Festival Geopark Segera Guncang Belitong


Festival Geopark Segera Guncang Belitong

    MANGGAR - Beragam rangkaian acara festival Geopark Belitong yang berlangsung mulai tanggal 9-11 Desember 2016 siap digelar. Di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) akan dilaksanakan acara seminar nasional geopark Belitong, workshop teknik mendongeng untuk guru TK & SD, mancing, menyelam dan bersepeda.

    Menjelang festival, Pemerintah Kabupaten Beltim bersama panitia pelaksana menggelar rapat persiapan yang dipimpin Sekda Beltim Talafudin di  ruang rapat Bupati Beltim, Selasa (8/11). Endra selaku wakil ketua panitia Geopark mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemkab Beltim untuk pelaksanaan acara di Beltim. 

    “Kita terus berkoordinasi dengan Pemkab Beltim untuk pelaksanaan acaranya seperti workshop, seminar, menyelam di Pulau Memperak, mancing di Pulau Bukulimau dan Geobike,” ujarnya.

    Panitia pelaksana di Belitung juga berkoordinasi dengan pemerintah pusat mengenai sejaumana persiapan daerah melaksanakan acara. “Selain berkoordinasi dengan pemda, kita juga berkoordinasi dengan pemerintah pusat yakni kementerian pariwisata agar pelaksanaan acara dapat lancar dan Belitung semakin dikenal,” kata Endra.

    Festival geopark tersebut dilaksanakan untuk lebih memperkenalkan Pulau Belitung mengenai keragaman fenomena geologi, keragaman budaya, pantai dengan batu-batu besar dan keindahan lainnya. Sementara itu Yuspian selaku Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Beltim mengatakan Pemkab Beltim sangat mendukung pelaksanaan acara Geopark dengan mempersiapkan berbagai tempat dan fasilitas yang dibutuhkan panitia.

    “Geopark ini prinsipnya adalah bottom up yang dimulai dari masyarakat. Jika semua sudah berjalan, maka Pemda akan terus mendukung, misalnya panitia butuh tempat acara seminar, kita bantu siapkan gedung.  Acara sepeda, kita siapkan tim medis dan lainnya,” ujar Yuspian.

    Adapun acara yang berlangsung di Kabupaten Beltim untuk tanggal 9 Desember 2016 yakni seminar nasional geopark Belitong, workshop teknik mendongeng untuk guru TK & SD. Tanggal 10 Desember 2016 mancing dan menyelam. Tanggal 11 Desember 2016 yakni geobike dengan rute bersepeda mulai dari Open Pit di Kecamatan Kelapa Kampit hingga Tanjung Kelayang. (feb/humas)







Berikan Komentar

Weekend Lainnya
Imbas Sail Sabang, Wisata Selam di Aceh Makin Cool
Imbas Sail Sabang, Wisata Selam di Aceh Makin Cool
Minggu, 03 Desember 2017 11:22 WIB
SABANG - Penyelenggaraan Sail Sabang 2017 ikut berimbas pada wisata selamnya. Pamornya makin ngehits.
Yes, 5 Destinasi Sabet Gelar Taman Nasional Geopark
Yes, 5 Destinasi Sabet Gelar Taman Nasional Geopark
Sabtu, 25 November 2017 13:22 WIB
TANJUNG KELAYANG - Opsi Taman Nasional Geopark di Indonesia semakin lengkap. Kini, terdapat 5 destinasi baru Taman Nasional Geopark di
Sensasi Tidur di Rumah Pohon di Taman Langit dan Omah Kayu
Sensasi Tidur di Rumah Pohon di Taman Langit dan Omah Kayu
Sabtu, 23 September 2017 09:04 WIB
BATU - Ide kreatif Perhutani Malang patut diacungi jempol. Pasalnya, dari kawasan hutan yang dikelolanya, berkat tangan-tangan kreatif akhirnya menjadi
​Suku Loem Bisa Jadi Potensi Wisata
​Suku Loem Bisa Jadi Potensi Wisata
Rabu, 23 Agustus 2017 13:28 WIB
SUNGAILIAT - Desa Gunung Muda, Kecamatan Belinyu menampilkan Suku Adat Lom dalam karnaval di Kabupaten Bangka, Senin (21/8) kemarin