Edukasi
Mendongeng, Media Transfer Pengetahuan dan Moral
Kamis, 28 Februari 2013 12:41 WIB | Dibaca 236 kali
Mendongeng, Media Transfer Pengetahuan dan Moral
DEPOK-Mendongeng bukan hanya sekedar menghibur tapi juga menjadi media transfer pengetahuan, nilai, dan moral bagi anak. Jadi, melalui dongeng anak bisa berperilaku baik, sehat, sopan, patuh, jujur.  "Mendongeng adalah salah satu cara ampuh dalam membentuk karakter anak," kata Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, dan Nonformal, Informal (PAUDNI) Lydia Freyani Hawadi, seperti dikutip dari laman kemendiknas pada pembukaan pelatihan Dongeng Bunda PAUD di D Mall, Depok, baru-baru ini.

Lydia mengapresiasi pelatihan mendongeng yang ditujukan pada Bunda PAUD tersebut. Kegiatan yang diinisiasi oleh Frisian Flag ini tidak hanya digelar di Depok, tapi juga di sejumlah kota lainnya yaitu Surabaya, Purwokerto, dan Semarang. "Ini adalah kegiatan yang sangat membahagiakan karena kita tahu PAUD adalah pondasi atau dasar perkembangan anak manusia baik fisik, mental, kecerdasan, dan kepribadiannya," kata Guru Besar Universitas Indonesia (UI) ini kepada seluruh peserta.

Oleh karena itu, kepada para Bunda PAUD yang yang menjadi peserta, Lydia berpesan agar dapat fokus dan kreatif selama pelatihan sehingga kelak apa yang dipelajari dapat berguna bagi anak didiknya. Selain itu, untuk semakin memasyarakatkan kegiatan mendongeng, Dirjen PAUDNI juga berharap lomba mendongeng bisa terus diselenggarakan pada setiap Hari Anak Nasional.

Saat ini, katanya menambahkan, jumlah anak PAUD di Indonesia saat ini ada 31 juta anak. Di antara mereka ada yang kurang beruntung, karena masih ada desa-desa yang belum terdapat PAUD. Oleh karena itu, kegiatan yang dapat meningkatkan kepedulian terhadap PAUD seperti ini diharapkan dapat terus diselenggarakan di seluruh penjuru tanah air.(rb)


comments powered by Disqus


EPaper Facebook twitter RSS
Laba Bersih BNI Anjlok, Ini Penyebabnya
Laba Bersih BNI Anjlok, Ini Penyebabnya
JAKARTA - Semester pertama tahun ini, PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk meraup laba bersih Rp 2,43 triliun. Capaian laba bersih tersebut anjlok 50,8 persen dibandingkan periode
Kapten Real Madrid Kehilangan Uang Rp45 Miliar
Kapten Real Madrid Kehilangan Uang Rp45 Miliar
SERGIO Ramos dilaporkan telah memperpanjang masa bakti kerjanya di Real Madrid hingga 2020. Pemain berusia 29 tahun
7 Sekolah Ini Dapat Jatah Formasi CPNS 2015
7 Sekolah Ini Dapat Jatah Formasi CPNS 2015
JAKARTA- Tujuh sekolah ikatan dinas mendapatkan jatah formasi CPNS 2015. Mereka ialah Sekolah Tinggi Sandi Negara milik Lemsaneg,
Mitra Radar