Turun Ke Desa, Mahasiswa UBB Roadshow


Turun Ke Desa, Mahasiswa UBB Roadshow

BADAN Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Himpunan Mahasiswa Fakultas Hukum (Himahum) Fakultas Hukum (FH) Universitas Bangka Belitung (UBB) menggelar Roadshow Penyuluhan Hukum kepada masyarakat di beberapa desa.

Roadshow Penyuluhan Hukum ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Dies Natalis UBB ke-12. Dan Desa Balunijuk Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka menjadi desa pertama yang mendapatkan giliran penyuluhan hukum bertajuk "Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan Pencegahannya", Jumat (6/3) di Mushola Raudhatul Jannah.

Menurut Toni, Dosen FH UBB yang menjadi narasumber pada penyuluhan tersebut, lemahnya pemahaman masyarakat pedesaan terhadap hukum salah satu penyebabnya karena akses terhadap sumber-sumber hukum yang ada selama ini masih sangat terbatas.

Untuk itu, saat memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang pemahaman hukum. Ia menyampaikan bahwa bentuk dan tindak kejahatan yang dapat dikatagorikan sebagai kekerasan terhadap perempuan antara lain perkosaan, kekerasan dalam rumah tangga dan pelecehan seksual, sedangkan jenis-jenis kekerasannya antara lain fisik, psikis, seksual, eksploitasi, penelantaran, dan lainnya.

Korban pada KDRT tidak hanya perempuan saja namun bisa suami, anak, pembantu dan korban yang masih lingkupnya dalam rumah tangga tersebut," tuturnya.

Penyuluhan hukum yang dilakukan oleh para mahasiswa dan Dosen FH UBB ini pun disambut baik oleh masyarakat. Seperti yang disampaikan oleh Suhaimi, salah satu warga Balunijuk. Ia menilai bahwa penyuluhan hukum terkait KDRT ini sangat bermanfaat sebagai upaya pencegahan terjadinya KDRT di lingkungan masyarakat.

"Memang pas sekali penyuluhan mengenai KDRT ini di desa kami, karena memang kegiatan penyuluhan ini dalam bentuk upaya pencegahan agar masyarakat dapat mengetahui secara mendalam mengenai KDRT dan mengetahui cara menyikapi jika terjadi tindakan KDRT," ujarnya.

Untuk diketahui, kegiatan penyuluhan hukum ini tidak hanya difokuskan pada satu tempat, melainkan juga Roadshow ke beberapa desa lainnya, diantaranya Desa Air Anyir dan Desa Jada Bahrin dengan mengakat isu permasalahan yang sering terjadi pada desa tersebut.

"Dengan adanya kegiatan penyuluhan hukum, diharapkan agar masyarakat dapat mengetahui dan memahami secara keilmuan hukum tentang permasalahan yang terjadi dan bagaimana cara melakukan pencegahan," kata Ketua BEM FH UBB, Aldy Kurniawan yang juga selaku Koordinator Pelaksana. (Mg6/rmol) 







Berikan Komentar

Edukasi Lainnya
Pemprov Babel Gelar Pameran Pendidikan Tinggi
Pemprov Babel Gelar Pameran Pendidikan Tinggi
Rabu, 28 Maret 2018 15:10 WIB
PANGKALANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui Dinas Pendidikan Babel bekerjasama dengan Hsing Wu University Taiwan menggelar
Persiapan UNBK SMP Di Beltim Sudah 100 %
Persiapan UNBK SMP Di Beltim Sudah 100 %
Senin, 26 Maret 2018 05:07 WIB
MANGGAR - Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur (Beltim) memastikan persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP sederajat sudah sesuai
Neysa, Siswi SD Penderita Tumor Ganas Harapkan Bantuan
Neysa, Siswi SD Penderita Tumor Ganas Harapkan Bantuan
Selasa, 16 Januari 2018 15:10 WIB
Neysa, Siswi SD Penderita Tumor Ganas Harapkan Bantuan Berprestasi di Sekolah, Namun Lumpuh Kaki Kirinya Tetesan air mata seakan tak bisa
Legislator Biak Tuntut Penyelesaian Honor Guru Kontrak
Legislator Biak Tuntut Penyelesaian Honor Guru Kontrak
Senin, 15 Januari 2018 13:54 WIB
KETUA Komisi III DPRD Kabupaten Biak Numfor, Papua Benyamin Maran meminta jajaran Dinas Pendidikan Biak untuk menyelesaikan tuntutan pembayaran status