Persepktif
Apotek Hidup
Oleh Sri Ayu Indayani, S. Farm., Apt(Apoteker Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Bangka Belitung)Sabtu, 19 Mei 2012 02:14 WIB | Dibaca 434 kali
Apotek Hidup
ANDA pasti sering mendengar istilah “apotek hidup”, atau tempat yang sengaja ditanami beragam jenis tanaman obat yang bisa dijadikan sebagai obat. Apotek hidup selain dapat memperindah halaman, ternyata berguna sebagai sumber obat alami yang memilki banyak khasiat. Belakangan ini, tanaman obat tengah menjadi buah bibir di Indonesia. Terlebih lagi, sejak buah merah disinyalir sejumlah pihak bisa mengobati penyakit HIV. Apotek hidup memiliki banyak manfaat karena tanaman-tanaman obat yang tersedia dapat langsung dibuat menjadi obat dengan cara yang mudah.
Apotek hidup di Indonesia belum banyak ada, padahal Indonesia merupakan negara yang banyak terdapat tanaman obatnya namun masih belum bisa dimanfaatkan secara maksimal, seperti yang kita ketahui apotek hidup itu banyak sekali manfaat dan kegunaannya.  Kekayaan alam tumbuhan obat Indonesia terdiri atas 30.000 jenis tumbuhan dari total 40.000 jenis tumbuhan di dunia, dimana 940 jenis diantaranya merupakan tumbuhan berkhasiat obat (jumlah ini merupakan 90% dari jumlah tumbuhan obat di kawasan Asia).
Apotek hidup merupakan suatu tempat yang berisikan berbagai tanaman obat yang ditanam didalamnya, dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari dan pengobatan. Apotek hidup akan lebih bagus untuk pengobatan berbagai penyakit karena tanaman obat yang dibuat dengan cara-cara yang alami dan tradisional, dimana akan lebih cepat dalam menyembuhkan bila dibandingkan dengan cara-cara yang ilmiah. Dimana obat tradisional adalah obat-obatan yang diolah secara tradisional, turun-temurun, berdasarkan resep nenek moyang, kepercayaan atau kebiasaan masyarakat setempat maupun pengetahuan tradisional. Sejak zaman dahulu, masyarakat telah memanfaatkan berbagai obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit.
Ternyata, menurut penelitian masa kini, obat (ramuan) tradisional memang bermanfaat bagi kesehatan dan kini penggunaannya semakin gencar karena lebih mudah dijangkau masyarakat, baik dari harga maupun ketersediaan bahannya. Menurut beberapa penelitian, obat tradisional pada saat ini banyak digunakan karena tidak terlalu menyebabkan efek samping, lebih mudah dicerna oleh tubuh dibandingkan dengan obat modern serta lebih aman. Bahkan banyak negara-negara maju yang sudah memproduksi obat tradisional dengan cara meramu obat itu sendiri. Mereka percaya bahwa ramuan tradisional memang dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan tidak menimbulkan efek yang membahayakan kesehatan. 

Manfaat  Apotek Hidup
Adapun manfaat dari apotek hidup yaitu, aman bagi kesehatan karena yang digunakan merupakan tanaman yang alami. Lebih menghemat biaya hidup karena tanaman yang digunakan dapat dipakai untuk membuat obat atau digunakan berbagai produk sehari-hari dengan cara yang mudah, dapat dibuat menjadi obat herbal yang lebih bermanfaat dan lebih banyak khasiatnya serta membuat orang yang memilikinya pintar dalam hal pemanfaatan tanaman terutama tanaman obat.
Tanaman apotek hidup itu terdiri dari berbagai tanaman obat yang berkhasiat untuk kesehatan manusia. Beberapa contoh apotek hidup dari tanaman rempah-rempah seperti asam jawa, bangle, cengkeh, jahe, kencur, kapulaga, ketumbar, kunir putih, kunyit, lada, lengkuas, salam, pinang, pala. Dari tanaman hias diantaranya bunga matahari, lidah buaya, kamboja, melati, tapak dara, dari tanaman liar diantaranya alang-alang, bayam duri, bratawali, kejibeling, mahkota dewa, meniran. Sedangkan tanaman apotek hidup yang berasal dari tanaman buah-buahan diantaranya apel, belimbing manis, belimbing wuluh, delima, cermai, jeruk nipis, jambu monyet, pisang, papaya, nanas, rambutan, manggis, dan kelapa.
Berikut beberapa contoh, khasiat tanaman apotek hidup bagi kesehatan manusia yang berasaal dari jenis tanaman rempah-rempah, tanaman hias, tanaman liar di sekitar lingkungan serta tanaman buah-buahan, diantaranya

Lidah Buaya (aloe vera). Tanaman ini sudah banyak dikenal masyarakat, biasanya digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka dan untuk perawatan kulit.  Khasiat lidah buaya bagi kesehatan yaitu sebagai antiinflamasi, antijamur,  antibakteri, membantu proses regenerasi sel, menurunkan kadar gula bagi penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker serta membantu pengobatan sembelit.

Mengkudu (Morinda citrifolia, L), buah mengkudu memiliki banyak khasiat karena dalam buah mengkudu terkandung anthriquinone dan scopoletin yang berfungsi aktif sebagai mikroba, minyak atsiri serta damnacanthal yang berperan mencegah perkembangan sel kanker. Khasiat lain dari buah dan daun mengkudu yaitu dapat mengobati hipertensi, radang sendi, nyeri otak, diabetes mellitus, osteoporosis (pengeroposan tulang), lesu, kanker, asam urat dan rematik.

Jambu Biji (Psidium guajava, L), dari pohon jambu biji yang bisa dimanfaatkan adalah daun dan buahnya. Khasiatnya dapat mengobati demam berdarah, diabetes mellitus, maag, diare (sakit perut), masuk angin, ptolapsisani, sariawan, sakit kulit dan luka bakar.

Jahe (Zingiber officinale), selain sebagai bahan makanan dan minuman, rimpang jahe lebih dikenal sebagai obat. Khasiat dari rimpang jahe dapat mengobati berbagai penyakit diantaranya, menyembuhkan batuk kering, radang tenggorokan, menambah nafsu makan, rematik, sakit kepala, serbat (minuman penghangat), perut kembung sakit mulas melegakan perut, gatal-gatal, luka, menurunkan panas anak, sakit maag, impoten dan lemah syahwat serta salesma (influenza).

Lada (Piper nigrum, L), khasiat dari buah lada yaitu dapat mengobati kaki bengkak pada ibu hamil, kolera, nyeri haid, rematik, salesma, air mani yang encer dan impoten.

Alpukat (Persea gratisima gaertin) tidak hanya dikonsumsi sebagai buah segar saja, namun dapat digunakan sebagai obat. Buah alpukat juga mengandung senyawa peningkat fungsi kekebalan tubuh, membantu mencegah penyakit infeksi yang berhubungan dengan AIDS. Mengkonsumsi alpukat ½-1½ potong ukuran rata-rata 200-500 gram sehari seimbang dengan diet rendah lemak untuk menurunkan kolesterol darah. Selain menurunkan kolesterol darah, alpukat juga memilki khasiat lainnya seperti menurunkan kadar glukosa darah, bagi penderita diabetes mellitus, membantu mengobati sariawan, meluruhkan air seni (kencing batu), meningkatkan kekebalan tubuh, mengobati penyakit darah tinggi, memperlancar haid yang tidak teratur, sakit gigi berlubang.

Nanas juga merupakan tanaman obat yang banyak manfaatnya, Nanas (Ananas comosus L) sudah banyak dikenal masyarakat . Buahnya dapat langsung dimakan, namun biasanya juga diawetkan dengan cara direbus dan diberi gula, dibuat selai  atau dibuat sirop. Didalam buah Nanas terkandung vitamin A, C dan B karoten, kalsium, fosfor, Magnesium, besi, natrium, kalium, dektrosa, sukrosa, perioksida dan enzim bromelin. Manfaat dari kandungan bromelin dan peroksidase yang terdapat dalam buah nanas yaitu membantu memperlancar pencernaan, mengobati peradangan atau pembengkakan ditulang persendian (arthritis), mencegah atau menekan pembengkakkan, mempercepat penyembuhan luka, mencegah gangguan mulut akibat rusaknya gigi palsu serta obat pencegah tumor.

Rambutan (Nephelium lappaceum L), khasiat dari tanaman rambutan yang digunakan sebagai pengobatan, seperti kulit buah digunakan untuk mengatasi disentri dan demam, kulit kayu digunakan untuk mengatasi sariawan, daun digunakan untuk mengatasi diare dan menghitamkan rambut. Akar digunakan untuk mengatasi demam, biji digunakan untuk mengatasi kencing manis.

Ciptakan Apotek Hidup?
Berikut langkah yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan apotek hidup sendiri di halaman rumah yaitu, cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai jenis tanaman yang bisa dijadikan sebagai obat. Ragam tanaman rimpang seperti jahe, kunyit, kencur, atau temu kunci, bisa menjadi pilihan. Variasikan dengan tanaman obat lainnya seperti sirih, atau lidah buaya, sehingga apotek hidup terlihat lebih menawan. Selain itu kumpulkan bibit yang hendak Anda tanam, siapkan lahan yang telah digemburkan terlebih dahulu. 
Pilih tanaman yang cocok di bawah sinar matahari langsung dan yang tidak. Anda dapat menggunakan jaring penutup tanaman yang bisa menghindarkan dari sinar matahari langsung. Jangan gunakan pupuk berbahan kimia, karena dapat mempengaruhi manfaat dari tanaman, gunakan pupuk dari sisa sayur maupun buah yang telah dicampur dengan mikro organisme lokal (MOL). Siram dan rawat tanaman secara rutin dan bersihkan dari rumput liar yang mengganggu.
Setelah mengetahui betapa besarnya manfaat serta khasiat dari tanaman obat yang ditanam di apotek hidup, alangkah baiknya kita menanamnya disekitar perkarangan rumah. Ciptakan lingkungan sekitar Anda dengan apotek hidup dari berbagai jenis tanaman obat, mengingat besarnya manfaat serta khasiat tanaman obat itu. (**)


comments powered by Disqus


EPaper Facebook twitter RSS
Bank Sumsel Babel Layani Penukaran Uang Riyal
Bank Sumsel Babel Layani Penukaran Uang Riyal
PANGKALPINANG - Untuk memudahkan nasabah yang ingin beribadah haji tahun ini, Bank Sumsel Babel siap melayani penukaran uang Riyal, baik pecahan 1, 5, 10, 20, 100, 200 maupun 500 real.
Sterling Bakal Dapat Kontrak Baru
Sterling Bakal Dapat Kontrak Baru
LIVERPOOL-Brendan Rodgers berencana mengapresiasi performa Raheem Sterling dengan kenaikan nilai kontrak di awal musim Premier League musim ini. Namun, manajer The Reds itu menyatakan harus berhati-hati membuat klausul kontrak agar pas dengan usia Sterling.
Bateng Kekurangan Buku Paket
"Jumlah buku paket untuk guru dan siswa masih kurang dari Kementerian Pendidikan Nasional dan kami diperbolehkan untuk memperbanyak,"
Mitra Radar