Tragis, Tak Sampai 6 Persen Perokok yang Berhasil Lepas Dari Nikotin


Tragis, Tak Sampai 6 Persen Perokok yang Berhasil Lepas Dari Nikotin

JAKARTA - Pemerintah terus berupaya untuk menekan angka perokok aktif dengan beragam cara. Salah satunya dengan menampilkan gambar seram di bungkus rokok. Namun upaya tidak berhasil dengan efektif. Buktinya jumlah perokok pemula terus bertambah. Buktinya cuma 6 persen yang mampu lepas dari candu nikotin.

Penggagas Ministry of Vape, Dimasz Jeremia Simorangkir menjelaskan, banyak perokok yang berhasil berhenti merokok di awal, tetapi banyak yang gagal di tengah perjalanan. Niat dan usaha yang keras ternyata tak bisa melawan godaan sebatang rokok.

"Success rate di Indonesia kurang dari 6 persen yang berhasil benar-benar berhenti," kata Dimasz di Jakarta kepada JawaPos.com.

Miris: perokok bawah umur
Miris: perokok bawah umur (Falahi Mubarok/Radar Malang/JawaPos.com)

Sebanyak 6 persen itu dilatarbelakangi niat yang kuat, pindah lingkungan, atau ada tragedi misalnya menderita penyakit. Bahkan yang hanya berdasarkan niat kuat saja hanya 3,1 persen.

"Yang berhasil berhenti dengan niat sendiri hanya separuhnya dari 6 persen. Anak muda tiap hari ramai mendatangi penjualan rokok ketengan 1-2 batang di warung-warung. Itu jauh lebih mengerikan. Sulit untuk berhenti," paparnya.

Dimasz menjelaskan sebanyak 20 persen dari anak-anak usia 13-15 tahun baru mulai kecanduan terhadap rokok. Pembatasan iklan-iklan rokok dan pengurangan konsumsi rokok juga belum efektif.

"Cara baru alternatif dan fasilitas berhenti merokok adalah dengann vape. Namun vape bukan satu-satunya cara berhenti. Bisa cari teman baru, pindah lingkungan dan cara lainnya," tandasnya.(ika/JPC)

 







Berikan Komentar

Lifestyle Lainnya
5 Penyebab Melonjaknya Berat Badan
5 Penyebab Melonjaknya Berat Badan
Senin, 29 Januari 2018 12:12 WIB
Berat badan umumnya bertambah saat kalori yang dibakar tubuh ketika beraktivitas lebih sedikit daripada kalori yang masuk dari makanan yang
Olahraga, Lebih Baik dengan Alat atau Tidak?
Olahraga, Lebih Baik dengan Alat atau Tidak?
Sabtu, 20 Januari 2018 06:06 WIB
Olahraga merupakan kegiatan positif, yang sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh secara menyeluruh. Namun untuk mendapatkan manfaat yang benar-benar optimal,
Ketahui Penyebab Sering Mimpi Buruk
Ketahui Penyebab Sering Mimpi Buruk
Selasa, 16 Januari 2018 05:50 WIB
Banyak orang menganggap bahwa mimpi buruk identik dengan anak-anak. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Orang dewasa juga bisa mengalami mimpi
Kenalilah, Ini Gejala jika Anda Kekurangan Vitamin B12
Kenalilah, Ini Gejala jika Anda Kekurangan Vitamin B12
Kamis, 11 Januari 2018 13:55 WIB
JAKARTA - Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh Anda untuk menyerap vitamin B12 dari makanan menjadi melambat. Untuk diketahui, empat