PT Timah Reklamasi Tambang di Desa Bencah


PT Timah Reklamasi Tambang di Desa Bencah

AIRGEGAS – PT Timah Tbk melakukan reklamasi di lokasi eks tambang Air Kuning Desa Bencah Kecamatan Airgegas Rabu (21/12) sore. Reklamasi yang terdiri dari penanam pohon serta penebaran benih ikan ini dihadiri Bupati Basel Justiar Noer.

Dalam sambutanya Direktur Utama PT Timah Tbk, M Riza Fahlevi Tabrani mengatakan kerja sama reklamasi dengan PT TAM (Timah Agro Manunggal) dan Bumdes Desa Bencah Mandiri ini merupakan yang pertama dengan melibatkan masyarakat dalam pengolahan reklamasi. Dijelaskanya reklamasi ini merupakan wujud tanggung jawab PT Timah selaku perusahaan tambang milik negara dalam rangka memulihkan kondisi lahan paska penambangan, PT Timah berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

“ Tentu kita harapkan program bisa berjalan dengan baik disertai dukungan masyarakat agar tetap dijaga dan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Desa Bencah. Ada beberapa jenis pohon yang ditanam adalah jambu mete yang diharapkan nantinya akan menjadi tambahan industri bagi masyarakat lokal,”jelasnya.

Begitu juga dengan kayu pelawan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Diharapkan pohon pelawan nantinya akan menjadi komunitas herbal di Bangka Selatan, pembibitan ikan bekerja sama dengan BBI Sentra Pemali. “ Kita harapkan akan menjadi budidaya ikan yang mampu memproduksi optimal di kolong bekas tambang, PT Timah hadir untuk masyarakat Bangka Selatan” ungkap Riza.

Sementara Bupati Basel, Justiar Noer dalam sambuatnya mengungkapkan reklamasi pola kemitraan PT Timah Tbk dengan PT TAM dan Bumdes Bencah Mandiri diharapkan mendapatkan nilai-nilai pemberdayaan masyarakat sekitar lokasi tambang serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya pola kemitraan ini merupakan pola pertama dilakukan di WIUP PT Timah di Babel, kami menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada PT Timah Tbk, diharapkan  masyarakatpun akan lebih peduli terhadap lingkungan dan tentunya meningkatkan keberhasilan reklamasi itu sendiri.

Adapun reklamasi yang dilakukan adalah 1 hektar ditanami jambu mete 150 batang, penebaran 2000 ekor bibit ikan bekerja sama dengan BBIS Pemali. Sementara itu program reklamasi PT Timah Tbk tahun 2016 di Basel terdiri dari 90 hektar penataan lahan dan 72 hektar untuk penanaman. Reklamasi eks tambang Air Kuning Desa Bencah seluas 49,8 hektar dan akan dipergunakan masyarakat untuk membangun fasilitas umum seluas 10 hektar, penanaman akasia 18,4 hektar, serta pemanfaatan kolong untuk dijadikan tambak seluas 0,33 hektar. (bim)   







Berikan Komentar

Radar Ceremony Lainnya
​Tekan Inflasi, Bupati Bateng Kembangkan Budidaya Bawang
​Tekan Inflasi, Bupati Bateng Kembangkan Budidaya Bawang
Kamis, 27 Juli 2017 21:05 WIB
NAMANG - Guna meningkatkan produktivitas produksi hasil budidaya bawang merah dan menggeliatkan perekonomian masyarakat
Upaya Promotif dan Preventif pada Era Jaminan Kesehatan Nasional di Posyandu
Upaya Promotif dan Preventif pada Era Jaminan Kesehatan Nasional di Posyandu
Rabu, 26 Juli 2017 12:56 WIB
MUNTOK - Beberapa waktu lalu, salah satu posyandu di Kabupaten Bangka Barat dinobatkan sebagai Posyandu terbaik di tingkat Nasional
SMPN 2 Pangkalpinang Jadi Model Kegiatan Blok Pramuka
SMPN 2 Pangkalpinang Jadi Model Kegiatan Blok Pramuka
Senin, 24 Juli 2017 13:42 WIB
PANGKALPINANG - Dalam rangka meningkatkan nilai karakter siswa dan sebagai bagian dari kurikulum K13 yang telah diterapkan SMPN 2
Babar Hebat Terima WTP Dari BPK
Babar Hebat Terima WTP Dari BPK
Senin, 17 Juli 2017 18:42 WIB
MUNTOK - Bertempat di ruang pertemuan Kantor Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Bangka Belitung