SDIT Alam Cahaya Gelar Market Day & School Exhibition


SDIT Alam Cahaya Gelar Market Day & School Exhibition

TOBOALI - Para siswa TK Islam Terpadu (IT) Alam Cahaya menyerbu aneka jajanan murah dan sehat yang dijual puluhan murid SDIT Alam Cahaya, Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Kamis (5/10) kemarin. 
  
 Jajanan murah dengan harga mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 3.000 ini merupakan kegiatan Market Day SDIT Alam Cahaya. Kegiatan dilakukan di areal sekolah yang berlokasi di Jalan Jalur 2 Kompek Pemkab Basel.
    
Dalam kegiatan ini, aneka prakarya hasil kreasi siswa SDIT Alam Cahaya yang dikerjakan bersama orang tua mereka dalam pekan Working With Parent (WWP) dipamerkan. Hasil kreasi tersebut dihias dan didisplay menyerupai pageleran pameran. Selain itu, juga dijual aneka macam kue dan aksesoris di meja-meja jualan yang telah disiapkan oleh para siswa.
    
Menurut Reza Oreza selaku guru penanggung jawab kegiatan, kegiatan ini diharapkan dapat mengasah keterampilan berwirausaha para siswa. Selain itu mereka juga langsung mengaplikasikan kemampuan matematika mereka dalam transaksi jual beli yang mereka kerjakan.
    
"Jadi kegiatan dimaksud merupakan salah satu pembelajaran kemandirian bagi siswa agar mengasah kemampuan berwiraswasta. Sebelum kegiatan inti dimulai, para siswa bersama siswa/siswi TKIT Cahaya yang hadir juga melakukan beragam outbound yang sudah disiapkan oleh para guru sdit alam cahaya," ujar Reza kepada Radar Bangka.
    
Sementara Kepala Sekolah SDIT Alam Cahaya Ustadz Al Anhori, SPd I menambahkan, dengan kegiatan ini diharapkan mengolah bentuk jajanan mereka sehingga tidak hanya membeli jadi dari pasar. Setelah Market Day & School Exhibition, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian raport mid semester untuk para orang tua siswa.
    
"Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan secara langsung dan melihat secara nyata tidak hanya dari buku. Jadi tidak hanya mengenal budaya dari buku, namun anak-anak juga mengenal secara langsung. Selain itu, siswa juga diajarkan jual beli, mengenal mata uang dan belajar berkomunikasi," tandasnya. (bim)







Berikan Komentar

Edukasi Lainnya
Neysa, Siswi SD Penderita Tumor Ganas Harapkan Bantuan
Neysa, Siswi SD Penderita Tumor Ganas Harapkan Bantuan
Selasa, 16 Januari 2018 15:10 WIB
Neysa, Siswi SD Penderita Tumor Ganas Harapkan Bantuan Berprestasi di Sekolah, Namun Lumpuh Kaki Kirinya Tetesan air mata seakan tak bisa
Legislator Biak Tuntut Penyelesaian Honor Guru Kontrak
Legislator Biak Tuntut Penyelesaian Honor Guru Kontrak
Senin, 15 Januari 2018 13:54 WIB
KETUA Komisi III DPRD Kabupaten Biak Numfor, Papua Benyamin Maran meminta jajaran Dinas Pendidikan Biak untuk menyelesaikan tuntutan pembayaran status
Undiksha Mencatat Rekor Muri Tari Pendet Disabilitas
Undiksha Mencatat Rekor Muri Tari Pendet Disabilitas
Senin, 15 Januari 2018 13:51 WIB
SINGARAJA - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali mencatat rekor di Museum Rekor Indonesia (Muri) untuk tari pendet disabilitas massal
Anak Putus Sekolah Dasar di Bateng 0,33 Persen
Anak Putus Sekolah Dasar di Bateng 0,33 Persen
Senin, 15 Januari 2018 13:46 WIB
KOBA - Data terakhir yang telah dihimpun oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel),