Bawaslu Babel Gandeng Puluhan Awak Media Awasi Jalannya Pemilu 2019


Bawaslu Babel Gandeng Puluhan Awak Media Awasi Jalannya Pemilu 2019

BELITUNG - Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggandeng puluhan media massa baik media cetak, tv, radio, dan online dalam rangka memaksimalkan peliputan dan pemberitaan mengenai pelaksanaan pengawasan Pemilu 2019.


Kegiatan tersebut dikemas dalam acara Media Gathering yang dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Babel, Edi Irawan di Ruang Pertemuan Hotel Bahamas, Rabu (28/11) malam.


Dalam sambutannya, Edi mengatakan, giat Media Gathering ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan oleh Bawaslu Babel.


"Giat Media Gathering ini dalam perjalanan Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini mungkin yang pertama kali kami lakukan dengan mengundang rekan-rekan media untuk berkumpul bersama," kata Edi.


Edi menambahkan, Program Media Gathering ini sudah direncanakan tiga bulan yang lalu, namun karena padatnya jadwal Bawaslu sehingga banyak agenda yang tertunda termasuk Program Media Gathering ini yang baru bisa dilaksanakan pada tanggal 28 November ini.


"Program Media Gathering ini sudah kita rencanakan tiga bulan yang lalu, namun kami selaku komisioner tiga bulan belakangan ini banyak kegiatan yang hampir banyak tertunda salah satunya Media Gathering ini karena padatnya pekerjaan pengawasan," ungkapnya.


"Disamping itu juga pembekalan ataupun bimbingan teknis yang dilakukan Bawaslu RI yang mengundang kita sebagai pesertanya dan dikala itupun kami harus wajib hadir, apalagi kegiatan itu mengarah kepada teknis baik itu pengawasan, penindakan pelanggaran, ataupun sengketa," sambungnya.


Lebih lanjut, ia menjelaskan, Bawaslu akan memikul tanggung jawab yang luar biasa dalam hal pengawasan pada Pemilu serentak 2019 mendatang yang baru pertama kali diselenggarakan di Indonesia.


"Kita ketahui bersama bahwasanya kegiatan Pemilu 2019 ini Pemilu pertama kali di Indonesia, Pemilu serentak dimana Pemilu Legislatif dan Pilpres ini akan dilakukan secara serentak, artinya dalam pengawasan tentu saja kami merasakan tanggung jawab ini sangat luar biasa," terangnya.


"Kalau kita menginginkan bentuk pengawasan yang komprehensif yang harus dilakukan oleh Bawaslu tentunya banyak mengalami kendala karena struktur dari Bawaslu sendiri yang sangat minim," tambahnya.


Oleh sebab itu, ia mengungkapkan, Bawaslu Babel harus melibatkan seluruh elemen masyarakat terutama media massa yang memiliki peran yang sangat vital dalam menyampaikan informasi terkait pengawasan dan penyelenggaraan Pemilu 2019 kepada masyarakat luas.


"Oleh karena itu, kami harus banyak melibatkan masyarakat. Selain itu media adalah yang wajib bagi kami Bawaslu untuk dilibatkan, karena terus terang saja media ini hal yang sangat luar biasa, maka perlu sekali bagi kami untuk melibatkan teman-teman media, baik elektronik, cetak, online dan sebagainya," urainya.


"Maka oleh karena itu, kegiatan Media Gathering ini salah satu menurut kami sarana perekat yang harus kami lakukan karena tanpa media, kegiatan atau sosialisasi apapun terkait dengan penyelenggaraan Pemilu, ini tidak akan bisa sampai kepada publik, atau masyarakat secara luas," pungkasnya (mon)





Berikan Komentar

Belitong Lainnya
Tandatangani Komitmen Akselerasi SP4N, Pemda se Babel Siap Berikan Layanan Prima
Tandatangani Komitmen Akselerasi SP4N, Pemda se Babel Siap Berikan Layanan Prima
Jum'at, 24 Mei 2019 15:41 WIB
BELITUNG - Ombudsman RI bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota se Bangka Belitung melakukan Penandatanganan Komitmen Bersama dan Sosialisasi Akselerasi Pengelolaan
Warga Kesulitan Air Bersih, Babinsa Datangi Kantor PDAM
Warga Kesulitan Air Bersih, Babinsa Datangi Kantor PDAM
Selasa, 07 Mei 2019 22:49 WIB
BELTIM - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Lintang, Kecamatan Simpang Renggiang, Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Serka Siburian mendatangi kantor Perusahaan
Gubernur Erzaldi Launching Samsat Setempoh dan Transaksi Non Tunai
Gubernur Erzaldi Launching Samsat Setempoh dan Transaksi Non Tunai
Senin, 21 Januari 2019 21:21 WIB
BELITUNG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman meresmikan Program Samsat Setempoh dan Transaksi Non Tunai, bertempat di Halaman
Gubernur Erzaldi Bersama Bupati/Walikota se-Babel Tandatangani 31 Kesepakatan
Gubernur Erzaldi Bersama Bupati/Walikota se-Babel Tandatangani 31 Kesepakatan
Kamis, 17 Januari 2019 18:21 WIB
MANGGAR - Rapat Koordinasi (Rakor) antara Gubernur dengan Bupati/Walikota serta Pejabat Provinsi, Kabupaten/Kota dan Instansi terkait se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung