Rupiah Senin Sore Bergerak Menguat 24 Poin


Rupiah Senin Sore Bergerak Menguat 24 Poin

JAKARTA - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Senin sore, bergerak menguat sebesar 24 poin menjadi Rp13.196, dibandingkan sebelumnya di posisi Rp13.220 per dolar AS.

    "Sentimen dari domestik mengenai data ekonomi yang dirilis menjadi salah satu faktor yang menopang mata uang rupiah," kata Pengamat pasar uang Bank Woori Saudara Indonesia Tbk Rully Nova di Jakarta, Senin (3/4) kemarin.

    Ia mengemukakan bahwa sentimen mengenai laju inflasi yang terjaga menjaga harapan bagi pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun ini. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pada Maret 2017 mengalami deflasi sebesar 0,02 persen.

    Dengan demikian, tingkat inflasi tahun kalender (Januari-Maret) 2017 sebesar 1,19 persen, dan tingkat inflasi tahun ke tahun (Maret 2017 terhadap Maret 2016) sebesar 3,61 persen.

    Di sisi lain, lanjut dia, aliran dana asing yang terus masuk ke pasar surat utang (obligasi) dan saham seiring dengan harapan kenaikan peringkat utang Indonesia oleh Standard & Poors (S&P) juga masih turut mendukung rupiah kembali terapresiasi.

    Analis Riset FXTM Lukman Otunuga menambahkan bahwa meredanya kekhawatiran pasar terhadap kebijakan proteksionisme Presiden AS Donald Trump telah mendorong aset-aset di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia kembali diminati oleh investor. "Ketidakpastian membayangi ekonomi AS sehingga membuka jalan bagi rupiah menuju penguatan," katanya.

    Sementara itu, dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada Senin ini mencatat nilai tukar rupiah bergerak melemah ke posisi Rp13.324 dibandingkan hari sebelumnya (Jumat, 31/3) Rp13.321 per dolar AS. (ant)







Berikan Komentar

Probis Lainnya
Pembangunan Infrastuktur Terlalu Ambisius
Pembangunan Infrastuktur Terlalu Ambisius
Selasa, 12 Desember 2017 14:04 WIB
JAKARTA - Pengamat Ekonomi dari Center of Reform on Economic (CORE) Mohammad Faisal turut menjelaskan bahwa penetapan target pertumbuhan ekonomi
Ekspor Indonesia ke Israel Terus Merosot
Ekspor Indonesia ke Israel Terus Merosot
Selasa, 12 Desember 2017 04:43 WIB
JAKARTA - Indonesia mencatat defisit perdagangan dengan Israel. Artinya, lebih banyak barang yang diimpor jika dibandingkan dengan ekspor.
Besok, Komunitas Bukalapak Babel Rayakan Umur Ke 1 Tahun
Besok, Komunitas Bukalapak Babel Rayakan Umur Ke 1 Tahun
Sabtu, 09 Desember 2017 12:40 WIB
PANGKALPINANG - Komunitas Bukalapak Bangka Belitung, akan menggelar Perayaan satu tahun berdirinya komunitas jual beli online tersebut pada Minggu, (10/12)
Erzaldi Rosman Targetkan Ekonomi Syariah Babel 2018
Erzaldi Rosman Targetkan Ekonomi Syariah Babel 2018
Sabtu, 09 Desember 2017 13:28 WIB
SUNGAILIAT - Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan menyerukan seluruh umat Islam untuk bersatu dan memberikan kontribusi terhadap