Sekretaris Disdik Intimidasi Ortu Siswa


    MANGGAR - Sekretaris Dinas Pendidikan berinisial Her, diduga melakukan intimidasi terhadap orang tua siswa SMA Negeri 1 Manggar, Senin (5/9) kemarin. Tindakan kurang terpuji tersebut dilakukan di ruang kerja Kepala Dinas Pendidikan dengan kata-kata kurang pantas. Kepada harian ini, salah satu orang tua siswa, Ninik mengaku saat diancam yang bersangkutan, disaksikan juga oleh Kepala Dinas Pendidikan.

    Sayangnya, tindakan tersebut tidak dimediasi sehingga orang tua siswa merasa terancam. Tindakan arogan Her juga membuat orang tua siswa merasa ketakutan. "Sekdin menyebut 'umur kamu (Ninik, red) tidak lebih dari satu minggu'. Saat diucapkan, ada Kepala Dinas (Pendidikan, red) juga di ruangan," ujar Ninik menirukan kalimat yang disampaikan Sekretaris Dindik Kabupaten Belitung Timur (Beltim) tersebut.

    Ninik menceritakan, sebelum kejadian ancaman terhadap dirinya, anak kandungnya dianggap bermasalah oleh Pejabat Sementara Kepala SMAN 1 Manggar berinisial E yang diketahui istri sang Sekretaris Disdik. Saat itu, siswa Kelas 12 itu dianggap tidak disiplin sehingga membuat Pjs Kepsek marah-marah dan mengancam siswa.

    Mendapat laporan dari anaknya, Ninik bermaksud mengklarifikasi dengan cara mendatangi sekolah. Ia meminta agar permasalahan tersebut tidak diperpanjang karena khawatir psikologis anak terganggu. Apalagi mengingat anaknya sudah mau persiapan ujian akhir. "Saya datang ke sekolah, tapi ibu Kepsek tidak berada di tempat. Saya hanya bertemu salah seorang guru, dan meminta agar disampaikan bahwa masalah tersebut jangan lagi diperpanjang," ujar Ninik.

    Merasa sudah clear, Ninik yang juga staf Disdik menganggap tidak akan lagi bermasalah. Sampai akhirnya, Sekretaris Disdik memanggil dirinya tapi bukan untuk meminta klarifikasi melainkan mengintimidasi. "Sebenarnya saya mau permasalahan ini tidak dibesar-besarkan. Tapi saya merasa diancam dan saya mau masalah ini selesai," harap Ninik.

    Harian ini juga mendapat informasi bahwa tindakan Pjs Kepala SMAN 1 Manggar sudah seringkali terjadi. Beberapa siswa lain juga mengalami hal serupa bahkan sampai perlakuan fisik yang kurang mendidik, namun tidak dilaporkan. Konfirmasi yang dilakukan harian ini kepada Kepala Dindik Beltim tidak dijawab. Saat dihubungi, terdengar nada sambung tapi tidak diangkat yang bersangkutan.(msi)




Banner

Berikan Komentar

Belitong Lainnya
Selang 15 Menit di Umumkan 5 Pasien Sembuh, Muncul 3 Pasien Baru Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Belitung
Selang 15 Menit di Umumkan 5 Pasien Sembuh, Muncul 3 Pasien Baru Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Belitung
Sabtu, 23 Mei 2020 05:03 WIB
BELITUNG -- Sungguh kasian tenaga medis yang bekerja di RSUD dr H Marsidi Judono Kabupaten Belitung, belum bisa bernafas lega.
Belitung Bertambah Satu Lagi Pasien Covid-19 di Nyatakan Sembuh
Belitung Bertambah Satu Lagi Pasien Covid-19 di Nyatakan Sembuh
Senin, 04 Mei 2020 19:16 WIB
BELITUNG -- Penanganan corona virus covid-19 di Kabupaten Belitung, membuahkan hasil yang cukup baik. Hingga hari ini Senin (4/5), pasien
Allhamdulillah, Satu Lagi Pasien Positif Covid-19 di Belitung di Nyatakan Sembuh
Allhamdulillah, Satu Lagi Pasien Positif Covid-19 di Belitung di Nyatakan Sembuh
Sabtu, 02 Mei 2020 04:38 WIB
BELITUNG -- Kabar menggembirakan kini datang dari di Kabupaten Belitung, pasalnya pasien pertama terkonfirmasi positif covid-19 dengan nomor 034, hari
Bandel, Pasein ODP di Belitung di Jemput Petugas
Bandel, Pasein ODP di Belitung di Jemput Petugas
Sabtu, 25 April 2020 22:43 WIB
BELITUNG -- Satu orang pasien Orang Dengan Pemantauan (ODP) pada Sabtu (25/4) malam terpaksa dijemput petugas. Dikarenakan, pasien tersebut tidak