Allianz Suntik Go-Jek Rp 472 Miliar


Allianz Suntik Go-Jek Rp 472 Miliar

JAKARTA - Allianz X, unit investasi digital dari perusahaan asuransi dan manajemen aset Allianz Group mengumumkan investasi US$ 35 juta atau Rp 472,5 miliar (kurs Rp 13.500) di platform Go-Jek.

Investasi tersebut merupakan investasi pertama Allianz X di sebuah perusahaan yang berkantor pusat di Asia Tenggara. Langkah ini sekaligus menjadikannya satu-satunya pemegang saham Go-Jek dari perusahaan asuransi.

Investasi dari Allianz adalah bagian dari pendanaan Go-Jek sebesar US$ 1,5 miliar atau Rp 20 triliun yang didapatkan dari belasan investor termasuk Tencent Holdings, BlackRock, Temasek Holdings, Meituan-Dianping, JD.com, dan Google dengan total US$ 5 miliar. Investasi ini diikuti oleh perusahaan lokal Astra International dan perusahaan investasi Global Digital Niaga.

"Investasi strategis Allianz X di Go-Jek merupakan agenda Allianz Group dan komitmen kami terhadap pertumbuhan bisnis digital, khususnya di pasar negara berkembang," kata CEO Allianz X Nazim Cetin seperti dikutip dari dealstreetasia, Kamis (12/4/2018).

"Go-Jek adalah salah satu unicorn digital terbesar di Indonesia dan melalui investasi ini, Allianz dan Go-Jek akan memperkuat hubungan dan kolaborasi mereka lebih jauh. Bersama-sama kami dapat menawarkan produk dan layanan keuangan unik kepada komunitas Go-Jek yang lebih luas," kata Presiden Direktur Allianz Life Indonesia, Joos Louwerier.

Didirikan pada tahun 2010 sebagai layanan transportasi sepeda motor, Go-Jek telah berevolusi menjadi platform seluler yang menyediakan berbagai layanan seperti transportasi, logistik, pembayaran seluler, pengiriman makanan, dan banyak layanan lainnya.

Rangkaian pendanaan yang baru diumumkan, berhasil mengumpulkan dana 25% lebih banyak dari yang direncanakan semula dan dialokasikan untuk sejumlah rencana ekspansi. 

Awal bulan ini, Reuters melaporkan bahwa Go-Jek akan mengumumkan ekspansi pertamanya ke negara lain di Asia Tenggara dalam beberapa minggu ke depan dan berencana untuk memperluas ke tiga negara Asia Tenggara lainnya pada pertengahan tahun ini.

Awal bulan ini, telah dilaporkan bahwa Go-Jek mengincar Singapura sebagai salah satu pasar Asia Tenggara yang rencananya akan diperluas tahun ini, bersama dengan Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Go-Jek merupakan unicorn pertama dan terbesar di Indonesia yang juga saham di aplikasi berbagi tumpangan Bangladesh Pathao. Perusahaan ini juga telah mengakuisisi tiga perusahaan teknologi keuangan lokal untuk meningkatkan posisinya di pasar pembayaran digital Indonesia. 

Untuk Allianz X, investasi di Go-Jek adalah yang keempat kalinya di tahun 2018. Dalam kesepakatan terbarunya, perusahaan investasi memimpin pendanaan Seri C sebesar US$ 160 juta di European mobile bank N26. Perusahaan induknya, Allianz, mengklaim sebagai investor terbesar dunia, mengelola lebih dari 650 miliar euro, sementara Allianz Global Investors dan PIMCO mengelola tambahan 1,4 triliun euro dari aset pihak ketiga. (ara/ang/detik.com)







Berikan Komentar

Probis Lainnya
​Keluarga Besar Novotel Rayakan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1439 H
​Keluarga Besar Novotel Rayakan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1439 H
Selasa, 17 April 2018 22:33 WIB
BANGKA TENGAH - Terdengar Hadroh, Sholawat dan Asmaul Husna yang dibawakan dengan merdu oleh kelompok Majelis Taklim dari Pondok Pesantren
Smartphone Satelit Pertama Di Dunia dengan OS Android
Smartphone Satelit Pertama Di Dunia dengan OS Android
Senin, 16 April 2018 01:32 WIB
Pernahkan Anda mendengar tentang ponsel satelit? Istilah ini memang masih asing dan jika Anda penasaran dengan smartphone satelit, Thuraya adalah
PT Timah Investasikan 26 Juta Dolar di Nigeria
PT Timah Investasikan 26 Juta Dolar di Nigeria
Jum'at, 13 April 2018 09:40 WIB
PANGKALPINANG - PT Timah Tbk akan menginvestasikan 26 juta dolar Amerika Serikat atau setara Rp356,2 miliar untuk merealisasikan ekspansi perusahaan
Harga Emas Hari Ini Naik Tajam!
Harga Emas Hari Ini Naik Tajam!
Kamis, 12 April 2018 15:39 WIB
JAKARTA - Harga emas Antam mengalami kenaikan cukup tajam pada perdagangan hari ini, Kamis (12/4). Antam butik Pulogadung, Jakarta, membuka