Tragis, Tak Sampai 6 Persen Perokok yang Berhasil Lepas Dari Nikotin


Tragis, Tak Sampai 6 Persen Perokok yang Berhasil Lepas Dari Nikotin

JAKARTA - Pemerintah terus berupaya untuk menekan angka perokok aktif dengan beragam cara. Salah satunya dengan menampilkan gambar seram di bungkus rokok. Namun upaya tidak berhasil dengan efektif. Buktinya jumlah perokok pemula terus bertambah. Buktinya cuma 6 persen yang mampu lepas dari candu nikotin.

Penggagas Ministry of Vape, Dimasz Jeremia Simorangkir menjelaskan, banyak perokok yang berhasil berhenti merokok di awal, tetapi banyak yang gagal di tengah perjalanan. Niat dan usaha yang keras ternyata tak bisa melawan godaan sebatang rokok.

"Success rate di Indonesia kurang dari 6 persen yang berhasil benar-benar berhenti," kata Dimasz di Jakarta kepada JawaPos.com.

Miris: perokok bawah umur
Miris: perokok bawah umur (Falahi Mubarok/Radar Malang/JawaPos.com)

Sebanyak 6 persen itu dilatarbelakangi niat yang kuat, pindah lingkungan, atau ada tragedi misalnya menderita penyakit. Bahkan yang hanya berdasarkan niat kuat saja hanya 3,1 persen.

"Yang berhasil berhenti dengan niat sendiri hanya separuhnya dari 6 persen. Anak muda tiap hari ramai mendatangi penjualan rokok ketengan 1-2 batang di warung-warung. Itu jauh lebih mengerikan. Sulit untuk berhenti," paparnya.

Dimasz menjelaskan sebanyak 20 persen dari anak-anak usia 13-15 tahun baru mulai kecanduan terhadap rokok. Pembatasan iklan-iklan rokok dan pengurangan konsumsi rokok juga belum efektif.

"Cara baru alternatif dan fasilitas berhenti merokok adalah dengann vape. Namun vape bukan satu-satunya cara berhenti. Bisa cari teman baru, pindah lingkungan dan cara lainnya," tandasnya.(ika/JPC)

 







Berikan Komentar

Lifestyle Lainnya
​Ini Manfaat dari Medsos
​Ini Manfaat dari Medsos
Senin, 21 Agustus 2017 13:05 WIB
MEDIA sosial saat ini tidak bisa terpisahkan dengan kehidupan sehari hari masyarakat. Saat ini sosial media
Yuk Dicoba, 5 Tips Menghentikan Rasa Lapar
Yuk Dicoba, 5 Tips Menghentikan Rasa Lapar
Minggu, 20 Agustus 2017 03:46 WIB
Munculnya rasa lapar yang tidak terduga bisa menjadi rintangan besar bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Daripada dikalahkan oleh
Berolahraga Bukan Cara Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan?
Berolahraga Bukan Cara Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan?
Minggu, 20 Agustus 2017 03:44 WIB
Beberapa penelitian yang dilakukan di AS dan Inggris menemukan dampak minimal olahraga pada penurunan berat badan dibandingkan dengan perubahan diet
Kerja Sampai Larut Malam Berbahaya Bagi Jantung?
Kerja Sampai Larut Malam Berbahaya Bagi Jantung?
Rabu, 16 Agustus 2017 00:30 WIB
Bekerja berjam-jam lamanya bisa menurunkan mood, meningkatkan stres dan bahkan meningkatkan lingkar pinggang. Kini, sebuah penelitian baru menunjukkan bahaya jantung