Penertiban THM Masih Buntu?


Penertiban THM Masih Buntu?

MANGGAR - Upaya penertiban Tempat Hiburan Malam (THM) berkedok warung kopi di kawasan Danau Nujau Kecamatan Gantung sepertinya masih menemui jalan buntu.

Rapat dengar pendapat yang digelar DPRD Beltim, Selasa (13/3) kemarin, belum menghasilkan keputusan jelas maupun sikap tegas seperti harapan masyarakat
.
Rapat dihadiri sejumlah anggota DPRD Beltim, Sekda Beltim Ikhwan Fahrozi, OPD teknis terkait, Polres Beltim dan Majelis Ulama' Indonesia.

Seusai rapat dengar pendapat, Sekretaris Daerah Kabupaten Beltim Ikhwan Fahrozi menyatakan bahwa Bupati Beltim masih mendengarkan masukan dan saran sebelum membuat keputusan penertiban THM. Bahkan, draf surat edaran sudah diajukan ke meja Bupati namun belum ditandatangani.

"Itu (surat edaran) salah satu dasar. Pak Bupati tetap mendengarkan masukan-masukan yang salah satunya pertemuan kita hari ini. Beliau butuh pertimbangan yang matang," ujar Ikhwan kepada Belitong Ekspres, Selasa (13/3) kemarin.

Dikatakan Ikhwan, Pemerintah daerah bisa saja melakukan tindakan represif setelah persuasif tidak diindahkan. Namun ada banyak kemungkinan permasalahan lain yang akan muncul sebagai dampak penertiban secara represif.

"Kita bisa saja melakukan bukan persuasif, tapi bisa kita laksanakan represif. Bisa. Tetapi kalau represif kan ada dampak-dampak yang harus kita pikirkan. Sekarang, kita datang (penertiban) dan mereka (THM) tidak punya izin, bongkar dan kita tutup," jelasnya. 

Menurut Ikhwan, perlu diawali dengan pendataan secara detail agar keberadaan para pekerja di THM dapat dideteksi. Kontrol diperlukan agar eks mantan pekerja THM membuat masalah sosial baru.

"Pada saat kita tidak bisa mengontrol mereka, bukan tidak mungkin nanti mereka lari ke tempar masyarakat dan menjadi pelacuran terselubung," kata dia. 

Ikhwan juga menjanjikan akan kembali membahas permasalahan THM bersama stakeholder. Menurut dia, Pemerintah daerah tetap mengkedepankan strategi dalam penuntasan THM dan rapat-rapat tetap akan dilaksanakan.

"Nanti akan kita lakukan rapat dengan Satpol PP dan stakeholder secepatnya menindaklanjuti pertemuan hari ini. Langkah-langkah apa yang harus dilakukan setelah kita petakan permasalahannya," ucapnya. 

"Seperti yang sudah disampaikan pak Camat, sudah jelas baru didapat beberapa data tapi mereka masih berjalan mendata (THM). Jangan sampai nanti pada saat kita memetakan permasalahan kita bergerak tidak tahu dari mana. Inilah kita perlu kehati-hatian," tukasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Beltim Ardian mendorong Pemerintah daerah melakukan beberapa hal dalam menyikapi desakan masyarakat. 

Diantaranya, mendukung pemerintah daerah melakukan penertiban, mengeluarkan syarat keputusan untuk penertiban tersebut, memerintahkan Bupati dan Pemda untuk segera melaksanakan dan menindaklanjuti permasalahan dan serta diberikan batas waktu sampai tanggal 30 Maret 201 harus selesai tuntas.

"Ada satu poin tadi, agar Bupati mengeluarkan surat edaran untuk melarang seluruh warkop dan toko-toko menjual minuman beralkohol. Sekarang ini, adakah jaminan ketika ini dilaksanakan akan tidak ada aktifitas itu. Tidak ada jaminan," sebut Ardian.

"Makanya kita berfikir tadi, agar Pemda harus membuat solusi. Tetapi solusi itu memperberat. Saat ini kalau ada Pemda mencadangkan upaya mengatasi masalah ini, mereka (pasti) tidak akan tinggal diam," tukasnya.(msi)





Berikan Komentar

Belitong Lainnya
Gubernur Erzaldi Dorong Penetapan Alur Pelayaran Pelabuhan Tanjung Batu
Gubernur Erzaldi Dorong Penetapan Alur Pelayaran Pelabuhan Tanjung Batu
Selasa, 01 Desember 2020 00:00 WIB
TANJUNG PANDAN – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman berdiskusi dengan Direktur Kenavigasian Ditjen Perhubungan Laut, Hengki Angkasawan agar
Berkat Bantuan Pemprov Babel, Kini Hamzah Miliki Rumah Layak Huni
Berkat Bantuan Pemprov Babel, Kini Hamzah Miliki Rumah Layak Huni
Senin, 30 November 2020 20:02 WIB
SELAT NASIK – Hamzah (46 tahun) salah satu dari 18 penerima rumah layak huni menyampaikan rasa terima kasihnya atas kepedulian
Gubernur Erzaldi Ingin Memasarkan Belitung ke Tingkat Dunia
Gubernur Erzaldi Ingin Memasarkan Belitung ke Tingkat Dunia
Senin, 30 November 2020 19:21 WIB
SIJUK – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman membuka pelatihan tenaga kerja Bangka Belitung yang diadakan di Balai Latihan
Kakwarda Melati Inginkan Pelatih Pembina Mampu Cetak Pramuka Garuda
Kakwarda Melati Inginkan Pelatih Pembina Mampu Cetak Pramuka Garuda
Selasa, 10 November 2020 09:48 WIB
SIJUK – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi harapkan pembina yang telah dilatih mampu mencetak peserta