5 Cara Mudah Membiasakan Diri Bangun Pagi


5 Cara Mudah Membiasakan Diri Bangun Pagi

JAKARTA - Bangun lebih awal setiap hari memang bukan perkara mudah yang bisa dilakukan oleh semua orang. Kadang ada seseorang yang bisa bangun lebih awal, ada yang bisa terlelap hingga matahari terbenam.

Hal ini wajar terjadi karena banyak faktor yang menyebabkan seseorang tidak bisa bangun pagi setiap hari, seperti kondisi kesehatan tubuh, waktu dan kebiasaan tidur dan masih banyak lagi.

Untuk bisa bangun pagi setiap hari bukanlah hal sulit jika Anda memang benar-benar niat melakukannya. Dengan sedikit usaha dan menjadikannya kebiasaan, maka nantinya Anda akan bisa bangun pagi setiap hari dengan mudah.

Berikut ini beberapa tips sederhana nan ampuh agar Anda terbiasa bangun lebih awal dipagi hari, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Rabu (2/8).

1. Manfaatkan cahaya

Penelitian telah menemukan bahwa cahaya mungkin dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk mengatur ulang jam internalnya. Di musim panas, biarkan tirai Anda tetap terbuka dan bangun pada saat matahari terbit.

Di musim dingin, saat masih gelap di pagi hari, nyalakan semua lampu saat Anda bangun sehingga tubuh Anda merasa siap menghadapi hari Anda yang panjang.

2. Pindahkan jam alarm Anda ke seberang ruangan

Menempatkan jam alarm Anda jauh dari tempat tidur atau bahkan di kamar mandi akan memastikan Anda bangun tidur secara rutin.

3. Beri penghargaan ke diri Anda sendiri

Ingat saat Anda masih kecil dan Anda akan bangun pada jam-jam tidak normal pada hari Sabtu hanya untuk makan sereal manis dan menonton film kartun?

Gunakan trik yang sama pada saat Anda dewasa. Jika Anda menyukai makanan sarapan tertentu, gunakan hal tersebut untuk melepaskan diri dari tempat tidur.

4. Jangan mencoba tidur minimal

Aturlah waktu tidur Anda untuk mengakomodasi waktu bangun tidur Anda yang baru. Melewatkan tidur bisa menyebabkan penambahan berat badan, kebingungan mental dan penurunan daya ingat.

5. Ciptakan kebiasaan

Atur jam alarm untuk waktu yang sama setiap pagi, termasuk pada akhir pekan. (fny/jpnn)







Berikan Komentar

Lifestyle Lainnya
5 Penyebab Melonjaknya Berat Badan
5 Penyebab Melonjaknya Berat Badan
Senin, 29 Januari 2018 12:12 WIB
Berat badan umumnya bertambah saat kalori yang dibakar tubuh ketika beraktivitas lebih sedikit daripada kalori yang masuk dari makanan yang
Olahraga, Lebih Baik dengan Alat atau Tidak?
Olahraga, Lebih Baik dengan Alat atau Tidak?
Sabtu, 20 Januari 2018 06:06 WIB
Olahraga merupakan kegiatan positif, yang sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh secara menyeluruh. Namun untuk mendapatkan manfaat yang benar-benar optimal,
Ketahui Penyebab Sering Mimpi Buruk
Ketahui Penyebab Sering Mimpi Buruk
Selasa, 16 Januari 2018 05:50 WIB
Banyak orang menganggap bahwa mimpi buruk identik dengan anak-anak. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Orang dewasa juga bisa mengalami mimpi
Kenalilah, Ini Gejala jika Anda Kekurangan Vitamin B12
Kenalilah, Ini Gejala jika Anda Kekurangan Vitamin B12
Kamis, 11 Januari 2018 13:55 WIB
JAKARTA - Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh Anda untuk menyerap vitamin B12 dari makanan menjadi melambat. Untuk diketahui, empat