Senator Ini Ajak Berfikir Global Bertindak Lokal


Senator Ini Ajak Berfikir Global Bertindak Lokal

MANGGAR - Anggota DPD RI Hudarni Rani mengajak para pelajar berfikir global tetapi bertindak lokal. Ajakan Senator asal Bangka Belitung disampaikan di sela-sela kegiatan sosialisasi tentang empat pilar berbangsa dan bernegara (Pancasila, UUD 1945, NKRI & Bhinneka Tunggal Ika) di aula pertemuan Kecamatan Manggar, Senin (12/2) kemarin.

Menurut dia, implementasi ajakan tersebut dapat dilakukan dengan pembekalan pemahaman empat pilar. Sebagai salah seorang senator, dirinya pun mendapat tugas ke wilayah masing-masing untuk bersosialisasi langsung ke masyarakat.

"Anak-anak kita kasih semangat untuk memahami empat pilar.

Kita ajak mereka berfikir global bertindak lokal. Saya mengajak budaya Beltim, bagaimana kearifan lokal terjaga juga," ujar Hudarni.

Kegiatan sosialisasi dihadiri Wakil Bupati Beltim Burhanudin, jajaran forkominda Beltim, siswa siswi SMA/SMK sederajat di Kabupaten Beltim serta aparatur Desa.

Hudarni yang pernah menjabat sebagai Gubernur Kepulauan Bangka Belitung menegaskan kondisi masyararakat di Bangka Belitung selalu berdampingan satu dengan lainnya.

Bahkan, rumah ibadah saling berdampingan pun bukan sesuatu yang aneh bagi masyarakat.
"Kita (Bangka Belitung, red) dalam kaitan budaya pancasila tidak adalah yang mengkhawatirkan. Janganlah terjadi seperti di daerah lain," sebut Hudarni.

Sementara itu, Wakil Bupati Beltim Burhanudin menyatakan bahwa keseharian masyarakat Bangka Belitung sudah menjalankan empat pilar berbangsa dan bernegara.

Masyarakat Bangka Belitung memegang prinsip serumpun sebalai. Sebagai contoh, kearifan lokal khusunya di Beltim adalah makan sedulang yang sarat makna sila Pancasila.

"Kalau kita serius fokus pada akar budaya lokal, akar budaya kita orang melayu maka empat pilar kebangsaan sudah melekat dalam kehidupan kita sehari-hari sebagai masyarakat Bangka Belitung," ujar Wabup.

Sosialisasi tentang empat pilar berbangsa dan bernegara (Pancasila, UUD 1945, NKRI & Bhinneka Tunggal Ika) yang dilakukan Senator asal Bangka Belitung tersebut, menggandeng Lembaga Demokrasi dan Politik Lokal (Leksikal) Kepulauan Bangka Belitung.

Sebagai lembaga yang konsen terhadap demokrasi, Leksikal dipercaya memberikan materi sosialisasi yang disampaikan langsung oleh Koordinator Leksikal, Marwansyah. (msi)




Banner

Berikan Komentar

Belitong Lainnya
PT Timah dan Forum Komunikasi Masyarakat Belitung Berikan Rapid Test Gratis Bagi Mahasiswa
PT Timah dan Forum Komunikasi Masyarakat Belitung Berikan Rapid Test Gratis Bagi Mahasiswa
Selasa, 16 Juni 2020 20:04 WIB
PANGKALPINANG - PT Timah Tbk bekerjasama dengan Forum Komunikasi masyarakat Belitung (FKMB) akan menggelar rapid test gratis bagi 200 mahasiswa
UMKM di Belitung Kembali Produksi di Tengah COVID-19
UMKM di Belitung Kembali Produksi di Tengah COVID-19
Jum'at, 05 Juni 2020 18:04 WIB
BELITUNG - Sejumlah pelaku UMKM di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kembali memulai produksi usahanya untuk memenuhi permintaan kebutuhan
Pemkab Beltim Kembalikan DAK Senilai Rp24,315 Miliar
Pemkab Beltim Kembalikan DAK Senilai Rp24,315 Miliar
Senin, 01 Juni 2020 11:51 WIB
MANGGAR - Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengembalikan dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp24,315 miliar kepada pemerintah
Selang 15 Menit di Umumkan 5 Pasien Sembuh, Muncul 3 Pasien Baru Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Belitung
Selang 15 Menit di Umumkan 5 Pasien Sembuh, Muncul 3 Pasien Baru Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Belitung
Sabtu, 23 Mei 2020 05:03 WIB
BELITUNG -- Sungguh kasian tenaga medis yang bekerja di RSUD dr H Marsidi Judono Kabupaten Belitung, belum bisa bernafas lega.