Legislator Biak Tuntut Penyelesaian Honor Guru Kontrak


Legislator Biak Tuntut Penyelesaian Honor Guru Kontrak

KETUA Komisi III DPRD Kabupaten Biak Numfor, Papua Benyamin Maran meminta jajaran Dinas Pendidikan Biak untuk menyelesaikan tuntutan pembayaran status honor guru kontrak tahun 2017.

"Dalam dokumen anggaran dinas pendidikan dialokasikan dana untuk guru kontrak tahun 2017, ya jumlahnya sangat besar mencapai miliaran rupiah," tegas Ketua Komisi III DPRD Biak Benyamin Maran dihubungi di Biak, Minggu (14/1).

Ia mengakui sangat ironis nasib guru kontrak yang sudah mengabdi melaksanakan tugas belajar mengajar di berbagai sekolah tetapi hak upah yang harus diterimanya tidak direaliasikan pembayaran oleh dinas pendidikan.

Benyamin menyatakan ia sebagai wakil rakyat sangat prihatin dengan status guru kontrak yang tuntutan hak honornya belum dibayar. 

Komisi III DPRD Biak, menurut Benyamin, sebagai bidang menangani masalah pendidikan telah menerima aspirasi masalah penyelesaian honor guru kontrak tahun 2017.

Benyamin berharap masalah status guru kontrak harus dituntaskan penyelesaian tahun 2018 sehingga tidak mengganggu kelancaran proses belajar mengajar siswa di sekolah setempat.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Bupati Biak Herry Ario Naap mengatakan pembayaran honor status guru kontrak tahun 2017 tidak dapat direaliasikan karena pemkab lewat dinas pendidikan belum mengeluarkan surat keputusan tenaga guru kontrak.

"Pemkab Biak Numfor sudah mengkonsultasikan masalah status guru kontrak ke institusi Kejaksaan Negeri, ya untuk pembayarannya honornya tidak bisa direalisasikan karena pemkab Biak tak punya dasar hukum untuk membayarnya," ujar Plt Bupati Herry Ario Naap.

Berdasarkan data seratusan guru kontrak yang mengajar di berbagai sekolah se-Kabupaten Biak Numfor masih menunggu pembayaran hak honor selama satu tahun terhitung Januari-Desember 2017. (ant/rb)







Berikan Komentar

Edukasi Lainnya
PPDB SMAN 1 Koba Masih Sistem Lama
PPDB SMAN 1 Koba Masih Sistem Lama
Senin, 09 Juli 2018 12:52 WIB
KOBA - Penerimaan Peserta Siswa Baru (PPDB) di SMAN 1 Koba, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) masih menggunakan sistem lama, yakni
Seluruh Angkatan SMA Bakti Akan Gelar Reuni Akbar
Seluruh Angkatan SMA Bakti Akan Gelar Reuni Akbar
Selasa, 01 Mei 2018 17:07 WIB
SUNGAILIAT - Menjadi siswa-siswi di SMA Bakti Sungailiat Bangka adalah suatu kebanggaan. Sepenggal kalimat tersebut diungkapkan langsung oleh Suhendar, kepada
UNBK Kota Pangkalpinang Masih Terkendala Sistem
UNBK Kota Pangkalpinang Masih Terkendala Sistem
Selasa, 24 April 2018 13:23 WIB
PANGKALPINANG - Jaringan sibuk menjadi salah satu kendala yang dihadapai siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (Mts) dalam
Turun Ke Desa, Mahasiswa UBB Roadshow
Turun Ke Desa, Mahasiswa UBB Roadshow
Senin, 09 April 2018 09:16 WIB
BADAN Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Himpunan Mahasiswa Fakultas Hukum (Himahum) Fakultas Hukum (FH) Universitas Bangka Belitung (UBB) menggelar Roadshow Penyuluhan