Edukasi
PPDP Bebas Pungutan
Kamis, 14 Juni 2012 10:22 WIB | Dibaca 109 kali
PPDP Bebas Pungutan
PANGKALPINANG-Dinas Pendidikan (Dispendik) Pangkalpinang memastikan akan menindak tegas mana saja sekolah-sekolah negeri yang memanfaatkan pelaksanaan proses pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDP) dalam rangka menyambut tahun pelajaran tahun 2012-2013 dengan memungut biaya pendaftaran. "Segala kemungkinan itu bisa saja terjadi. Namun bila ditemukannya hal-hal seperti itu, kami harap masyarakat dapat segera lapor ke dinas agar secepatnya diproses dan tindaklanjuti," tegas Kepala Dispendik Pangkalpinang, Edison Taher beberapa hari lalu. Edison mengatakan, hal tersebut bisa saja terjadi karena pada saat penerimaan siswa ini kebanyakan dari para orangtua siswa yang dinilai berlomba-lomba untuk memasukkan anaknya ke sekolah-sekolah favorit. Dan ini rentan, harus diwaspadai oleh sekolah agar tidak dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.
"Rentannya di situ, banyak oknum yang tidak bertanggungjawab bermain disaat orangtua berlomba-lomba untuk memasuki anaknya di sekolah favorit. Maka kita harapkan bila ada indikasi pungutuan biaya ini terjadi untuk segera laporkan ke Dinas," ucapnya. Ia juga menegaskan, proses PPDB sekolah negeri bebas dari pungutan biaya apapun. Dan pihaknya siap menerima laporan bila ada sekolah yang memungut bayaran. Kecuali sekolah tersebut menyandang status Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional atau RSBI. "Isu yang beredar di masyarakat tentang adanya pungli pada proses pendaftaran PPDB di sekolah tidak benar. Kami tegaskan tidak ada pungutan se-persen pun bagi peserta PPDB untuk pendaftaran SD, SMP, SMA/SMK negeri di Pangkalpinang. Kecuali sekolah RSBI," tandas Edison
Khusus RSBI, Edison menyebutkan, memang memiliki aturan yang jelas  dari Direktorat Pembinaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan petunjuk teknis (Juknis) yang jelas, karena ada biaya pendaftaran seperti tes pskiologi peserta.(iam)


comments powered by Disqus


EPaper Facebook twitter RSS
Samsung Pangkas Harga Ponsel
Samsung Pangkas Harga Ponsel
Lembaga riset IDC mencatat pangsa pasar Samsung pada kuartal kedua 2014 telah mengalami penurunan hingga 7 persen dari kuartal kedua 2013. Tercatat pangsa pasar Samsung mencapai 24,9 persen pada kuartal dua 2014, dari perolehan 32,2 persen pada kuartal dua 2013.
Juara Piala AFF Harga Mati
Juara Piala AFF Harga Mati
OPTIMISME mulai ditebarkan Alfred Riedl. Kepada media Vietnam, pelatih Indonesia asal Austria tersebut menegaskan kalau sekaranglah waktunya Garuda-julukan tim nasional (timnas) Indonesia, meraih gelar Piala AFF setelah hanya menjadi runner-up di empat kesempatan lolos ke final.
Kemenristek Dikti Bakal Hapus Kopertis
Kemenristek Dikti Bakal Hapus Kopertis
JAKARTA - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi bakal menghapus keberadaan koordinasi perguruan tinggi swasta (kopertis). Saat ini terdapat 12 wilayah kopertis yang bertugas memberi pelayanan kepada kampus swasta seluruh wilayah Indonesia.
Mitra Radar