Mega Proyek Prasarana Air Baku Gunung Mentas Menuai Sorotan


Mega Proyek Prasarana Air Baku Gunung Mentas Menuai Sorotan

BELITUNG – Mega proyek prasarana Air Baku Gunung Mentas (Embung), di Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Provinsi  Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ambruk.

Proyek milik Satker PJPA Babel senilai  Rp123 miliar tersebut, dikerjakan dalam tiga tahap sejak tahun 2016 hingga tahun 2018. 

Diduga proyek yang  dikerjakan oleh PT Fatimah ini diduga tidak sesuai spek dan belum dapat berfungsi karena disebabkan belum dibangunnya WTP (Weter Treatmen Plant) meskipun pelaksaanannya telah usai dikerjakan.

Berdasarkan pantauan Radar Bangka, terlihat Mega proyek Air Baku Gunung Mentas atau Embung pada tersebut bagian dinding belum juga diperbaiki.

“Proyek itu tidak selesai dikerjakan talud/dinding Embung yang mengalami beberapa kali ambruk sulit untuk diperbaiki bahkan bisa dikatakan tidak bisa diperbaiki. Faktanya hingga sekarang ini belum juga diperbaiki,” ujar informan yang engan namanya di publis.

Sementara Kepala Satuan Kerja (Satker) PJPA Babel, Joni tak menepis jika proyek Embung yang ambruk  belum diperbaiki.

“Memang ada yang ambruk dan belum diperbaiki, rencana nya Minggu ini juga diperbaiki,” ujar Joni ketika dihubungi wartawan melalui sambungan telepon belum lama ini.

Diakuinya, Mega Proyek Prasarana Air Baku Gunung Mentas (Embung) Belitung belum ketahap Fho (serah terima barang/Red) dikarenakan masih dalam masa pemeliharaan. “Kalau PHO sudah, Fho-nya belum, kan masih masa pemeliharaan,” ungkap Joni sembari menyebut nomor telepon nya dalam pengawasan “KPK”.

Bersamaan dengan itu, Widy yang mengaku sebagai pagawai dari PT Fatimah (Perusahaan Pelaksana/Red) mengungkapkan bahwa Mega Proyek Prasarana Air Baku Gunung Mentas (Embung) Belitung tidak bisa beropersi disebabkan belum dibangunnya WTP (Weter Treatmen Plant) meskipun pelaksaanannya telah usai dikerjaakan.

“WTP (Water Treatment Plant ) atau tempat pengolahannya belum dibangun. Proyek ini sudah selesai namun belum bisa beroperasi, kalau saya dari pelaksana PT Fatimah Mas,” Kata Widy saat ditemui dilokasi Mega Proyek Prasarana Air Baku Gunung Mentas (Embung) Belitung. (wahyu)





Berikan Komentar

Belitong Lainnya
Kejari Dalami Proyek Tipikor di Lingkungan Pemkab Belitong
Kejari Dalami Proyek Tipikor di Lingkungan Pemkab Belitong
Selasa, 09 Juli 2019 01:22 WIB
BELITONG - Kejari Belitung sedang mendalami dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) di lingkungan Pemkab Belitung.
Forwaka Diharapkan Menjadi Penyeimbang Berita Kejaksaan
Forwaka Diharapkan Menjadi Penyeimbang Berita Kejaksaan
Senin, 08 Juli 2019 14:08 WIB
BELITUNG - Forum Komunikasi Wartawan Kejaksaan (Forwaka) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali melanjutkan kunjungan silahturahmi ke Kejaksaan Negeri Belitong, Senin
Tandatangani Komitmen Akselerasi SP4N, Pemda se Babel Siap Berikan Layanan Prima
Tandatangani Komitmen Akselerasi SP4N, Pemda se Babel Siap Berikan Layanan Prima
Jum'at, 24 Mei 2019 15:41 WIB
BELITUNG - Ombudsman RI bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota se Bangka Belitung melakukan Penandatanganan Komitmen Bersama dan Sosialisasi Akselerasi Pengelolaan
Warga Kesulitan Air Bersih, Babinsa Datangi Kantor PDAM
Warga Kesulitan Air Bersih, Babinsa Datangi Kantor PDAM
Selasa, 07 Mei 2019 22:49 WIB
BELTIM - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Lintang, Kecamatan Simpang Renggiang, Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Serka Siburian mendatangi kantor Perusahaan