Belajar Matematika Asyik dengan Sakamoto


Belajar Matematika Asyik dengan Sakamoto

PANGKALPINANG - Fobia atau rasa takut terhadap matematika mengakibatkan banyak sekali anak - anak Sekolah Dasar (SD) mengalami kesulitan  mengikuti pelajaran matematika, namun kini semua itu bisa teratasi dengan sebuah cara yang disebut dengan metode Sakamoto. Metode ini sangat sederhana, mudah dimengerti oleh anak - anak, cepat dan akurat dalam memecahkan soal dengan pemikiran logis analitis. Metode ini akan membuat anak tidak hanya sekedar bisa, melainkan anak menjadi suka dan senang dengan matematika.

Pimpinan Lembaga Kursus Matematika Jepang (Metode Sakamoto) Pangkalpinang, Warsangka, S.Si mengatakan, metode sakamoto lebih berfokus pada pembinaan kemampuan anak dalam pemahaman soal (be able to understand) bukan sekedar kemampuan menjawab soal (able to answer). Jadi siswa dibiasakan untuk tidak hanya menekankan pada hasil tetapi pada proses penyelesaian.  "Dalam metode Sakamoto, anak - anak kita ajarkan berpikir logis dengan mengandalkan kemampuan otak kiri, maka logikanya akan jalan dan hal ini berguna sampai di kehidupan sehari - hari," paparnya.

Materi yang diberikan dalam metode sakamoto sebagian besar merupakan soal cerita yang dikemas menjadi soal yang menarik dan sesuai dengan kehidupan sehari - hari. Soal cerita yang diberikan mempunyai bobot yang cukup tinggi pada pelajaran matematika di sekolah serta dilengkapi dengan kurikulum matematika sekolah. "Menurut pengalaman saya mengajar selama ini kalau matematika anak itu sudah bagus insyallah pelajaran yang lain tinggal mengikuti. Sebab, anak yang pandai matematika logikanya udah jalan sehingga tidak jadi masalah dengan pelajaran yang lain," ujarnya.

Dijelaskan Warsangka, ada tiga langkah utama metode yang diterapkan Sakamoto yakni metode pertamanya cara untuk memahami soal, susunan data dan mencari hubungan antar data. Metode yang kedua adalah dengan diagram sehingga timbul logika pemecahan dan metode ketiga melalui metode writing yaitu penulisan persamaan dari diagram dalam bentuk angka - angka untuk memperoleh jawaban soal. "Untuk anak - anak yang baru masuk, kami akan mengadakan tes atau semacam ujian penempatan tingkat. Tes ini dilakukan sejauh mana kemampuan anak dalam pelajaran matematika sekaligus mengetahui kelebihan dan kelemahan sang anak, untuk mengikuti tes ini anak harus sudah bisa baca tulis," jelas Warsangka.

Sejak dibuka September 2005 silam, yang semula siswanya hanya 24 orang kini mencapai delapan puluhan siswa yang terdaftar di lembaga kursus matematika ini dan siswa dibantu oleh 4 tenaga pengajar ahli matematika. Segudang prestasi pun sudah sering diraih lembaga ini, buktinya Ali Jaya Meilio salah satu anak didik yang pernah menjadi wakil Provinsi Bangka Belitung berhasil menjadi kejuaraan dunia dengan memperoleh medali perak dalam mengikuti olympiade matematika tingkat dunia di Bali pada tahun 2006 silam. "Prestasi ini membuktikan Lembaga Metode Sakamoto mampu bersaing dengan lembaga lainnya dan konsep metode sakamoto bisa diterima oleh masyarakat," tuturnya bangga seraya melanjutkan dengan prestasi seperti ini mereka berharap mendapat tanggapan positif dari Dinas Pendidikan untuk siswa yang berprestasi dapat dikursuskan di Sakamoto dan mendapatkan beasiswa agar siswa tersebut dapat mengikuti olympiade demi mengangkat nama daerah.

Bagi Anda yang berminat untuk memasukkan anak Anda di Lembaga Kursus Matematika Jepang ini, sakamoto menawarkan dua versi yakni versi Indonesia dan versi Inggris. Dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 250 ribu Anak mendapatkan baju, starter kit, tas dan souvenir cantik. Biaya versi Indonesia Rp 315 ribu dan versi Inggris Rp 329 ribu per bulan, anak belajar dilengkapi  fasilitas ruangan Full AC standar sama dengan sakamoto lainnya di Indonesia. 

Info lebih lanjut Anda dapat mengunjungi Lembaga Kursus Sakamoto di Jalan Melintas No. 23 (samping otak - otak Amui) Pangkalpinang atau menghubungi (0717) 522522,439550. (cr45)





Berikan Komentar

Probis Lainnya
Holding BUMN Tambang, PT Timah Klaim Tak Berpengaruh
Holding BUMN Tambang, PT Timah Klaim Tak Berpengaruh
Senin, 20 November 2017 15:15 WIB
JAKARTA - Pemerintah menunjuk PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) untuk menjadi induk holding BUMN tambang. Sementara PT Timah Tbk (TINS),
Investor Pasar Modal Bertambah 800, Total Investor di Babel Mencapai 1200
Investor Pasar Modal Bertambah 800, Total Investor di Babel Mencapai 1200
Jum'at, 17 November 2017 11:11 WIB
PANGKALPINANG - Bursa Efek Indonesia (BEI) Kantor Perwakilan Pangkalpinang mencatat, jumlah investor pasar modal di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel)
Holding BUMN Tambang Mendekati Kenyataan
Holding BUMN Tambang Mendekati Kenyataan
Rabu, 15 November 2017 16:16 WIB
JAKARTA - Realisasi holding badan usaha milik negara (BUMN) sektor tambang yang dipimpin PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) makin mendekati
Rugi Rp 19 Triliun, Pertamina Harus Audit Investigasi
Rugi Rp 19 Triliun, Pertamina Harus Audit Investigasi
Rabu, 08 November 2017 12:34 WIB
Direktur Eksekutif Center of Energy and Resources Indonesia (CERI) Yusri Usman, menyatakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan harus