Audensi Dengan Nelayan Beltim, Menteri Susi : Kalau Tambang Akan Habis, Kalau Ikan Selalu Ada


Audensi Dengan Nelayan Beltim, Menteri Susi :  Kalau Tambang Akan Habis, Kalau Ikan Selalu Ada

DAMAR - Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pujiastuti bersama Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengelar audensi bersama nelayan kabupaten Belitung Timur (Beltim), tepatnya di Pantai Burung Mandi, Desa Sukamandi, Damar, Kamis (4/10).

Dalam kesempatan itu, Menteri Susi mengimbau kepada para nelayan Beltim untuk dapat bersyukur dengan menjaga laut dan mengelolah Sumber Daya Alam (SDA), jangan sampai menangkap ikan secara berlebihan.

"Saya ingin  masyarakat punya kesadaran, jangan sampai  kufur sama nikmat. Kufur sama nikmat itu celaka," kata Susi.

Untuk itu, Susi mengajak masyarakat Belitung untuk bersyukur dengan menjaga laut, dan  mengolah sumber daya alam jangan sampai berlebihan.  "Kalau  tambang ditambang  akan habis, kalau ikan selalu ada," tukas Susi.

Tapi lanjut Susi, jangan ditangkap menggunakan  trawl,  dinamit, poltas, atau  alat tangkap cantrang. Susi berkeinginan  dibawah 4 mil laut itu kembali menjadi kewenangan Kabupaten.

Dalam kesempatan itu, Susi bersama Wamen ESDM  sempat melihat sistim penambangan Borehole mining oleh  PT. Timah Tbk di Desa Selinsing, Beltim dan melihat keindahan Pantai Serdang, di Manggar.

Setelah melihat keindahan alam Beltim, Susi meminta masyarakat adat untuk mempertahankan mata pencahariannya. Menurut Susi, Kelompok adat berhak mempertahankan mata pencaharian.

Terkait tambang laut, Susi berkomitmen untuk tidak memberikan izin penambangan di laut Belitung dan Belitung Timur, meski oleh Wamen ESDM sudah diperkenalkan sistim penambangan Borehole Mining. "Timah ambil yang didarat saja," tegas Susi. 

"Memang, ada sistem penambangan baru borehole Mining,  tapi mencobanya,  tidak boleh laut di Belitung. Laut Belitung tidak boleh disentuh. Kalau tidak merusak lingkungan boleh, kalau merusak gak usah," timpalnya.

Wamen Arcandra Tahar sepakat, semua harus menjaga laut, karena laut adalah  sumber kehidupan nelayan, tapi dilaut punya potensi tambang. "Kalau sistem bore hole ini berhasil, maka akan diizinkan, kalau didarat cukup bagus, tapi di laut belum dicoba," kata Arcandra.

Diketahi,  di Belitung Timur Jumlah nelayan 6500 orang, jumlah armada tangkapan  2200, 35 persen nelayan  sudah asuransi.

Seorang Nelayan Syamsudin merasa puas setelah mendengar pernyataan  Menteri Susi. 
"Apa yang ibu sampaikan adalah cita-cita nelayan menentang tambang laut, kapal isap. Namun satu hal yang dikhawatirkan oleh nelayan jika ibu Susi tidak lagi jadi Menteri. Doa kami,  ibu bisa bertahan  jadi Menteri," katanya.


Sementara dalam kesempatan itu tampak hadiri Wakil Gubernur Babel, H Abdul Fatah, Bupati Belitung, Sahani Saleh, OPD se Belitung dan Beltim, LSM, Tokoh masyarakat dan nelayan, bertujuan membahas isu-isu strategis sektor Kelautan dan Perikanan, seperti tambang laut dan Barang Muatan Kapal Tenggelam (BMKT). Dua isu strategis itu, menjadi perhatian Bupati Beltim, Yuslih Ihza.

Bupati Yuslih dalam Audiensi itu, meminta petunjuk untuk melangkah. "Langkah apa  yang perlu kami lakukan," kata Yuslih dihadapan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti  dan Wamen ESDM, Arcandra Tahar. 

 Wakil Gubernur (Wagub) Babel, Abdul Fatah menyampaikan, Babel memiliki karaktristik terendiri. "Kita ingin diperlakukan sama seperti Aceh dan yogyakarta, mengingat  84 persen wilayah Babel  adalah lautan. Saya mengajak Belitung, Belitung Timur perkuat jajaran Dinas Kelautan dan Perikanan dengan strategi untuk meningatkan penghasilan," ajak Wagub. (rel/**)





Berikan Komentar

Belitong Lainnya
Mega Proyek Prasarana Air Baku Gunung Mentas Menuai Sorotan
Mega Proyek Prasarana Air Baku Gunung Mentas Menuai Sorotan
Jum'at, 19 Juli 2019 18:58 WIB
BELITUNG – Mega proyek prasarana Air Baku Gunung Mentas (Embung), di Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Provinsi  Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ambruk.
Kejari Dalami Proyek Tipikor di Lingkungan Pemkab Belitong
Kejari Dalami Proyek Tipikor di Lingkungan Pemkab Belitong
Selasa, 09 Juli 2019 01:22 WIB
BELITONG - Kejari Belitung sedang mendalami dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) di lingkungan Pemkab Belitung.
Forwaka Diharapkan Menjadi Penyeimbang Berita Kejaksaan
Forwaka Diharapkan Menjadi Penyeimbang Berita Kejaksaan
Senin, 08 Juli 2019 14:08 WIB
BELITUNG - Forum Komunikasi Wartawan Kejaksaan (Forwaka) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali melanjutkan kunjungan silahturahmi ke Kejaksaan Negeri Belitong, Senin
Tandatangani Komitmen Akselerasi SP4N, Pemda se Babel Siap Berikan Layanan Prima
Tandatangani Komitmen Akselerasi SP4N, Pemda se Babel Siap Berikan Layanan Prima
Jum'at, 24 Mei 2019 15:41 WIB
BELITUNG - Ombudsman RI bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota se Bangka Belitung melakukan Penandatanganan Komitmen Bersama dan Sosialisasi Akselerasi Pengelolaan