Timur Tengah Membara, Kekerasan di Mana-Mana


Timur Tengah Membara, Kekerasan di Mana-Mana

YERUSALEM - Keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump soal Yerusalem benar-benar membakar kawasan Timur Tengah. Sejak pekan lalu, insiden demi insiden kekerasan terjadi di wilayah rawan konflik tersebut.

Hari ini, Senin (11/12), seorang petugas keamanan Israel dilarikan ke rumah sakit dalam kondisi kritis setelah ditikam pemuda Palestina di Yerusalem.

Pelaku yang berasal dari Tepi Barat tiba-tiba menghujamkan pisau ke tubuh korban yang sedang berjaga di pintu masuk terminal bus. Pemuda 24 tahun itu akhirnya dibekuk oleh warga yang menyaksikan aksinya.

Sementara itu, unjuk rasa di wilayah Palestina masih terus berlangsung hingga hari ini. Bentrokan maut dengan aparat Israel, tak menyurutkan semangat para demonstran.

Demonstrasi juga berlangsung di Beirut. Kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat di ibu kota Lebanon itu jadi sasaran massa yang marah.

Mereka membakar bendera Israel dan AS serta melempar batu ke arah petugas keamanan Lebanon yang memblokade jalan menuju kantor kedutaan. Aksi tersebut dibalas aparat dengan tembakan gas air mata dan semprotan water cannon.

Di Maroko, puluhan ribu pengunjuk rasa memenuhi jalanan ibu kota, Rabat. Mereka berjalan sambil mengibarkan bendera Palestina dan meneriakkan hujatan untuk AS dan Israel.

Massa juga mengekspresikan kemarhan mereka kepada pemerintah negara-negara Arab yang dianggap tak berbuat apa-apa untuk melawan Trump. (reuters/dil/jpnn)







Berikan Komentar

Internasional Lainnya
Indonesia Dukung Islam Wasathiyah Dunia
Indonesia Dukung Islam Wasathiyah Dunia
Rabu, 02 Mei 2018 14:34 WIB
JAKARTA - Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa, menegaskan bahwa Indonesia mendukung terbentuknya poros Islam wasathiyah dunia.
Lewat Selebaran, Israel Adu Domba Warga Gaza dengan Hamas
Lewat Selebaran, Israel Adu Domba Warga Gaza dengan Hamas
Senin, 23 April 2018 12:02 WIB
GAZA - Israel mengancam warga Palestina lewat selebaran yang disebar di wilayah Gaza, Jumat (20/4). Selebaran itu terkait demonstrasi Great
Rusia: Kelakuan AS dan Sekutu Sudah Menyimpang Hukum Internasional
Rusia: Kelakuan AS dan Sekutu Sudah Menyimpang Hukum Internasional
Selasa, 17 April 2018 23:18 WIB
Negara-negara yang menyerang Syria pada Rabu (13/4) malam dinilai telah melanggar hukum internasional. Pernyataan tersebut dikatakan utusan Rusia, Vassily Nebenzia
Kolumnis New Zealand Sudutkan Jokowi, Dubes Tantowi Bereaksi
Kolumnis New Zealand Sudutkan Jokowi, Dubes Tantowi Bereaksi
Selasa, 27 Maret 2018 04:30 WIB
WELLINGTON - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Selandia Baru Tantowi Yahya melayangkan protes ke kolumnis Audrey Young. Penyebabnya,