Edukasi
PPDP Bebas Pungutan
Kamis, 14 Juni 2012 03:22 WIB | Dibaca 48 kali
PPDP Bebas Pungutan
PANGKALPINANG-Dinas Pendidikan (Dispendik) Pangkalpinang memastikan akan menindak tegas mana saja sekolah-sekolah negeri yang memanfaatkan pelaksanaan proses pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDP) dalam rangka menyambut tahun pelajaran tahun 2012-2013 dengan memungut biaya pendaftaran. "Segala kemungkinan itu bisa saja terjadi. Namun bila ditemukannya hal-hal seperti itu, kami harap masyarakat dapat segera lapor ke dinas agar secepatnya diproses dan tindaklanjuti," tegas Kepala Dispendik Pangkalpinang, Edison Taher beberapa hari lalu. Edison mengatakan, hal tersebut bisa saja terjadi karena pada saat penerimaan siswa ini kebanyakan dari para orangtua siswa yang dinilai berlomba-lomba untuk memasukkan anaknya ke sekolah-sekolah favorit. Dan ini rentan, harus diwaspadai oleh sekolah agar tidak dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.
"Rentannya di situ, banyak oknum yang tidak bertanggungjawab bermain disaat orangtua berlomba-lomba untuk memasuki anaknya di sekolah favorit. Maka kita harapkan bila ada indikasi pungutuan biaya ini terjadi untuk segera laporkan ke Dinas," ucapnya. Ia juga menegaskan, proses PPDB sekolah negeri bebas dari pungutan biaya apapun. Dan pihaknya siap menerima laporan bila ada sekolah yang memungut bayaran. Kecuali sekolah tersebut menyandang status Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional atau RSBI. "Isu yang beredar di masyarakat tentang adanya pungli pada proses pendaftaran PPDB di sekolah tidak benar. Kami tegaskan tidak ada pungutan se-persen pun bagi peserta PPDB untuk pendaftaran SD, SMP, SMA/SMK negeri di Pangkalpinang. Kecuali sekolah RSBI," tandas Edison
Khusus RSBI, Edison menyebutkan, memang memiliki aturan yang jelas  dari Direktorat Pembinaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan petunjuk teknis (Juknis) yang jelas, karena ada biaya pendaftaran seperti tes pskiologi peserta.(iam)


comments powered by Disqus


EPaper Facebook twitter RSS
Wedding Package Bumi Asih Hanya Rp 30 juta
Wedding Package Bumi Asih Hanya Rp 30 juta
PANGKALPINANG - Ingin membuat hari pernikahan Anda berkesan istimewa? Paket pernikahan Hotel Bumi Asih Pangkalpinang dapat menjadi pilihan tepat Anda dalam merencanakan pernikahan.
Bagi Minute Play saat Lawan Elche
Bagi Minute Play saat Lawan Elche
VALENCIA - Bukan kalah atau menang yang menjadi target timnas senior Indonesia selama menjalani rangkaian tur Spanyol. Alfred Riedl selaku pelatih timnas senior hanya ingin melakukan evaluasi dalam laga uji coba di Negeri Matador tersebut.
Kembali Bersekolah
Kembali Bersekolah
Kembali Bersekolah - Siti Aisyah Pulungan (8) mencium ayahnya Muhammad Nawawi Pulungan (54) yang dirawat di RS Pirngadi pada hari pertama ia kembali bersekolah di Medan, Sumut, Jumat (21/3). Sejak setahun terakhir Aisyah tidak ke sekolah karena merawat ayahnya yang sakit di atas becak. (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)
Mitra Radar