Features
Bambang Bikuarta, Kepsek SD Terbaik Se Indonesia 2011. Utamakan Pencapaian sekolah Dibanding Prestasi Pribadi
Oleh Julian / Radar Bangka / PangkalpinangKamis, 23 Februari 2012 05:24 WIB | Dibaca 138 kali
Bambang Bikuarta, Kepsek SD Terbaik Se Indonesia 2011. Utamakan Pencapaian sekolah Dibanding Prestasi Pribadi
RIUH suara keceriaan siswa yang bermain di halaman Sekolah Dasar Negeri (SDN) 15 Pangkalpinang sangat terasa. Wajar, saat Radar Bangka (RB) tiba di Sekolah tersebut, saat itu memasuki jam istirahat.
   
Senyum khas dari beberapa orang siswa yang sedang berlari pun menyambut kedatangan RB. "Siang Pak, cari siapa ya?" tanya salah satu siswi bersama temannya kepada RB. "Oh, Pak Bambang di ruang Guru sebelah sana," timpal murid lainnya sembari menunjuk ruangan tersebut.
   
Berjalan perlahan menuju ruang guru yang ditunjuk oleh siswi tersebut, sosok tegas seorang pemimpin terlihat sedang berdiskusi dengan beberapa guru lainnya dari kejauhan.  Bambang Bikuarta, Kepala Sekolah (Kepsek) SDN 15 Pangkalpinang, dengan senyum simpul dan ramah langsung menyapa. "Maaf tadi lagi diskusi sebentar dengan guru-guru. Biasa, masalah sistem pembelajaran," sapanya akrab sembari menjabat erat tangan wartawan harian ini.
   
Setelah mengetahui keinginan untuk berbincang mengenai seputar prestasi yang didapatnya sebagai salah satu Kepsek terbaik se Indonesia. Bambang-begitu ia biasa disapa, langsung merendahkan hatinya.  "Ah itu hanya gosip, tidak ada yang spesial. Biasa-biasa saja," timpal ia sambil merapikan sedikit berkas-berkas yang tertumpuk di mejanya.
   
Saat itu, memang kondisi mejanya dipenuhi oleh berkas-berkas pekerjaannya. Terdapat pula, sebuah infokus putih yang kelihatanya biasa ia gunakan untuk mengajar.  Sementara, di belakangnya, puluhan folder-folder berisi file-file sekolah tersusun rapi di etalase kaca.    "Yang lebih utama adalah prestasi sekolah dalam pencapaian pembelajaran sesuai dengan standar," timpalnya.
   
Namun untuk prestasi pribadi, ia menyebutkan itu sesuatu yang bukan untuk dibanggakan. Sebab masih banyak yang harus diperbaiki. Pria berkumis ini lantas menceritakan, bagaimana ia bisa terpilih sebagai salah satu Kepsek terbaik tingkat SD tahun 2011 se-Indonesia.
   
Menurutnya, kegiatan itu merupakan kalender tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Taman Kanak-Kanak Sekolah Dasar (PTKSD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang diikuti oleh kepala sekolah se-Indonesia. "Sebelum ke tingkat nasional, kita melalui seleksi tingkat Kecamatan, Kota hingga Provinsi yang kemudian mewakili Babel untuk ke nasionalnya," urai Pria kelahiran Desa Sarangmandi Bangka Tengah (Bateng), 9 Oktober 1965 ini.  
   
Lebih lanjut, setelah sampai ke tingkat nasional. Seleksi juga kembali dilakukan. Menurut pria yang saat ditemui menggunakan baju biru merah itu, dari 33 Kepsek SD yang merupakan perwakilan dari setiap Provinsi ini dikerucutkan menjadi 12 Kepsek. "Seleksi cukup panjang hingga terpilih salah satunya saya dari 12 Kepsek tersebut yang dinilai oleh Direktorat PTKSD Kemendikbud yang membawahi jenjang kita," ungkapnya seraya mengucapkan syukur.
   
Namun, prestasi yang dicapai olehnya tersebut bukanlah sesuatu yang spesial. Karena baginya yang terpenting itu adalah prestasi untuk sekolah, khususnya SDN 15 Pangkalpinang.  "Saya lebih memilih untuk mengejar prestasi sekolah dibanding prestasi diri sendiri. Dimana pencapaian pembelajaran bagi peserta didik dan mengarahkan para guru untuk pencapaian prestasi tersebut untuk sekolah," pungkas Bambang yang mengaku telah 4 tahun menjabat Kepsek di SDN 15 Pangkalpinang ini.
   
Untuk itu, kata dia, menargetkan untuk membenahi sekolah hingga mempunyai kompetensi dari prilaku siswa yang baik dalam berpengetahuan, sikap dan keterampilan. "Untuk guru kita, sejak lama telah kita biasakan dengan budaya disiplin dalam bekerja dan mendidik para siswa. Kedepan kita berharap adanya pembenahan lagi bagi sekolah ini," tutupnya seraya menyebutkan ia mendapatkan reward berkunjung ke Beijing, Cina. (**)


comments powered by Disqus


EPaper Facebook twitter RSS
Wedding Package Bumi Asih Hanya Rp 30 juta
Wedding Package Bumi Asih Hanya Rp 30 juta
PANGKALPINANG - Ingin membuat hari pernikahan Anda berkesan istimewa? Paket pernikahan Hotel Bumi Asih Pangkalpinang dapat menjadi pilihan tepat Anda dalam merencanakan pernikahan.
Bagi Minute Play saat Lawan Elche
Bagi Minute Play saat Lawan Elche
VALENCIA - Bukan kalah atau menang yang menjadi target timnas senior Indonesia selama menjalani rangkaian tur Spanyol. Alfred Riedl selaku pelatih timnas senior hanya ingin melakukan evaluasi dalam laga uji coba di Negeri Matador tersebut.
Kembali Bersekolah
Kembali Bersekolah
Kembali Bersekolah - Siti Aisyah Pulungan (8) mencium ayahnya Muhammad Nawawi Pulungan (54) yang dirawat di RS Pirngadi pada hari pertama ia kembali bersekolah di Medan, Sumut, Jumat (21/3). Sejak setahun terakhir Aisyah tidak ke sekolah karena merawat ayahnya yang sakit di atas becak. (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)
Mitra Radar