Juni, SBMPTN Diselenggarakan, Babel Masuk Wilayah I, Sediakan 99.223 Kursi


Juni, SBMPTN Diselenggarakan, Babel Masuk Wilayah I, Sediakan 99.223 Kursi

PADANG - Sebanyak 74 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seluruh Indonesia serentak akan menyelenggarakan tes tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015 pada Juni mendatang. Dengan total kursi mahasiswa baru (maba) perguruan tinggi negeri  (PTN) yang bakal diperebutkan pelamar se-Indonesia sebanyak 99.223 kursi.
"Jumlah PTN yang akan ikut melaksanakan SBMPTN ini meningkat dari tahun sebelumnya yakni sebanyak sebelas universitas," kata Sekretaris Umum Panitia Nasional SBMPTN 2015 Werry Darta Taifur, Rabu kemarin (15/4) kemarin.
Rektor Universitas Andalas (Unand) itu menyebutkan, pada tahun lalu perguruan tinggi yang melaksanakan SBMPTN ini sebanyak 63 PTN yang tersebar dalam empat kategori regional atau wilayah. Pada tahun ini, kata dia, jumlah tersebut meningkat seiring dengan bertambahnya perguruan tinggi menjadi negeri di Indonesia. "Dengan begitu maka peta persebaran wilayah regionalnya pun mengalami perubahan. Untuk pembagian regional ini akan terdiri atas wilayah satu hingga empat," katanya.
Untuk wilayah I sebutnya, terdiri atas 30 PTN yang berada di Pulau Sumatera, Bangka Belitung, serta propinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Barat dan Banten. Kemudian wilayah II terdiri atas 10 PTN yang meliputi wilayah Daerah Istimewa yogyakarta dan Jawa Tengah.
Sementara Jawa Timut, Bali, Nusa Tenggara, dan Kalimantan selain Kalbar menempati wilayah III dengan jumlah PTN sebanyak 20. Sedangkan daerah Sulawesi, Maluku, Papua dan Papua Barat akan menempati regional wilayah IV dengan peserta SBMPTN sebanyak 14 PTN. "Dengan bertambahnya PTN yang menyelenggarakan SBMPTN ini dapat membuka kesempatan bagi calon mahasiswa untuk bersaing mendapatkan satu kursi pada satu perguruan tinggi pilihannya," kata dia.
Sebab menurutnya dengan begitu program studi yang tersedia akan lebih banyak dan beragam. Tentunya ini akan menguntungkan bagi calon mahasiswa yang ikut SBMPTN nantinya. "Terutama bagi peserta yang gagal bersaing memperoleh satu kursi di perguruan tinggi favorit," ujar Werry.
Sementara itu Koordinator Humas SNMPTN dan SBMPTN Unand Syafwardi menyebutkan bahwa pelaksanaan SBMPTN akan menjadi jalur resmi terakhir penerimaan mahasiswa baru di Unand tahun ini. Untuk tahun ini katanya, Unand hanya mengambil mahasiswa baru dari jalur undangan SNMPTN dan lewat tes tertulis SBMPTN.
"Khusus untuk SBMPTN ini sebutnya, pendaftaran akan dibuka pada 11 hingga 29 mei mendatang. Kemudian tes tulis sendiri akan serentak dilaksanakan pada 9 Juni mendatang. Sedangkan untuk pengumuman kelulusan akan dibuka sebulan setelahnya," ucapnya.(ant/rb)





Berikan Komentar

Edukasi Lainnya
Biaya UNBK dan UNKP Selisih Tipis
Biaya UNBK dan UNKP Selisih Tipis
Senin, 17 April 2017 13:02 WIB
JAKARTA - Getolnya pemerintah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), ternyata bukan karena untuk efisiensi anggaran. Sebelumnya pemerintah berdalih, yang
Tak Jujur Kena Sanksi Keras
Tak Jujur Kena Sanksi Keras
Senin, 10 April 2017 15:56 WIB
JAKARTA - Ujian nasional (UN) jenjang SMA akan dimulai hari ini, Senin (10/4). Guru dan siswa pun diminta untuk melaksanakan
Listrik Padam Jadi 'Momok' Gelaran UNBK
Listrik Padam Jadi 'Momok' Gelaran UNBK
Rabu, 05 April 2017 09:46 WIB
KOBA - Padamnya listrik secara tiba-tiba tetap dikhawatirkan oleh pihak sekolah menengah di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) yang saat ini
Pelaksanaan UN tak Akan Serentak Lagi
Pelaksanaan UN tak Akan Serentak Lagi
Selasa, 04 April 2017 13:25 WIB
Pelaksanaan ujian nasional (UN) tidak akan serentak lagi. Proses itu menurut Sekretaris Badan Standar Nasional Pendidikan‎ (BSNP) Kiki Yuliati, mulai