Edukasi
PPDP Bebas Pungutan
Kamis, 14 Juni 2012 10:22 WIB | Dibaca 117 kali
PPDP Bebas Pungutan
PANGKALPINANG-Dinas Pendidikan (Dispendik) Pangkalpinang memastikan akan menindak tegas mana saja sekolah-sekolah negeri yang memanfaatkan pelaksanaan proses pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDP) dalam rangka menyambut tahun pelajaran tahun 2012-2013 dengan memungut biaya pendaftaran. "Segala kemungkinan itu bisa saja terjadi. Namun bila ditemukannya hal-hal seperti itu, kami harap masyarakat dapat segera lapor ke dinas agar secepatnya diproses dan tindaklanjuti," tegas Kepala Dispendik Pangkalpinang, Edison Taher beberapa hari lalu. Edison mengatakan, hal tersebut bisa saja terjadi karena pada saat penerimaan siswa ini kebanyakan dari para orangtua siswa yang dinilai berlomba-lomba untuk memasukkan anaknya ke sekolah-sekolah favorit. Dan ini rentan, harus diwaspadai oleh sekolah agar tidak dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.
"Rentannya di situ, banyak oknum yang tidak bertanggungjawab bermain disaat orangtua berlomba-lomba untuk memasuki anaknya di sekolah favorit. Maka kita harapkan bila ada indikasi pungutuan biaya ini terjadi untuk segera laporkan ke Dinas," ucapnya. Ia juga menegaskan, proses PPDB sekolah negeri bebas dari pungutan biaya apapun. Dan pihaknya siap menerima laporan bila ada sekolah yang memungut bayaran. Kecuali sekolah tersebut menyandang status Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional atau RSBI. "Isu yang beredar di masyarakat tentang adanya pungli pada proses pendaftaran PPDB di sekolah tidak benar. Kami tegaskan tidak ada pungutan se-persen pun bagi peserta PPDB untuk pendaftaran SD, SMP, SMA/SMK negeri di Pangkalpinang. Kecuali sekolah RSBI," tandas Edison
Khusus RSBI, Edison menyebutkan, memang memiliki aturan yang jelas  dari Direktorat Pembinaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan petunjuk teknis (Juknis) yang jelas, karena ada biaya pendaftaran seperti tes pskiologi peserta.(iam)


comments powered by Disqus


EPaper Facebook twitter RSS
Perbaiki Kualitas, Datsun Naik Rp 2 Juta
Perbaiki Kualitas, Datsun Naik Rp 2 Juta
JAKARTA-Datsun Indonesia akan menaikkan harga jual kendaraan sebesar Rp 2 juta untuk tahun 2015 mendatang. Kenaikan ini terkait erat dengan perbaikan kualitas dan situasi ekonomi, sekaligus untuk menutupi biaya produksi.
Madrid Lolos Final Piala Dunia Antarklub
Madrid Lolos Final Piala Dunia Antarklub
MARRAKESH - Real Madrid berhasil melaju ke babak final Piala Dunia Antarklub 2014. Tiket itu diraih setelah Madrid sukses menekuk Cruz Azul dengan skor 4-0 (2-0) di Stade de Marrakech, Rabu (17/12) dini hari WIB.
Pangkalpinang Siap Terapkan Wajib Belajar 15 Tahun
Pangkalpinang Siap Terapkan Wajib Belajar 15 Tahun
PANGKALPINANG - Sebagai Ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Pangkalpinang menyatakan telah siap untuk menerapkan wajib belajar 15 tahun. Meski target nasional menentukan hingga tahun 2020, wajib belajar 15 tahun atau setara diploma ini tentunya membuktikan pendidikan di Pangkalpinang selangkah lebih maju.
Mitra Radar