, 442, 020, dan pasien 474. Ke empat tersebut dinyatakan Negatif Covid-19.

Khusus pasien 168 usia 15 tahun jenis kelamin laki-laki meskipun hasil pemeriksaan Swab kedua dinyatakan negatif, tidak diperbolehkan untuk swaisolasi di rumah. Pasalnya, pasien tersebut masih mengalami gejala batuk. Sehingga dokter penanggungjawab memutuskan untuk pemeriksaan ulang SWAB ketiga. 

Saat ini juga Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Belitung, sudah melakukan isolasi sebanyak 8 pasien terkait Covid-19 di pusat karantina Pemerintah Kabupaten Belitung. Yaitu, SKB Desa Perawas sebanyak 1 pasien positif dan sudah dinyatakan sembuh yakni pasien 221. Sedangkan 7 pasien lainnya berstatus OTG, dimana ketujuh pasien OTG ini sempat melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19. 

Dari 7 OTG, 2 OTG di rencanakan akan di pulangkan karena keluarnya 2 hasil SWAB Negatif. Untuk memastikan lebih lanjut, RSUD dr H Marsidi Judono telah memeriksa beberapa samprl plasma darah atau serum OTG, untuk diperiksa Rapid Test.

Pada rapid test yang sudah dilakukan 2 sample reactive. Selanjutnya, 2 OTG dengan hasil rapid test reactive di isolasi di RSMJ untuk dilakukan pengambilan SWAB tenggerokan dan dilakukan PCR. Selanjutnya, menunggu hasil pemeriksaan PCR untuk penatalaksanaan sesuai dengan protap yang ditetapkan. (Rb/rel)





Berikan Komentar

Belitong Lainnya
Gubernur Erzaldi Dorong Penetapan Alur Pelayaran Pelabuhan Tanjung Batu
Gubernur Erzaldi Dorong Penetapan Alur Pelayaran Pelabuhan Tanjung Batu
Selasa, 01 Desember 2020 00:00 WIB
TANJUNG PANDAN – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman berdiskusi dengan Direktur Kenavigasian Ditjen Perhubungan Laut, Hengki Angkasawan agar
Berkat Bantuan Pemprov Babel, Kini Hamzah Miliki Rumah Layak Huni
Berkat Bantuan Pemprov Babel, Kini Hamzah Miliki Rumah Layak Huni
Senin, 30 November 2020 20:02 WIB
SELAT NASIK – Hamzah (46 tahun) salah satu dari 18 penerima rumah layak huni menyampaikan rasa terima kasihnya atas kepedulian
Gubernur Erzaldi Ingin Memasarkan Belitung ke Tingkat Dunia
Gubernur Erzaldi Ingin Memasarkan Belitung ke Tingkat Dunia
Senin, 30 November 2020 19:21 WIB
SIJUK – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman membuka pelatihan tenaga kerja Bangka Belitung yang diadakan di Balai Latihan
Kakwarda Melati Inginkan Pelatih Pembina Mampu Cetak Pramuka Garuda
Kakwarda Melati Inginkan Pelatih Pembina Mampu Cetak Pramuka Garuda
Selasa, 10 November 2020 09:48 WIB
SIJUK – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi harapkan pembina yang telah dilatih mampu mencetak peserta