Presiden Menang Lagi, Kerusuhan di Mana-Mana


Presiden Menang Lagi, Kerusuhan di Mana-Mana

 NAIROBI - Komisi pemilihan umum Kenya, IEBC, mengumumkan hasil penghitungan cepat pemilu presien, Rabu (9/8). Tepatnya, sekitar pukul 02.00 dini hari waktu setempat.

Berdasar penghitungan balot yang masuk dari 95 persen tempat pemungutan suara (TPS), Presiden Uhuru Kenyatta unggul. Hasil yang belum final itu langsung memantik protes.

”Hasil penghitungan itu palsu. Penipuan. Tidak bisa dipercaya,” tegas Raila Odinga, rival Kenyatta dalam perebutan kursi presiden, dalam jumpa pers setelah pengumuman hasil sementara IEBC.

Di hadapan para pendukungnya, tokoh 72 tahun itu menyatakan bahwa hasil pemilu 2017 adalah rekayasa. Dalam jumpa pers secara terpisah, Kalonzo Musyoka yang berpasangan dengan Odinga dalam pilpres menyebutkan bahwa massa pendukungnya akan berunjuk rasa.

Dalam situs resminya, IEBC melaporkan bahwa Kenyatta memperoleh 54,3 persen suara. Sementara itu, Odinga mendapatkan 45 persen suara. Bersamaan dengan itu, Odinga mengunggah hasil penghitungan suara versi partainya, Orange Democratic Movement, lewat Twitter. Odinga mengantongi 8,1 juta suara dan Kenyatta hanya 7,2 juta suara.

Perbedaan hasil penghitungan suara tersebut ditanggapi santai IEBC. ”Hasil penghitungan suara belum final. Wajar terjadi perbedaan,” kata juru bicara IEBC.

Tak lama setelah jumpa pers Odinga, polisi menyemprotkan gas air mata untuk membubarkan sekitar 100 pendukung kelompok oposisi yang berkumpul di Kota Kisumu.

Bentrok juga terjadi di Kisii. Polisi menembakkan peluru untuk membubarkan massa. Satu orang dikabarkan tewas.

Pendukung oposisi juga bentrok di Nairobi. Dari ibu kota, Odinga minta rakyat tenang. ”Tapi, saya tidak bisa mengendalikan mereka,” ujarnya. (AFP/Reuters/hep/c6/any)







Berikan Komentar

Internasional Lainnya
Tampak Tajir dan Ramah, Ternyata Teroris Brutal
Tampak Tajir dan Ramah, Ternyata Teroris Brutal
Selasa, 03 Oktober 2017 16:01 WIB
LAS VEGAS - Aksi sadis Stephen Paddock menghujani penonton konser Route 91 Harvest di Las Vegas dengan peluru dari senapan
Jokowi Sudah Tegur Panglima TNI
Jokowi Sudah Tegur Panglima TNI
Selasa, 03 Oktober 2017 10:37 WIB
JAKARTA - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan, Presiden Joko Widodo telah menegur Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo atas penyataan informasi
Mbak Jodie Menggoda Bocah Belia, Selanjutnya...
Mbak Jodie Menggoda Bocah Belia, Selanjutnya...
Jum'at, 22 September 2017 14:23 WIB
NORWICH - Pengadilan Norwich Crown di Inggris pada Rabu lalu (20/9) menjatuhkan hukuman penjara selama 5,5 tahun kepada perempuan bernama
Kejaksaan Investigasi Kasus Segepok Duit Penyumbat Toilet
Kejaksaan Investigasi Kasus Segepok Duit Penyumbat Toilet
Rabu, 20 September 2017 15:05 WIB
JENEWA - Kejaksaan Jenewa, Swiss, melakukan investigasi setelah menemukan segepok duit lembaran EUR 500 (Rp 7,8 juta) bernilai total USD