Edukasi
215 Peserta Ikuti Tes Masuk Polman
Kamis, 03 Mei 2012 03:21 WIB | Dibaca 264 kali
215 Peserta Ikuti Tes Masuk Polman
SUNGAILIAT - Sebanyak 215 peserta mengikuti tes tertulis seleksi masuk Politeknik Manufaktur (Polman) Negeri Bangka Belitung (Babel) untuk gelombang pertama, Selasa (1/5) kemarinyang dilakukan serentak di Kampus Polman Sungailiat dan SMKN 1 Kelapa Kampit Belitung Timur. "Rincian peserta tes masuk Polman Negeri Babel yakni 188 orang tes tertulis di Kampus Polman di Air Kantung Sungailiat dan 27 peserta tes tertulis di SMKN 1 Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur," ujar Humas Polman Negeri Babel, Frans Oktamanto, Selasa (1/5).
Sedangkan materi tes terdiri dari tiga mata pelajaran yakni Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Matematika yang terdiri dari 80 soal yang dibuat sendiri Polman Negeri Babel untuk menyeleksi potensi akademik calon mahasiswa yang akan masuk PTN tersebut. Ia menjelaskan, Polman Negeri Babel membuka dua tempat pelaksanaan tes untuk mempermudah calon mahasiswa, sehingga mereka yang berada di Belitung tidak perlu ke kampus yang ada di Bangka.
"Jumlah mahasiswa yang akan diterima pada tes masuk gelombang pertama belum diketahui karena disesuaikan dengan kuota dari tiga program studi yakni program studi Teknik Perawatan Mesin, Teknik Perancangan Mekanik dan Teknik Elektronika," ujarnya. Sistem pendaftaran calon mahasiswa terbagi menjadi tiga jalur yakni jalur PMDK dimulai 1 Februari hingga 8 Juni 2012, gelombang pertama 1 Februari hingga 27 April 2012, jalur ujian masuk Politeknik Negeri atau gelombang kedua 30 Mei hingga 11 Juli 2012 dan program bidik misi 1 Februari hingga 8 Juni 2012.
Dari jumlah seluruh calon mahasiswa yang mendaftar dari berbagai jalur di Polman, maka yang akan diterima hanya sebanyak 144 orang untuk enam kelas dengan rincian 24 orang mahasiswa per kelas untuk tiga program studi yakni program studi Teknik Perawatan Mesin, Teknik Perancangan Mekanik dan Teknik Elektronika. "Hasil tes gelombang pertama akan diumumkan pada 8 Mei 2012, melalui website Polman Negeri Babel yakni www.polman-bebel.ac.id dan ditempel di mading kampus Polman di kawasan industri Airkantung Sungailiat, Bangka," ujarnya.
Ia mengatakan, seleksi masuk Polman Negeri Babel saat ini lebih ketat karena meningkatnya jumlah pendaftar, sehingga seluruh siswa yang akan mendaftar diharapkan agar mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan sehingga saat ujian berlangsung tidak menemukan kendala berarti. Selain itu, kata dia, materi ujian masuk Politeknik Negeri pada gelombang kedua akan lebih sulit karena soalnya berstandar nasional, sehingga dibutuhkan persiapan yang matang dari sisi mental, materi dan lainnya. "Saya berharap melalui persiapan yang matang para calon mahasiswa lebih siap bersaing dengan calon mahasiswa dari daerah lain dan bahkan nantinya tidak menutup kemungkinan ada yang berasal dari luar negeri karena tingginya antusias mereka untuk menuntut ilmu di Polman Negeri Babel," ujarnya.(ant/rb)



comments powered by Disqus


EPaper Facebook twitter RSS
Lia Furniture Elektronik, Bisa Cash & Kredit
Lia Furniture Elektronik, Bisa Cash & Kredit
PANGKALPINANG - Sukses mengembangkan usahanya sejak 6 tahun silam, Marliani, pemilik galeri Lia Furniture & Elektronik kini melengkapi usahanya dengan beragam produk handpohone bermerk dan berkualitas. Beragam produk handphone ini dapat Anda miliki dengan pembayaran cash dan credit sesuai kemampuan Anda. Bahkan untuk kredit juga suku bunga sangat terjangkau dan tenor minimal 10 bulan.
Romario : Penjarakan PSSI Brazil!
Romario : Penjarakan PSSI Brazil!
BRASILIA-Legenda sepakbola Brasil Romario geram dengan hasil memalukan yang dituai tim nasional Brasil dalam Piala Dunia 2014. Pria yang kini berprofesi sebagai pengacara itu meminta para petinggi federasi sepakbola Brasil (CBF) dipenjara.
Dicari 100 Ribu Peserta Pelatihan Indonesia Digital Learning
Dicari 100 Ribu Peserta Pelatihan Indonesia Digital Learning
JAKARTA - PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk meluncurkan program “Indonesia Digital Learning”. Program ini merupakan pelatihan dengan sertifikasi internasional meningkatkan pemahaman penggunaan internet.
Mitra Radar