Disdik Siap Gelar Liga Pendidikan Indonesia


Disdik Siap Gelar Liga Pendidikan Indonesia

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Bangka Belitung (Babel) akan menggelar Kompetisi Sepak bola Liga Pendidikan Indonesia (LPI) Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Perguruan Tinggi pada 10 sampai 17 Juli 2011.

"Kegiatan LPI digelar untuk mengoptimalkan pembinaan dan mengembangkan sepakbola di lingkungan satuan pendidikan, sekaligus mencari bibit-bibit muda untuk menunjang kemajuan persepakbolaan tanah air," kata Win Iskandar, Ketua Pelaksana LPI Babel di Pangkalpinang, Rabu.

Menurut dia, LPI akan memperebutkan Piala Gubernur Babel dan bagi tim yang berhasil meraih juara pertama berhak mewakili Babel berlaga ditingkat nasional yang akan diselenggarakan di Banten pada September 2011 untuk memperebutkan Piala Presiden.

Ia menjelaskan, tim peserta LPI Piala Gubernur merupakan tim juara dari LPI kabupaten/kota di seluruh Babel yaitu untuk tingkat SMP sederajat diikuti 7 tim yang terdiri dari dua pool yaitu pool A terdiri dari SMP Negeri 2 Sijuk (Belitung), SMPN 3 Muntok (Bangka Barat), SMPN 1 Kelapa Kampit (Belitung Timur), dan pool B terdiri dari SMPN 1 Lubuk Besar (Bangka Tengah), SMP YPN Belinyu (Bangka), MTsN Pangkalpinang dan SMPN 1 Payung (Bangka Selatan).

Untuk tingkat SMA terdiri dari 7 tim yang dibagi dua pool meliputi, pool A terdiri dari SMKN 1 Tanjungpandan (Belitung), SMKN 2 Pangkalpinang dan SMAN 1 Kelapa (Bangka Barat) dan pool B terdiri dari SMKN 1 Pangkalan Baru (Bangka Tengah), SMKN 1 Payung (Bangka Selatan), SMAN 1 Kelapa Kampit (Belitung Timur) dan SMAN 1 Merawang (Bangka).

Selanjutnya untuk tingkat Perguruan Tinggi terdiri dari delapan tim yang terbagi menjadi dua pool yaitu pool A Akper Kota Pangkalpinang, Poltekkes Pangkalpinang, Pertiba dan Stikes Citra Delima dan pool B terdiri dari Polman Babel, STAIN SAS Babel, Stimik Atma Luhur dan Universitas Bangka Belitung (UBB).

Ia mengatakan, waktu pertandingan yang ditentukan yaitu untuk tingkat SMP menggunakan waktu 2X30 menit, SMA dengan waktu 2X35 menit dan untuk Perguruan Tinggi 2X45 menit, pertandingan akan dipimpin wasit bersertifikat C1 dan C2 sesuai rekomendasi dari PSSI Babel.

"Ada batasan umur yang diberlakukan dalam pelaksanaan LPI kali ini yaitu untuk SMP maksimal berumur 15 tahun, untuk SMA maksimal 18 tahun dan untuk perguruan tinggi maksimal 21 tahun dan ini merupakan ketentuan yang harus ditaati oleh setiap tim," katanya.

Untuk tempat pertandingan, katanya, LPI akan menggunakan tiga lapangan yaitu, lapangan Makodim untuk tingkat SMP, lapangan Stadion Depati Amir untuk tingkat SMA dan lapangan Stadion OROM untuk tingkat perguruan tinggi, sementara untuk menggelar pertandingan final untuk semua tingkatan akan menggunakan lapangan Stadion Depati Amir.

Program pemanduan bakat pesepakbola muda ini, menurut dia, merupakan yang kedua dilaksanakan di Babel dengan harapan terlaksana dengan baik dan dari LPI ini dapat mengahsilkan bibit-bibit pesepakbola muda yang mempunyai intelektual bagus.

Ia menjelaskan, peserta dari tiap tim harus memiliki nilai rata-rata 6,0 untuk tingkat SMP dan SMA yang dibuktikan dengan melampirkan raport dari sekolah dan nilai IP rata-rata 2,0 untuk tingkat perguruan tinggi yang dibuktikan dengan transkrip nilai dari perguruan tinggi masing-masing peserta.

"Kami mengharapkan seluruh tim untuk berlaku jujur, sportif dan fair play mulai dari pendaftaran hingga selesainya LPI Babel digelar agar tujuan dasar digelarnya LPI tersebut tercapai," katanya.

Ia mengatakan, kesiapan panitia pertandingan untuk menggelar LPI tingkat provinsi sudah baik dan tinggal menunggu waktu pelaksanaan kegiatan tyersebut.

"Seluruh perangkat pertandingan seperti pengawas pertandingan, inspektur pertandingan, tim keamanan, tim kesehatan, tim screnning, tim informasi teknologi, tim pemandu bakat, anak gawang dan wasit semuanya sudah dipersiapkan sesuai dengan jadwal pertandingan," kata Win.(ant/rb)





Berikan Komentar

Edukasi Lainnya
UN Diganti USBN
UN Diganti USBN
Jum'at, 02 Desember 2016 10:19 WIB
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyiapkan Ujian Sekolah Berstandar Nasional
Siswa Toboali Diberi Pemahaman HIV/AIDS
Siswa Toboali Diberi Pemahaman HIV/AIDS
Jum'at, 02 Desember 2016 10:17 WIB
TOBOALI - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mengencarkan sosialisasi bahaya
Akreditasi Kebutuhan Wajib Perguruan Tinggi
Akreditasi Kebutuhan Wajib Perguruan Tinggi
Kamis, 01 Desember 2016 09:38 WIB
JAKARTA - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan akreditasi
SALUT! Siswa Seberangi Banjir Besar Demi ke Sekolah
SALUT! Siswa Seberangi Banjir Besar Demi ke Sekolah
Rabu, 30 November 2016 19:02 WIB
TRENGGALEK--Jembatan kayu yang menghubungkan Desa Depok Kecamatan Panggul Trenggalek dan juga Desa Gedangan Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo terputus total.