Pemprov Babel Sambut Baik Rencana Pengembangan Bauksit


Pemprov Babel Sambut Baik Rencana Pengembangan Bauksit

PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyambut baik perusahaan yang akan melakukan pengembangan bauksit sebagai upaya menarik investasi industri pengolahan hasil tambang di daerah itu.
    
"Kami menyambut baik rencana salah satu perusahaan yang akan melakukan pengembangan bauksit sehingga dapat menarik investasi di daerah ini dengan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat," kata Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral Kepulauan Babel, Suranto Wibowo di Pangkalpinang, Selasa (7/11).
    
Ia menyebutkan pihak perusahaan tersebut telah melakukan survei di lahan bekas galian pertambangan timah dan menemukan kandungan bauksit yang cocok dikembangkan untuk bahan pembuatan isolator listrik.
    
"Bauksit yang terkandung di beberapa daerah di Kepulauan Babel dapat menjadi bahan baku pembuatan isolator listrik terutama yang bertegangan tinggi bagi PLN maupun perusahaan swasta lainnya," ujarnya.
    
Menurut Suranto, mekanisme penambangan bauksit akan melalui proses lelang maupun aplikasi dari PT Timah karena kandungan mineral tambang juga ditemukan di lahan izin usaha pertambangan (IUP) milik perusahaan BUMN tersebut.
    
"Tambang bauksit dapat meminta kerja sama dengan PT Timah karena menurut peraturan yang berlaku perusahaan dapat melakukan eksplorasi bauksit di daerah IUP BUMN tersebut tanpa melalui proses lelang," terangnya.
    
mengatakan saat ini PT Kencana Sakti Indonesia masih akan melakukan proses perizinan untuk memulai eksplorasi bauksit di wilayah Kepulauan Babel. "Kami berharap perusahaan yang akan melakukan penambangan bauksit dapat melakukan pendekatan dengan masyarakat maupun PT Timah agar rencana eksplorasi dapat berjalan dengan lancar," katanya. (ant/rb)







Berikan Komentar

Probis Lainnya
BEI Awasi Saham Bank Harda dan Bank Ganesha
BEI Awasi Saham Bank Harda dan Bank Ganesha
Kamis, 15 Februari 2018 08:54 WIB
JAKARTA - Saham PT Bank Harda Internasional Tbk (BBHI) dan PT Bank Ganesha Tbk (BGTG) masuk daftar unusual market activity
Ini Daftar Perbandingan Laba BNI, BRI, BTN, dan Mandiri
Ini Daftar Perbandingan Laba BNI, BRI, BTN, dan Mandiri
Kamis, 15 Februari 2018 08:50 WIB
JAKARTA -Laba perbankan pelat merah makin besar. Misalnya, BNI yang membukukan Rp 13,62 triliun atau tumbuh 20,1 persen secara year-on-year
Manjakan Pelanggan, Novotel Bangka Hadirkan February Festive
Manjakan Pelanggan, Novotel Bangka Hadirkan February Festive
Jum'at, 02 Februari 2018 14:01 WIB
PANGKALPINANG - Jaringan Hotel Accor satu ini dengan design termewah di pulau Bangka yang memiliki pelayanan khas istimewanya kepada
BI Tahan Suku Bunga, Sentimen Positif IHSG
BI Tahan Suku Bunga, Sentimen Positif IHSG
Jum'at, 19 Januari 2018 11:06 WIB
JAKARTA - Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI), Indek Harga Saham Gabungan (IHSG) masih berpeluar masih