Mandi Air Panas Bakar Kalori?


Mandi Air Panas Bakar Kalori?

    Memang tak ada yang lebih nikmat dari mandi air panas setelah berolahraga. Namun sayangnya, mandi air panas ternyata tidak bisa membakar kalori. Penelitian yang dilakukan oleh ahli fisiologi latihan Steve Faulkner melihat hubungan antara mandi air hangat, gula darah dan kalori yang dibakar tubuh.

    Penelitian yang hanya dilakukan pada 14 subjek laki-laki menemukan mandi air hangat ternyata hanya membakar sekitar 140 kalori per jam dan menurunkan gula darah puncak setelah makan sekitar 10 persen lebih.

    Kebanyakan ahli dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa seseorang membakar sekitar 100 kalori setiap berjalan sejauh satu mil. Artinya. Anda harus menghabiskan satu jam di kamar mandi untuk membakar jumlah yang sama setiap Anda berlari sejauh satu mil.

    "Satu-satunya alasan tubuh akan membakar kalori adalah air panas akan meningkatkan termoregulasi untuk menjaga suhu tubuh tetap dingin," kata ahli fisiologi latihan Pete McCall, Ph.D, seperti dilansir laman Glamour. "Air panas bisa melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi tubuh," jelas McCall.

    Menurutnya, jika kita bisa meningkatkan jumlah oksigen tubuh, Anda juga bisa meningkatkan pembakaran kalori. "Mungkin mandi air hangat akan meningkatkan aliran oksigen dari pernapasan dalam dan membuat Anda rileks," pungkas McCall. Namun ia mengingatkan, mandi air panas tidak akan membantu otot Anda atau memperbaiki kebugaran kardiorespirasi.(fny/jpnn)







Berikan Komentar

Lifestyle Lainnya
Nangka, Si Manis yang Kaya Manfaat
Nangka, Si Manis yang Kaya Manfaat
Rabu, 20 September 2017 15:08 WIB
SIAPA yang tidak mengenal buah nangka. Buah yang satu ini pantas untuk dinikmati karena rasa manisnya dan juga segar.
Hati-hati! Kesepian Bisa Jadi Ancaman Kesehatan
Hati-hati! Kesepian Bisa Jadi Ancaman Kesehatan
Kamis, 07 September 2017 14:29 WIB
Semua orang pasti pernah mengalami kesepian dari waktu ke waktu. Namun sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa kesepian bisa menjadi ancaman
Cara ini Bisa Membuat Tidur Malam Anda Lebih Baik
Cara ini Bisa Membuat Tidur Malam Anda Lebih Baik
Kamis, 07 September 2017 14:27 WIB
Seberapa baik Anda tertidur di malam hari? Hal ini banyak kaitannya dengan bagaimana Anda menghabiskan waktu seharian. Selain itu kualitas
Sering Duduk Seharian? Yuk Kurangi Risiko Sindrom Dengan Cara ini
Sering Duduk Seharian? Yuk Kurangi Risiko Sindrom Dengan Cara ini
Selasa, 29 Agustus 2017 14:23 WIB
OLAHRAGA secara teratur ternyata bisa mengurangi risiko sindrom metabolik pada orang-orang yang pekerjaannya hanya duduk saja. Hal ini menurut studi