Bhabinsa Cocok Tanam di Pekarangan Rumah


Bhabinsa Cocok Tanam di Pekarangan Rumah
Serka Hasoka besera istri saat menyirami tanaman

TANJUNGPANDAN-Siapa sangka pekarangan rumah yang kosong, dapat disulap menjadi kebun indah yang cantik. Hal itu, dilakukan Bhabinsa Pangkallalang Serka Hasoka. Hal itu mulai dikampanyekan dia sejak tahun 2017 lalu.

Bahkan, Bhabinsa ini mengajak warga Pangkallalang untuk mulai bercocok taman. Dan hasilnya, 50 persen warga sekitar ikut arahan yang ia sarankan. Rumah-rumah yang berada di lokasi tersebut, mulai banyak ditanami tubuhan.

Hasoka mengatakan, awalnya ide tersebut dia dapatkan dari Dandim 0414 Belitung Letkol Kav Eko Saptono yang menanam cabe dan tumbuhan lain, di Makodim 0414 Belitung. Bahkan, waktu itu dandim sempat memberikan arahan agar anak buahnya bercocok tanam.

Merasa tersentuh, akhirnya Hasoka perlahan-lahan membuat perkarangan dikediamannya. Beberapa bulan dicoba, hasilnya sangat luar biasa. Cabe dan tumbuhan lain yang dia tanam akhirnya berbuah manis.

Bahkan, saat ini tumbuhan cabe yang dia tanam sebanyak kurang lebih 50 buah sudah mulai bisa dipanen. "Rencana puluhan kilo cabe ini akan kita jual. Ini asli cabe Belitung lo," ujar Hasoka, kepada Belitong Ekspres, Selasa (13/3) kemarin.

Warga sekitar yang melihat hasil panen ini, hampir tiap hari mendatangi rumahnya yang terletak di Kawasan Gajah Mada. Mereka, konsultasi mengenai tata cara menanam cabe dan tanaman lain yang ditanam Serka Hasoka.

Dia mulai menanam cabe tersebut pada saat pulang dinas sekitar Pukul 16.00 WIB. Setelah itu, dia beserrta istri menanam tumbuhan tersebut di Pekarangan Rumahnya hingga menjelang Adzan Magrib.

"Istri saya merasa senang melihat hasil ini," ungkap Hasoka. Bahkan, hampir tiap hari wanita yang berprofesi sebagai guru ini tersebut, membantu sang suami bercocok tanam. Dan mengajak murid-muridnya untuk mulai membudidayakan tanaman. (kin)





Berikan Komentar

Belitong Lainnya
Mega Proyek Prasarana Air Baku Gunung Mentas Menuai Sorotan
Mega Proyek Prasarana Air Baku Gunung Mentas Menuai Sorotan
Jum'at, 19 Juli 2019 18:58 WIB
BELITUNG – Mega proyek prasarana Air Baku Gunung Mentas (Embung), di Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Provinsi  Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ambruk.
Kejari Dalami Proyek Tipikor di Lingkungan Pemkab Belitong
Kejari Dalami Proyek Tipikor di Lingkungan Pemkab Belitong
Selasa, 09 Juli 2019 01:22 WIB
BELITONG - Kejari Belitung sedang mendalami dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) di lingkungan Pemkab Belitung.
Forwaka Diharapkan Menjadi Penyeimbang Berita Kejaksaan
Forwaka Diharapkan Menjadi Penyeimbang Berita Kejaksaan
Senin, 08 Juli 2019 14:08 WIB
BELITUNG - Forum Komunikasi Wartawan Kejaksaan (Forwaka) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali melanjutkan kunjungan silahturahmi ke Kejaksaan Negeri Belitong, Senin
Tandatangani Komitmen Akselerasi SP4N, Pemda se Babel Siap Berikan Layanan Prima
Tandatangani Komitmen Akselerasi SP4N, Pemda se Babel Siap Berikan Layanan Prima
Jum'at, 24 Mei 2019 15:41 WIB
BELITUNG - Ombudsman RI bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota se Bangka Belitung melakukan Penandatanganan Komitmen Bersama dan Sosialisasi Akselerasi Pengelolaan