Akreditasi Puskesmas Sekar Biru untuk Mendukung Pelaksanaan JKN dan Jamkesda


Akreditasi Puskesmas Sekar Biru untuk Mendukung Pelaksanaan JKN dan Jamkesda

    PARITTIGA - Puskesmas Sekar Biru, Kecamatan Parit Tiga, Kabupaten Bangka Barat (Babar) siap menuju akreditasi. Tim penilai Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dari Komisi Akreditasi langsung meninjau ke lokasi Rabu (9/11) kemarin. Rombongan tim akreditasi disambut Wakil Bupati Markus SH mewakili Bupati Drs H Parhan Ali MM.

    Markus dalam sambutannya mengatakan, dalam upaya peningkatan mutu pelayanan puskesmas diperlukan indikator untuk mengukur mutu tersebut. Indikator yang sampai saat ini digunakan untuk menilai mutu puskesmas adalah penilaian kinerja puskesmas. Penilaian kinerja ini dilakukan dengan cara membandingkan antara hasil yang telah dicapai dengan target atau rencana yang telah ditetapkan. Dengan kata lain, pengukuran mutu puskesmas tersebut dilakukan dengan menggunakan indikator output.

    Masih dikatakan Markus, agar penilaian mutu puskesmas dapat lebih komprehensif maka penilaian mutu seyogyanya dilakukan tidak hanya menggunakan indikator input dan indikator proses. Dengan melakukan pengukuran secara komprehensif, maka diharapkan upaya peningkatan mutu Puskesmas telah dilakukan sejak awal dengan mempersiapkan sumber daya (input) dan melakukan perbaikan-perbaikan prosedur dan tata kerja (proses). Salah satu cara pengukuran mutu yang komprehensif adalah pelaksanaan akreditasi Puskesmas. "Pada tahun 2015 pelaksanaan akreditasi Puskesmas telah dilaksanakan secara nasional di seluruh Indonesia melalui Kemenkes RI," ujar Markus.

    Oleh karena itu Lanjut Markus, Babar pada tahun 2016 akan melaksanakan akreditasi untuk 2 puskesmas yaitu Puskesmas Sekar Biru dan Puskesmas Kelapa, yang bertujuan untuk mendapatkan pengakuan formal yang diberikan oleh Badan Akreditasi terhadap mutu pelayanan kesehatan dasar. "Dengan demikian melalui penilaian akreditasi Puskesmas ini diharapkan kinerja Puskesmas menjadi lebih baik sehingga standar pelayanan minimal (PSM) bidang kesehatan di Kabupaten/Kota yang merupakan indikator kinerja pemerintah daerah dapat tercapai, terutama dalam Sustainable Development Goals) tahun 2016," harap Markus.(ray)







Berikan Komentar

Radar Ceremony Lainnya
​Tekan Inflasi, Bupati Bateng Kembangkan Budidaya Bawang
​Tekan Inflasi, Bupati Bateng Kembangkan Budidaya Bawang
Kamis, 27 Juli 2017 21:05 WIB
NAMANG - Guna meningkatkan produktivitas produksi hasil budidaya bawang merah dan menggeliatkan perekonomian masyarakat
Upaya Promotif dan Preventif pada Era Jaminan Kesehatan Nasional di Posyandu
Upaya Promotif dan Preventif pada Era Jaminan Kesehatan Nasional di Posyandu
Rabu, 26 Juli 2017 12:56 WIB
MUNTOK - Beberapa waktu lalu, salah satu posyandu di Kabupaten Bangka Barat dinobatkan sebagai Posyandu terbaik di tingkat Nasional
SMPN 2 Pangkalpinang Jadi Model Kegiatan Blok Pramuka
SMPN 2 Pangkalpinang Jadi Model Kegiatan Blok Pramuka
Senin, 24 Juli 2017 13:42 WIB
PANGKALPINANG - Dalam rangka meningkatkan nilai karakter siswa dan sebagai bagian dari kurikulum K13 yang telah diterapkan SMPN 2
Babar Hebat Terima WTP Dari BPK
Babar Hebat Terima WTP Dari BPK
Senin, 17 Juli 2017 18:42 WIB
MUNTOK - Bertempat di ruang pertemuan Kantor Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Bangka Belitung